Logo Daihatsu

Tips Sahabat

Bagikan
Perbedaan Trekking dan Hiking: Ketahanan Fisik yang Terpenting
20 November 2020
beda hiking dan trekking

Trekking dan hiking merupakan dua istilah dalam pendakian. Keduanya adalah kegiatan yang digemari oleh pecinta olahraga alam terbuka. Baik trekking maupun hiking memiliki kesamaan, yaitu kegiatan berjalan jauh. Namun, bagi kelompok pecinta alam, keduanya tentu saja berbeda.

Lantas apa perbedaannya? Nah, bagi Sahabat yang baru menggeluti kegiatan olahraga alam terbuka, bisa nih dipelajari perbedaan trekking / pendakian dan hiking berikut ini.

Hiking: Rekreasi Berjalan Jauh

Hiking adalah kegiatan berjalan jauh dengan medan yang masih mudah dilalui. Biasanya, hiking masuk ke dalam salah satu kegiatan untuk anak Pramuka. Sahabat masih ingat kan ketika menjadi anggota Pramuka saat SD hingga SMA dan ada jadwal untuk hiking? Jalanan selama hiking masih enak dilalui sehingga tidak begitu menguras tenaga.

Jalur hiking sudah dipersiapkan, mulai dari jalan setapak hingga gang sempit. Jalur tersebut termasuk resmi dan memang sudah terbiasa digunakan untuk kegiatan hiking bahkan ada titik-titik untuk istirahat.

Waktu tempuh kegiatan hiking lebih terpantau. Karena biasanya hiking dilakukan oleh suatu kelompok, hiking memiliki timetable. Bisa selesai dalam beberapa jam dan biasanya paling lama adalah sehari. Hal tersebut dikarenakan hiking memiliki jalur yang mudah dilalui dan bertujuan untuk rekreasi.

Akan tetapi, hiking bagi pecinta alam tidak hanya sekadar rekreasi yang mudah dilakukan seperti pada kegiatan hiking oleh anggota Pramuka sekolah. Bertujuan untuk sekadar melakukan hobi atau bahkan meredakan stres, hiking memiliki sensasi tersendiri ketika dilaksanakan. Berlokasi di alam terbuka yang masih begitu sejuk, hiking tentu saja harus dilakukan dengan persiapan fisik yang bagus.

Trekking: Titik Magis Pecinta Alam

Jika hiking bisa disebut sebagai rekreasi berjalan jauh, trekking juga demikian adalah. Namun, medan yang dilalui ketika trekking tidak bisa diprediksi seperti hiking. Biasanya, trekking dilakukan di pedalaman suatu daerah yang masih kurang terjamah oleh wisatawan, bahkan penduduk aslinya pun sedikit.

Jalur trekking lebih panjang dengan rute perjalanan di daerah yang masih minim sarana. Menempuh jalur dari satu daerah ke daerah lain tentu saja membuat waktu perjalanan trekking tidak bisa diprediksi, bisa beberapa hari hingga melebihi sepekan.

Trekking tidak dilakukan untuk hanya sekadar rekreasi biasanya. Biasanya kegiatan ini dilakukan untuk menjelajahi suatu daerah pedalaman demi kepuasan tersendiri. Bisa bertemu dengan masyarakat di sana hingga menjelajahi hutan yang masih begitu asri selalu menjadi titik magis tersendiri pagi para pecinta alam. Karena beberapa wilayah trekking masih belum terjamah, biasanya kegiatan ini justru akan membuka jalan di suatu wilayah tersebut.

Jika ditanya mana yang lebih menantang, tentu saja kegiatan trekking lebih susah dilakukan ketimbang hiking. Trekking merupakan kegiatan dengan risiko yang lebih tinggi tingkat kecelakaannya ketimbang hiking. Maka dari itu, persiapan fisik hingga bekal harus diperhatikan benar-benar untuk melakukan trekking karena kegiatan ini juga bisa disebut sebagai kegiatan survival karena medannya yang lumayan sulit.

Jadi, Sahabat lebih nyaman melakukan hiking atau trekking? Tahu tentang kapasitas tubuh sendiri tentu saja penting untuk memahami lebih cocok melakukan perjalanan yang mana.

Ketika belum terbiasa untuk perjalanan jauh dengan membawa beban berat dipunggung, hiking menjadi alternatif untuk mengalihkan penat kerja. Ketika sudah terbiasa untuk melakukan olahraga di alam bebas, trekking akan menjadi kegiatan yang begitu seru. Keduanya bisa melatih insting untuk bertahan. Yang penting, selama kegiatan, alam harus dijaga ya!

Penulis: Nisa Maulan Shofa

Tips Sahabat Lainnya
7 Rekomendasi Pembersih Kaca Mobil Terbaik
7 Rekomendasi Pembersih Kaca Mobil Terbaik
Di musim penghujan seperti ini, semua kendaraan yang beroperasi di jalanan tentu tidak luput dari yang namanya kena hujan. Hujan yang hampir mengguyur setiap hari, membuat kendaraan menjadi cepat koto
Keuntungan dan Kerugian Mesin Diesel
Keuntungan dan Kerugian Mesin Diesel
Di dunia otomotif, kita mengenal dua jenis mesin. Yang pertama adalah mesin diesel dan yang kedua adalah mesin bensin. Di Indonesia sendiri kebanyakan mobil pribadi menggunakan mesin bensin. Sangat be
AC Mobil Serta Cara Kerjanya
AC Mobil Serta Cara Kerjanya
AC Mobil yang menjadi solusi saat berada di cuaca di Ibu Kota yang sangat terik. Indonesia merupakan negara tropis dengan suhu udara yang cukup panas terlebih saat musim kemarau tiba. Di saat seperti
30 Komponen Karburator Mobil Dan Fungsinya
30 Komponen Karburator Mobil Dan Fungsinya
Bagi Sahabat pengguna mobil tua, tentu tidak asing lagi dengan komponen karburator mobil. Karburator ini tidak akan kita temukan pada kendaraan keluaran terbaru. Karena mobil yang diproduksi baru-baru

Booking Servis Melalui Aplikasi DaihatsuKu

Dapatkan penawaran menarik untuk layanan perawatan berkala pada kendaraan Anda

Logo PlaystoreLogo Appstore
Mockup Aplikasi DaihatsuKu
Semua Hak Dilindungi Undang-Undang@ Hak Cipta 2024 PT Astra Daihatsu Motor | Daihatsu Sahabatku