Logo Daihatsu

Tips Sahabat

Bagikan
Inilah Cara Kerja Mobil Listrik, Sederhana & Hemat!
20 Maret 2023
Inilah Cara Kerja Mobil Listrik, Sederhana & Hemat!

Mobil listrik di Indonesia, beberapa tahun terakhir menjadi perhatian masyarakat semenjak pagelaran Formula E dan kedatangan Elon Musk. Sebab, cara kerja mobil listrik dibilang sederhana dan ramah lingkungan.

Mobil listrik sendiri di Indonesia sudah digunakan oleh beberapa instansi pemerintahan sebagai kendaraan operasional dinas. Dan kemungkinan besar, akan dipasarkan secara masif di Indonesia untuk tiga sampai lima tahun ke depan. Di bawah ini akan dijelaskan secara detail cara kerja dari mobil listrik. Berikut cara kerja selengkapnya. 

Cara Kerja Mobil Listrik 

Cara kerja dari mobil listrik dibilang lebih sederhana daripada mobil dengan bahan bakar bensin. Mobil listrik menggunakan listrik sebagai bahan bakar utama, dan listrik tersebut akan disimpan di dalam baterai. Ketika Anda menyalakan mobil dan menekan pedal mobil, maka secara otomatis module controller mengatur dan menyedot listrik dari baterai dan inverter.

Pada bagian inverter, arus DC akan diubah menjadi arus AC. Daya tersebut akan dialirkan ke bagian motor traksi sesuai dengan seberapa dalam Anda menekan pedal akselerasi. 

Daya listrik tersebut, kemudian akan diubah oleh motor traksi menjadi energi mekanik atau energi putaran. Energi mekanik tersebut nantinya akan menggerakkan bagian transmisi sehingga roda mobil dapat berputar dan mobil dapat melaju. 

Baca Juga : Cara Mengendarai Mobil Listrik yang Aman, Pemula Wajib Tahu!

Jenis-Jenis Mobil Listrik

Setelah Anda mengetahui gambaran umum mengenai cara kerja dari mobil listrik. Anda juga perlu mengetahui bahwa mobil listrik terbagi menjadi beberapa jenis seperti berikut.

1. BEV (Battery Electric Vehicle)

Dinamakan BEV, karena mobil listrik jenis sepenuhnya beroperasi menggunakan listrik dari baterai. Jadi pada mobil listrik jenis BEV sudah tidak menggunakan bahan bakar bensin untuk menggerakkan mobil.

Di dalam mobil listrik BEV sudah tersemat battery pack yang berfungsi menyimpan listrik ketika Anda sedang melakukan pengisian daya. Selain itu, mobil listrik BEV juga dapat mengubah gaya gesek ketika pengereman menjadi energi listrik yang nantinya akan disimpan di dalam baterai.

2. HEV (Hybrid Electric Vehicle)

Sesuai dengan namanya, mobil HEV tidak hanya mengandalkan listrik sebagai sumber tenaga. Namun, juga menggunakan bensin sebagai sumber tenaganya. Untuk menggerakkan transmisi mobil, maka mobil HEV akan menggunakan bensin dan listrik sebagai sumber tenaga.

Meski mobil HEV memiliki baterai, namun baterai tersebut tidak dapat diisi ulang dengan cara mengecas layaknya baterai mobil BEV. Jadi, baterai mobil HEV hanya terisi daya apabila mobil sedang melakukan pengereman saja.

3. PHEV (Plug-in Hybrid Electric Vehicle)

Mobil PHEV, merupakan kombinasi dari mobil BEV dan mobil HEV. Pada mobil PHEV sumber tenaga didapatkan dari bensin dan listrik. Mobil PHEV juga memiliki baterai yang sudah dilengkapi dengan charging port. Jadi, apabila sumber energi listrik sudah melemah, Anda bisa melakukan pengisian ulang dengan cara mengecas seperti mobil BEV.

4. FCEV (Fuel Cell Electric Vehicle)

Jenis mobil listrik terakhir, ada mobil FCEV. Mobil listrik yang satu ini tidak langsung menggunakan listrik dari baterai. Namun, menggunakan hidrogen yang kemudian dialirkan kebagian sistem Fuel Cell. Pada bagian ini, energi kimiawi dari hidrogen akan diubah menjadi energi listrik sehingga mobil dapat bergerak. 

Baca Juga : Berapa Lama Charge Mobil Listrik? Ketahui Juga Cara Mengisinya

Demikian jenis-jenis mobil yang perlu Anda ketahui. Memiliki mobil listrik cukup menguntungkan, karena mobil listrik tidak menyebabkan pencemaran udara atau ramah lingkungan. Selain itu mobil listrik juga tidak mengeluarkan suara yang bising, dan biaya perawatannya cukup murah. Daihatsu sendiri juga sudah menciptakan mobil listrik terbaiknya yaitu Ayla EV. Mobil tersebut juga sudah dipamerkan di pameran otomotif seperti GIIAS. Dan rencananya akan dipasarkan masif di Indonesia. 

Tips Sahabat Lainnya
Doa Bepergian Agar Selalu Dilindungi Allah SWT
Doa Bepergian Agar Selalu Dilindungi Allah SWT
Saat bepergian, biasakan untuk selalu mengawalinya dengan doa. Doa untuk memulai perjalanan adalah cara yang baik dan penting untuk memulainya dengan doa bepergian. Hal ini dikarenakan, tidak akan ada
Penyebab Rusaknya Power Steering Mobil
Penyebab Rusaknya Power Steering Mobil
Bagi pecinta mobil tentu tak asing dengan istilah power steering. Power steering yang notabene merupakan teknologi yang sudah diaplikasikan di mobil terbaru memiliki segudang manfaat. Ada banyak sekal
Arti Dari Kode Ukuran Ban Mobil
Arti Dari Kode Ukuran Ban Mobil
Untuk dapat memilih ban bagi kendaraan otomotif seperti mobil, hal pertama yang harus dipahami adalah spesifikasi dari ban tersebut. Spesifikasi dari ban sebenarnya dapat dipahami apabila seseorang ma
Adab Bepergian, Membaca Doa Naik Kendaraan Darat
Adab Bepergian, Membaca Doa Naik Kendaraan Darat
Apa yang Sahabat lakukan ketika hendak bepergian? Banyak orang yang akan menjawabnya dengan jawaban membaca doa. Namun tahukah kamu, selain membaca doa perjalanan atau doa naik kendaraan darat, m

Booking Servis Melalui Aplikasi DaihatsuKu

Dapatkan penawaran menarik untuk layanan perawatan berkala pada kendaraan Anda

Logo PlaystoreLogo Appstore
Mockup Aplikasi DaihatsuKu
Semua Hak Dilindungi Undang-Undang@ Hak Cipta 2024 PT Astra Daihatsu Motor | Daihatsu Sahabatku