Logo Daihatsu
Menu

Rangkaian Jalur Lampu Rem Mobil, Komponen dan Cara Kerjanya

Otomotif

2023-01-17

Rangkaian Jalur Lampu Rem Mobil, Komponen dan Cara Kerjanya

Seperti Anda ketahui lampu rem mobil berfungsi untuk meningkatkan keamanan dan mencegah dari kecelakaan. Oleh karena itu Anda perlu menjaga kondisi rangkaian lampu rem beserta komponen pendukungnya agar lampu rem bisa berfungsi dengan baik. Di bawah ini akan dijelaskan mengenai rangkaian jalur lampu rem mobil, komponen dan cara kerjanya. Berikut ulasan selengkapnya.

Rangkaian Jalur Lampu Rem Mobil dan Cara Kerjanya

Rangkaian jalur lampu rem dibagi menjadi dua jenis yaitu rangkaian jalur lampu rem pengendali positif dengan bantuan relay dan tanpa relay. Untuk selengkapnya, perhatikan ulasan berikut.

1. Rangkaian jalur lampu rem dengan relay

Pada rangkaian jalur ini, lampu rem mobil menggunakan bantuan relay agar bisa menyala. Ketika Anda menginjak pedal rem, maka saklar rem akan mengalirkan arus listrik ke bagian terminal 85 relay.

Kondisi tersebut membuat kumparan relay menerima arus listrik dari terminal 85 relay. Di saat itu juga, komponen baterai mengalirkan arus listrik dari kutub positif menuju bagian fuse atau sekring. Arus listrik dari fuse selanjutnya akan diteruskan ke bagian 30 relay listrik dan saklar rem.

Selanjutnya, kondisi tersebut menimbulkan gaya elektromagnetik sehingga bagian terminal 87 dan 30 relay mengaktifkan relay. Dengan begitu, lampu rem mobil dapat menyala dengan baik.

Namun, ketika Anda melepaskan pedal rem maka secara otomatis saklar rem akan memutuskan arus listrik ke terminal relay sehingga lampu rem meredup kembali.

2. Rangkaian jalur lampu rem tanpa relay

Pada rangkaian jalur ini, arus listrik dari kutub positif baterai dialirkan langsung ke bagian sekring. Selanjutnya, arus listrik tersebut dialirkan ke bagian saklar rem.

Jadi ketika Anda menginjak pedal rem, secara otomatis saklar rem akan mengalirkan arus listrik menuju lampu rem sehingga menyala. Sedangkan jika Anda melepas pedal rem, maka secara otomatis arus listrik dari bagian saklar rem akan terputus. Akibatnya cahaya yang dihasilkan lampu rem redup. 

Baca Juga : Penting, Ini Fungsi Lampu Mundur Mobil yang Perlu Sahabat Ketahui

Komponen pada Rangkaian Jalur Lampu Rem

Lampu rem mobil yang menyala tidak terlepas dari komponen-komponen berikut.

1. Baterai atau aki mobil

Fungsinya sebagai penyimpan dan penyuplai arus listrik untuk mengaktifkan seluruh lampu mobil, termasuk pada bagian lampu rem mobil. 

2. Sekring atau fuse

Fungsinya sebagai pemutus arus listrik yang terlalu besar sehingga mencegah adanya korsleting listrik.

3. Saklar rem atau brake switch

Fungsinya sebagai pemutus dan penyambung arus listrik dari bagian baterai ke bagian lampu rem mobil.

4. Pedal rem

Fungsinya sebagai penghubung rangkaian lampu rem agar bisa menyala dan memperlambat kecepatan mobil saat melaju.

5. Kabel

Fungsinya sebagai penghubung arus listrik pada komponen-komponen sistem kelistrikan mobil pada rangkaian jalur lampu rem.

6. Lampu rem

Fungsinya sebagai penghasil cahaya dari filamen bohlam ketika Anda sedang menginjak pedal rem.

Bahaya Apabila Rangkaian Jalur Lampu Rem Bermasalah 

Berikut beberapa bahaya yang ditimbulkan apabila rangkaian jalur lampu rem mobil bermasalah.

1. Lampu rem mobil menyala terus menerus

Adanya permasalahan pada rangkaian jalur lampu rem dapat menyebabkan lampu rem belakang mobil menyala terus. Kondisi ini dapat mengganggu kenyamanan berkendara pengguna jalan lainnya. Selain itu, juga menyebabkan beberapa komponen pada sistem kelistrikan mobil cepat aus.

2. Lampu rem mobil mati

Selain itu, rangkaian jalur lampu rem yang bermasalah dapat menyebabkan lampu rem mobil mati. Hal tersebut dapat menyebabkan keselamatan Anda terancam karena pengemudi di belakang Anda tidak mengetahui isyarat pengereman mobil Anda. Dengan begitu, risiko tertabrak lebih besar.

Agar keselamatan Anda terjamin, segera kunjungi bengkel atau dealer Daihatsu terdekat untuk mengatasi permasalahan mobil Anda termasuk masalah rangkaian kelistrikan pada lampu rem. 


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Alasan Mengapa Parkir Mobil Ban Harus Lurus untuk Kenyamanan Berkendara

2021-02-08

Parkir mobil merupakan salah satu bagian yang cukup krusial dalam menjaga komponen kendaraan agar tidak rusak. Mulai dari cara parkir, posisi ban dan setir, hingga lokas

thumbnail

Apa Itu KIR Mobil? Ini Syarat, Biaya & Cara Daftar 2023

2023-01-17

Pernahkah Anda mendengar istilah kir? Istilah ini mungkin sudah dipahami oleh sebagian besar pemilik mobil untuk kepentingan angkutan atau niaga. Namun, bagi sebagian orang yang baru memiliki mobil

thumbnail

Yuk Intip 4 Jenis Kamera Mundur Mobil Terbaik

2021-01-11

Salah satu tantangan bagi pengendara pemula adalah saat memarkirkan kendaraan dalam posisi mundur. Umumnya mobil keluaran terbaru sudah dilengkapi dengan kamera mundur.

thumbnail

Cara Membersihkan Grill Mobil di Rumah

2021-03-17

Grill adalah salah satu komponen mobil yang terdapat di bagian luar depan dengan bentuk yang berventilasi. Karena letaknya, grill mudah sekali kotor karena berada di bag