Logo Daihatsu
Menu

Plat K Dari Mana? Cek Jawabannya Disini!

Otomotif

2023-12-14

Plat K Dari Mana? Cek Jawabannya Disini!

Memahami kode plat nomor kendaraan dari daerah lain, seperti plat K darimana merupakan hal yang perlu. Sebab Anda bisa mengetahui asal usul pengemudi kendaraan tersebut. Lantas dari manakah kendaraan plat K berasal? Untuk mengetahui jawabannya, mari perhatikan pembahasan berikut ini.

Dari Manakah Plat K Berasal?

Kendaraan dengan plat K berasal dari Jawa Tengah. Bagi Anda yang berkunjung ke Jawa Tengah tentu plat tersebut mudah Anda temui. Namun, tidak semua kendaraan bermotor di Jawa Tengah menggunakan plat K. Hanya ada beberapa daerah saja yang menggunakannya. Adapun daerah selengkapnya seperti berikut. 

1. Kabupaten Pati

Kendaraan bermotor di Kabupaten Pati biasanya menggunakan plat nomor dengan awalan huruf K dan akhiran huruf A/G/H/S/U. Contoh: K 1111 AG atau K 1111 US. 

2. Kabupaten Kudus

Daerah selanjutnya yang menggunakan plat K, ada Kabupaten Kudus. Namun, plat kendaraan di daerah ini diakhiri dengan huruf B/K/O/R/T. Contoh: K 1111 BK atau K 1111 OR.

3. Kabupaten Jepara

Selanjutnya, ada Kabupaten Jepara. Namun, plat nomor di daerah ini menggunakan huruf C/L/Q/V sebagai akhirannya. Contoh: K 1111 CL atau K 1111 QV.

4. Kabupaten Rembang

Plat kendaraan diawali dengan huruf K, dan diakhiri dengan huruf D/I/M/W. Contoh: K 1111 DI atau K 1111 WI.

5. Kabupaten Blora

Sedangkan untuk Kabupaten Blora, plat kendaraan diakhiri dengan huruf E/N/X/Y dan diawali dengan huruf K. Contoh: K 1111 EN atau K 1111 XY.

6. Kabupaten Grobogan

Selain kelima daerah tersebut, masih ada satu daerah lagi yang menggunakan pelat K sebagai awalan, yakni Kabupaten Grobogan. Untuk huruf akhir plat, daerah ini menggunakan huruf F/J/P/Z. Contoh: K 1111 FP atau K 1111 ZP.

Baca Juga : Daftar Kode Plat Nomor Seluruh Indonesia Terlengkap

Cara Cek Pajak Kendaraan dengan Plat K

Bagi Anda yang memiliki kendaraan dengan plat K, dan ingin melakukan pengecekan pajak. Anda bisa mengecek secara offline dengan mengunjungi Kantor Bersama Samsat Daerah. Namun, cara tersebut kurang efisien di zaman sekarang. Oleh karena itu, Anda bisa melakukan pengecekan secara online sebagai berikut.

1. Via Website E-Samsat

Cara cek pajak online kendaraan di Jawa Tengah dengan plat K pertama, bisa Anda lakukan melalui website E-Samsat. Adapun caranya sebagai berikut.

  • Kunjungi website berikut https://e-samsat.id/jawa-tengah/
  • Mengisi semua informasi yang diminta oleh website e-Samsat, seperti kode plat nomor kendaraan, nomor seri, 5 digit terakhir nomor rangka kendaraan.
  • Kemudian pilih Provinsi “Jawa Tengah”.
  • Selanjutnya, tekan tombol “Cek Sekarang”.
  • Tunggu sebentar hingga halaman website menampilkan informasi mengenai nominal pajak yang harus Anda bayarkan.

2. Via Website Cek Pajak Jawa Tengah

Adapun caranya sebagai berikut.

  • Kunjungi website berikut ini: https://cekpajak.com/jawa-tengah.
  • Isi informasi sesuai dengan formulir yang diminta oleh website tersebut, mulai dari kode plat nomor, nomor seri, 5 digit nomor rangka, hingga Provinsi Jawa Tengah.
  • Selanjutnya, tekan tombol “Cek Data Kendaraan”. Secara otomatis, website akan menampilkan besaran nominal pajak kendaraan yang harus dibayarkan. 

3. Via Aplikasi New Sakpole

Adapun caranya sebagai berikut.

  • Buka smartphone Anda lalu unduh aplikasi Newsakpole di Playstore atau pengunduh aplikasi lainnya.
  • Kemudian instalasi aplikasi tersebut, dan lakukan registrasi data diri.
  • Isi informasi mengenai plat nomor, nomor seri, nomor rangka kendaraan. 
  • Jika semua sudah terisi, maka secara otomatis aplikasi akan menampilkan informasi lengkap mengenai kendaraan, status pajak, hingga besaran pajak yang harus dibayarkan.

Selain ketiga cara di atas, Anda juga bisa melakukan pengecekan melalui via SMS. Dengan mengirim pesan dengan format JATENG (spasi) Nomor Kendaraan kemudian kirim ke nomor 9600. Pastikan Anda selalu membayar pajak kendaraan tepat waktu, agar tidak terkena denda dan blokir kendaraan. Jangan lupa servis kendaraan Anda di bengkel resmi Daihatsu terdekat. 


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Penyebab Sekring Mobil Meleleh

2022-03-03

Sekring atau fuse adalah salah satu komponen terpenting dalam sebuah mobil. Fungsinya adalah untuk mengamankan komponen-komponen mobil lainnya dari aliran arus listrik.

thumbnail

Pajak Mobil Mewah di Indonesia 2023, Tarif & Perhitungannya

2023-01-17

Sahabat berniatan ingin membeli mobil mewah? Sudah tahu pajak mobil mewah di Indonesia belum? Nah, jika belum ada baiknya untuk simak ulasan lengkapnya dibawah ini, ya! Punya mobil mewah mer

thumbnail

Tanda-tanda Karet Boot Shockbreaker Harus Diganti

2022-04-28

Pada saat mengendarai mobil, pastinya kenyamanan dan keamanan mobil adalah hal yang paling utama. Sebelum mobil digunakan, pastikan untuk selalu mengecek kondisi mobil.

thumbnail

Jarang Terbongkar, Ini Rahasia Pedagang Mobil Bekas biar Untung Besar

2020-11-21

Jual beli mobil bekas terlihat sebagai bisnis yang menjanjikan. Bahkan saat pandemi Covid-19 saja, peminat mobil bekas mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Tak heran jika saat i