Logo Daihatsu
Menu

Pilihan Rute Jakarta Jogja Naik Mobil Untuk Sahabat yang Mau Pulang Kampung

Otomotif

2020-12-22

Rute Jogja

Rute Jakarta Jogja naik mobil adalah hal yang mesti Sahabat tahu, jika Sahabat mau mudik ke Jogja dengan naik mobil. Untungnya, sekarang sudah banyak pilihan rute yang bisa Sahabat ambil nanti.

Dari banyaknya rute itu, beberapa di antaranya bakal kami sajikan di sini. Sahabat bisa memilih salah satunya saja. Pilihan rute itu bisa disimak sebagai berikut!

Rute Jakarta Jogja Naik Mobil via Pantura

Kita masuk ke pilihan rute yang pertama. Jika Sahabat memakai pilihan rute ini, Sahabat bakal menempuh perjalanan sepanjang kurang lebih 540 km. Rute ini sendiri dimulai dari jalan tol Jakarta-Cikampek.

Habis itu, Sahabat bakal menempuh perjalanan ke arah Cipali dan Pejagan. Seusai di Pejagan, Sahabat bisa langsung beristirahat sejenak. Habis itu, langsung meneruskan perjalanan ke arah tol Krapyak (Semarang), Bawen, Magelang, dan akhirnya sampai ke Jogjakarta.

Rute Jakarta Jogja Naik Mobil via Jalur Selatan

Rute selanjutnya yang bisa Sahabat lalui adalah rute via Jalur Selatan. Rute ini dimulai dari tol Cawang. Lalu berlanjut ke simpang Cipularang, Padaleunyi, Cileunyi, Buntu, Purworejo, dan berakhir di Jogjakarta.

Jika mengambil rute ini, pastikan untuk berhati-hati. Terutama, saat memasuki wilayah Cileunyi dan wilayah setelahnya. Sebab, terdapat sejumlah jalan berkelok-kelok yang bakal Sahabat temui di sekitaran wilayah tersebut. Jalur berkelok-kelok pun juga akan Sahabat temui saat nanti memasuki kawasan Purworejo dan sekitarnya.

Sebelum Menempuh Rute Jogja Naik Mobil

Sebelum Sahabat menempuh salah satu rute di atas, Sahabat mesti melakukan beberapa persiapan. Hal itu dilakukan agar perjalanan yang Sahabat lakoni nanti berjalan dengan lancar. Beberapa persiapan itu adalah:

Melakukan Pemeriksaan Terhadap Mobil Sahabat

Mobil adalah hal yang perlu Sahabat persiapkan saat melakoni perjalanan jauh Jakarta-Jogja nanti. Salah satu bentuk persiapan yang mesti dilakukan adalah dengan memeriksa kondisi mobil Sahabat.

Pemeriksaan bisa dilakukan mulai dari mesin mobil. Pastikan apakah mesinnya masih berfungsi dengan baik atau tidak. Periksa pula bagian ban dan juga rem mobil. Untuk ban, periksa apakah anginnya cukup atau tidak. Sedangkan pada rem, pastikan remnya masih berfungsi dengan baik.

Bawalah Barang Secukupnya

Melakukan perjalanan ke kota lain pasti membuat kita harus membawa sejumlah barang. Mulai dari makanan, pakaian, ataupun buah tangan untuk sanak saudara.

Membawa barang-barang itu tentu tidak dilarang. Namun, sebisa mungkin untuk tidak membawa semua barang itu dalam jumlah berlebih. Selain membuat bagasi terlalu penuh, membawa barang berlebih juga berpotensi menambah beban pada mobil. Kalaupun ada sisa barang yang ingin Sahabat bawa ke Jogja namun tidak muat, Sahabat bisa mengirimkan barang tersebut lewat ekspedisi pengiriman barang,

Aktifkan GPS

Walaupun jalan tol sekarang punya petunjuk jalan, GPS tetap penting digunakan. GPS bisa memberitahu Sahabat mana saja jalan yang rawan terkena macet. GPS juga bisa memberikan sejumlah informasi tempat-tempat penting yang bisa Sahabat datangi. Semisal SPBU dan rest area.

Rute Jakarta Jogja naik mobil adalah hal yang mesti Sahabat tahu, jika Sahabat mau mudik ke Jogja dengan naik mobil. Untungnya, sekarang sudah banyak pilihan rute yang bisa Sahabat ambil nanti.

Dari banyaknya rute itu, beberapa di antaranya sudah kami sajikan di artikel ini. Sahabat bisa memilih salah satunya saja. Jangan lupa untuk melakukan sejumlah persiapan, sebelum melakukan perjalanan panjang Jakarta-Jogja nanti. Semoga sampai tujuan!

Baca juga : Oleh-oleh Khas Jogja untuk Keluarga Tercinta

Penulis : Anggie Warsito


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Inilah Cara Pasang Wifi di Mobil Dengan Mudah

2022-08-08

Anda mempunyai mobil pribadi dan ingin internetan di mobil tanpa terkendala sinyal? Solusinya yaitu menggunakan Wifi. Lantas bagaimana cara pasang Wifi di mobil? Simak berikut ini.

thumbnail

Inilah Daftar Mobil Daihatsu yang Sudah Keyless, Yuk Cek Apa Saja

2023-09-29

Mobil dengan fitur keyless, dinilai lebih aman karena ketika pengemudi keluar dari mobil dan menjauh secara otomatis pintu mobil akan terkunci. Dengan begitu, mobil

thumbnail

Kode Plat N dari Daerah Mana? Cek Info Lengkapnya di Sini!

2023-12-14

Apakah Anda pernah melihat atau berpapasan dengan mobil yang memiliki kode plat N? Jika pernah, apakah Anda mengetahui dari daerah mana kendaraan tersebut berasal? J