Logo Daihatsu

Tips Sahabat

Bagikan
Berapa Lama Charge Mobil Listrik? Ketahui Juga Cara Mengisinya
09 Februari 2023
Berapa Lama Charge Mobil Listrik? Ketahui Juga Cara Mengisinya

Jenis mobil listrik merupakan kendaraan yang menggunakan daya listrik sebagai tenaganya. Cara mengendarai mobil listrik juga cukup simpel dibanding jenis mobil lainnya. Namun, tahukah Anda berapa lama charge mobil listrik itu? Nah, untuk menjawab rasa penasaran Anda simaklah penjelasan tentang mobil listrik berikut ini.

Mengapa Memilih Mobil Listrik?

Sebelum membahas berapa lama charge mobil listrik, Anda perlu tahu juga apa saja kelebihan yang membuat mobil listrik layak untuk digunakan. Berikut ini adalah beberapa kelebihan dari mobil listrik yang perlu diketahui.

  1. Mobil listrik mempunyai suara mesin halus sehingga nyaman digunakan
  2. Biaya kepemilikan dari mobil ini termasuk rendah meskipun harga mobilnya terbilang tinggi
  3. Perawatan sederhana karena tidak komponen geraknya cuma sedikit 

Berbagai kelebihan yang dimilikinya tersebut menjadi salah satu daya tarik utama dari mobil listrik ini. Namun, untuk saat ini harga dari mobil tersebut masih terbilang tinggi sehingga masih jarang yang memilikinya di Indonesia.

Berapa Lama Charge Mobil Listrik?

Pada pembahasan sebelumnya, kita sudah mengetahui bagaimana sistem pengisian mobil listrik. Untuk mengetahui berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mengisi daya pada mobil listrik, tentu itu tergantung besaran daya yang dapat disimpan baterai mobil itu sendiri.

Sebagai gambaran untuk Anda, misalkan saja terdapat mobil listrik dengan kapasitas sebesar 75 kWh dengan kapasitas pengisian dayanya sebesar 22 kW. Apabila seperti itu, maka perhitungan waktunya bisa dilakukan menggunakan rumus berikut.

Rumus Waktu Pengisian = Besar Kapasitas Baterai / Kapasitas Charger

Jadi untuk perhitungan pada contoh kasus tersebut adalah seperti di bawah ini.

  • Waktu Pengisian = 75 kWh / 22 kW
  • = 3,409 h

Apabila hasil tersebut dikonversi ke dalam satuan waktu maka hasilnya adalah 3 jam 25 menit. Jadi, waktu tersebut adalah yang dibutuhkan untuk mengisi daya pada mobil listrik dengan kapasitas baterai 75 kWh dengan kapasitas charger 22 kW.

Sementara itu, berapa lama charge mobil listrik apabila dilakukan di rumah sendiri? Nah, untuk kasus tersebut tentu perhitungannya akan sedikit berbeda karena adanya perbedaan kapasitas charger yang digunakan.

Untuk contoh kasusnya, misalkan saja Anda mempunyai kapasitas charger mobil sebesar 11,5 kW. Maka hasil perhitungan waktu pengisian daya pada mobil Anda adalah seperti ini.

  • Waktu Pengisian Baterai = 75 kWh / 11,5 kW
  • = 6,521 h atau jika dalam satuan jam adalah 6 jam 32 menit. 

Baca Juga : 6 Jenis Baterai Mobil Listrik dan Bahan Baku yang Digunakan

Cara Mengisi Daya Baterai Mobil Listrik

Setelah mengetahui berapa lama charge mobil listrik, berikutnya juga akan diberikan penjelasan tentang cara pengisiannya. Pada dasarnya pengisian daya pada kendaraan listrik ini prinsipnya hanya sederhana seperti halnya jenis baterai lainnya.

Komponen utama yang diperlukan untuk melakukan pengisian daya tersebut adalah adaptor, sumber listrik, serta konektor. Untuk pengisian atau charge mobil listrik, berikut adalah beberapa caranya.

1. Pengisian Daya Off Board

Cara mengisi daya yang pertama adalah dengan menggunakan prinsip off board. Hal itu artinya pengisian daya dilakukan dengan charger terpisah dengan sistem baterai mobil.

Hal ini membuat listrik yang masuk pada mobil merupakan jenis listrik searah atau DC. Untuk pengisian dengan prinsip seperti ini untuk sekarang masih cukup jarang ditemui.

Baca Juga : Cara Hitung Pajak Mobil Listrik & Aturannya, Wajib Tahu!

2. Pengisian Daya On Board

Cara pengisian selanjutnya adalah menggunakan prinsip pengisian on board. Artinya, pengisian daya ini listrik masuk memakai arus AC atau bolak balik. Jadi, on board charger tersebut akan berperan sebagai adaptor yang mengubah arus AC menjadi DC sehingga daya bisa mengisi baterai.

Jadi, itulah penjelasan tentang berapa lama charge mobil listrik beserta cara pengisiannya. Bagaimana? Apakah Anda tertarik untuk mempunyai mobil listrik di masa mendatang?

Tips Sahabat Lainnya
Doa Bepergian Agar Selalu Dilindungi Allah SWT
Doa Bepergian Agar Selalu Dilindungi Allah SWT
Saat bepergian, biasakan untuk selalu mengawalinya dengan doa. Doa untuk memulai perjalanan adalah cara yang baik dan penting untuk memulainya dengan doa bepergian. Hal ini dikarenakan, tidak akan ada
Perbedaan Mesin Diesel dan Mesin Bensin
Perbedaan Mesin Diesel dan Mesin Bensin
Zaman terus bergulir dan perkembangan di dunia otomotif terus melaju. Beberapa dekade ke depan, perdebatan antara perbedaan mesin diesel dan mesin bensin akan dikalahkan dengan tren baru yang akan mun
Cara Membuat Peredam Suara Mobil Sendiri
Cara Membuat Peredam Suara Mobil Sendiri
Kabin yang senyap merupakan salah satu kebutuhan penting bagi para pemilik mobil untuk bisa mendengarkan audio berkualitas. Namun sayangnya, tidak semua mobil memiliki kabin yang senyap. Hanya mobil y
30 Komponen Karburator Mobil Dan Fungsinya
30 Komponen Karburator Mobil Dan Fungsinya
Bagi Sahabat pengguna mobil tua, tentu tidak asing lagi dengan komponen karburator mobil. Karburator ini tidak akan kita temukan pada kendaraan keluaran terbaru. Karena mobil yang diproduksi baru-baru

Booking Servis Melalui Aplikasi DaihatsuKu

Dapatkan penawaran menarik untuk layanan perawatan berkala pada kendaraan Anda

Logo PlaystoreLogo Appstore
Mockup Aplikasi DaihatsuKu
Semua Hak Dilindungi Undang-Undang@ Hak Cipta 2024 PT Astra Daihatsu Motor | Daihatsu Sahabatku