Logo Daihatsu
Menu

Perjalanan dengan Mobil Pribadi, Ini Rute Perjalanan dari Malang ke Jogja yang Aman dan Nyaman

Travel

2020-12-24

tol malang jogja

Jarak Malang ke Jogja adalah 365 kilometer lebih dan bisa ditempuh dengan perjalanan darat dan udara. Rute perjalanan dari Malang ke Jogja biasanya akan menempuh sekitar 4 hingga 5 jam perjalanan jika jalanan tidak macet.

Jika Sahabat yang berdomisili di Malang dan ingin ke Jogja lalu ingin melakukan perjalanan via darat, banyak rute yang bisa dipilih. Tinggal sesuaikan dengan kondisi pada hari perjalanan Sahabat.

Nah, berikut penjelasan rute yang bisa Sahabat pertimbangkan untuk dipilih supaya aman dan nyaman dalam perjalanan dari Malang menuju Jogja.

Tujuh Pilihan Rute

Banyak rute yang bisa dipilih untuk perjalanan dari Malang ke Jogja loh, Sahabat. Kurang lebih, terdapat tujuh rute perjalanan dari Malang ke Jogja yang bisa Sahabat pelajari dan pilih mana yang paling nyaman.

Rute pertama adalah lewat Diyono. Rute ini kemudian akan menembus Batu, Pujon, Kandangan, lalu ke arah Perak Jombang yang setelah itu bermuara ke Jalan Negara dan masuk ke Tol Bandar. Setelah dari Tol, Sahabat akan keluar di Kartosuro, Solo. Jika sudah di Solo, perjalanan ke Jogja hanya melalui jalan biasa dan mudah dilalui.

Rute kedua melalui Malang, Singosari, Lawang, Pandaan, Sidoarjo, Mojokerto, Kertosono, Ngantuk. Ngawi, Sragen, Solo, lalu keluar di Tol Kartosuro dan lanjut ke Negara Solo menuju Jogja. Perjalanan ini 80% melalui tol dengan waktu tempuh kurang lebih 5 jam.

Selanjutnya, Sahabat bisa melalui rute yang hampir sama seperti rute pertama. Hanya saja, dari Kandangan, Sahabat akan mengambil jalan ke Pare dan mentok ke Sungai Brantas lalu ke Negara, Nganjuk, lalu Tol Nganjuk dan tembus di Putren Sukomoro kemudian menempuh jalur seperti rute pertama.

Baca juga : Oleh-oleh Khas Jogja untuk Keluarga Tercinta

Jangan Ambil jalur Non-Tol pada Malam Hari

Rute keempat, Sahabat memulai perjalanan dari Batu lalu ke Pujon, Pare, Nganjuk, Caruban, Ngawi, Sragen, Solo dengan mengambil ke arah Solo Baru dan belok ke Delanggu Klaten, lalu ke Jogja. Rute ini termasuk lama karena memakan waktu 10 jam.

Rute kelima hampir sama seperti rute keempat, hanya saja dari Caruban, Sahabat harus belok ke Madiun bukan Ngawi lalu ke Magetan, Sarangan, Tawangmangu, Karanganyar, Solo, dan Jogja.

Rute lainnya, Sahabat pilih Kepanjen, Blitar, Tulungagung, Trenggalek, Ponorogo melalui Purwantoro arah Ngadirejo, lalu Wonogiri, dan selanjutnya Jogja.

Rute pilih terakhir adalah melalui Kepanjen, Blitar, Tulungagung, Trenggalek, Pacitan, Pracimantoro, Gunung Kidul, lalu Jogja.

Untuk memilih rute yang paling enak, bisa disesuaikan dengan penguasaan medan Sahabat. Ketika Sahabat belum pernah melakukan perjalanan jauh dengan berkendara sendiri, lebih baik memiliki jalur tol dengan estimasi waktu tempuh yang bisa diprediksi.

Melalui jalur tol memang memakan biaya lebih banyak, tetapi memberikan keamanan yang lebih tinggi. Terlebih ketika Sahabat melakukan perjalanan pada malam hari. Untuk jalur non-tol, ketika malam justru gelap gulita dan jalur biasanya akan berkelok-kelok dan rawan longsor.

Mampir Solo untuk Berkulineran

Salah satu manfaat memilih rute perjalanan dari Malang ke Jogja melalui solo adalah bisa mampir untuk berkulineran. Solo yang terkenal sebagai kota dengan menu makanan enak dan murah tentu menggiurkan untuk dikunjungi. Terlebih ketika lelah setelah berkendara jauh.

Berhenti di tempat rest area tentu sudah terbiasa, terlebih di SPBU. Nah, lebih baik mampir ke rumah makan di Solo lalu mencicipi makanan khasnya, seperti selat solo yang segar. Cita rasa pedas, manis, asamnya tentu akan membuat melek ketika merasa mengantuk selama menyetir.

Ketika akan berkendara jauh, jangan lupa untuk mengecek kondisi kendaraan ya, Sahabat. Jangan sampai mobil mogok di jalan dan menghambat perjalanan.

Penulis: Nisa Maulan Shofa


Tag

Travel

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Kuliner dan Wisata Asik di Bali Strawberry Farm, Kebun Strawberry Populer Bedugul

2020-11-26

Bali memiliki daya pikat yang tidak main-main untuk dikunjungi. Wisatawan domestik maupun mancanegara selalu memasukkan Bali sebagai salah satu wilayah wajib dikunjungi ketika ingin berlibur. Pulau

thumbnail

Belajar Budaya Bali di 5 Desa Ini

2020-10-28

Berwisata di Pulau Bali memang identik dengan menikmati kekentalan budaya serta adat istiadatnya ya, Sahabat. Jika sudah pernah ke Bali, Sahabat pasti tahu kalau saat ba

thumbnail

Persiapan untuk Traveling Ala Backpacker

2020-10-28

Jaman sekarang, traveling tak hanya sekadar menjadi pengisi waktu luang, traveling juga sudah menjadi sebuah passion dan gaya hidup. Se

thumbnail

Wajib Dicoba! Ini 35 Makanan Khas Jakarta yang Paling Dicari Sedunia

2021-01-31

Ibu kota Jakarta selalu menjadi persinggahan menarik yang patut dijelajahi. Kebudayaan Betawi yang kental di wilayah setempat, menjadi salah satu daya tarik tersendiri.&