Logo Daihatsu
Menu

Pesona Wekuri Lagoon

Travel

2021-01-21

wekuri lagoon

Wekuri Lagoon adalah danau atau laguna air asin dengan keindahan alam sekitar menawan yang terletak di Desa Kalena Rongo, Kodi Utara, Kabupaten Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Timur. Laguna yang satu ini memiliki air asin karena memang air berasal dari laut dan masuk melalui celah-celah karang yang membatasi antara Wekuri Lagoon dan laut. Bagi Sahabat yang ingin ke sana, berikut ini adalah beberapa pesona yang menjadikan alasan mengapa Wekuri Lagoon layak untuk dikunjungi.

Serasa Kolam Renang Pribadi

Jika di tempat wisata lainnya biasanya ramai, apalagi kolam renang, maka Sahabat akan merasakan seperti di kolam renang pribadi saat bersantai di danau Wekuri ini karena masih jarangnya pengunjung.

Sahabat serasa berada di kolam renang karena tidak ada ombak yang masuk. Air begitu tenang karena hempasan ombak sudah dipecahkan oleh deretan batu karang yang membatasinya dari laut. Jika sedang pasang, air memiliki kedalaman 2,5 meter. Namun, jika surut Sahabat akan melihat pasir putih yang ada di bagian dasar danau ini.

Menikmati Hawa yang Sejuk di Wekuri

Selain serasa berada di kolam renang pribadi yang jernih airnya, Sahabat juga akan disuguhi dengan hawa yang sejuk di sekitar Wekuri. Hawa sejuk ini disebabkan karena masih banyaknya pepohonan yang rimbun di sekitar Wekuri Lagoon ini.

Pemandangan yang Indah dari Bukit Karang

Sejauh mata memandang, Sahabat juga akan menikmati keindahan alamnya yang menyejukkan jiwa. Sahabat bisa naik ke bukit karang dan menikmati panorama sekitar Danau Wekuri ini secara menyeluruh. Pemandangan yang indah ini sangat layak untuk diabadikan dan Sahabat unggah ke Instagram.

Menikmati Matahari Terbenam

Pesona lainnya yang bisa Sahabat dapatkan di Wekuri Lagoon ini adalah momen matahari terbenamnya. Sahabat bisa berburu foto matahari terbenam dari jembatan kayu yang dibangun di dekat sana. Sahabat akan melihat warna jingga keunguan di langit Wekuri saat terbenamnya matahari.

Untuk menikmati matahari terbenam dan aktivitas lainnya, Sahabat harus datang sekitar jam 3 sore yah. Karena jika terlalu sore, Sahabat tidak akan sempat menikmati keindahan lainnya apalagi berenang. Jika ke Wekuri hanya untuk melihat matahari terbenam, kok rasanya sayang sekali.

Beberapa Fasilitas di Wekuri Lagoon

Selain pesona alamnya, Sahabat juga perlu tahu nih apa saja fasilitas yang ada di sana. Untuk saat ini, fasilitas di Wekuri Lagoon antara lain: jembatan kayu, jalan setapak dari beton, tangga besi untuk turun ke laguna, toilet, anjungan lompat ke laguna, penyewaan ban, dan warung yang dikelola oleh masyarakat setempat.

Baca juga : 11 Tempat Wisata di NTT Ini Punya Pesona Menakjubkan

Tantangan Menuju Wekuri Lagoon

Seperti yang disebutkan di awal, Wekuri Lagoon ini masih terhitung jarang dikunjungi oleh wisatawan. Bukan karena tidak indah yah, namun karena untuk menuju ke sana penuh tantangan.

Jalan menuju Wekuri ini tidak mudah. Seperempat jalan menuju Wekuri Lagoon ini belum diaspal. Belum lagi tak ada penunjuk jalan di sekitar lokasi. Hal ini menyebabkan banyak sopir yang tersesat ketika mengantarkan tamunya jika sebelumnya belum pernah sampai ke lokasi.

Biaya Berkunjung ke Wekuri Lagoon

Untuk berkunjung ke Wekuri Lagoon ini, Sahabat tidak dikenakan biaya masuk. Namun, Sahabat tetap harus membayar biaya parkir yang dikelola oleh masyarakat setempat. Biaya parkir sendiri juga belum pasti, tergantung tukang parkirnya mematok biaya berapa.

Setelah mengetahui pesona dan tantangan berkunjung ke Wekuri Lagoon, apakah membuat Sahabat ingin ke sana?

Penulis: Iskael


Tag

Travel

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Taman Wisata Jambi Paradise

2021-01-18

Taman Wisata Jambi Paradise merupakan salah satu tempat wisata di Jambi yang banyak dikunjungi. Sebelum pandemi, rata-rata ada 20 ribu pengunjung setiap harinya saat mus

thumbnail

Keindahan dan Aktivitas Seru saat Liburan di Taman Nasional Komodo

2021-01-18

Taman Nasional Komodo merupakan salah satu kawasan wisata terbaik yang ada di Indonesia dan menjadi habitat asli hewan peninggalan prasejarah, komodo. 

thumbnail

7 Tips Menjaga Imunitas Tubuh saat New Normal, Tetap Sehat di 2021

2021-01-07

Menjaga imunitas tubuh adalah hal yang wajib dilakukan di new normal. Tahun 2020 mungkin sudah usai dan di tahun baru kita semua berharap pandemi segera berakhir.

thumbnail

5 Tempat Wisata Surabaya Malam Hari yang Wajib Dikunjungi

2020-12-11

Tempat Wisata Surabaya Malam Hari - Surabaya merupakan kota yang wajib dikunjungi ketika liburan tiba. Berbeda dengan Bali yang indah dengan wisata pantainya, kota metro