Logo Daihatsu
Menu

Rangkaian Sistem Kelistrikan AC Mobil & Komponen di Dalamnya

Otomotif

2023-03-20

Rangkaian Sistem Kelistrikan AC Mobil & Komponen di Dalamnnya

Rangkaian sistem AC mobil berfungsi untuk mengendalikan berbagai macam komponen AC. Agar komponen tersebut bisa berfungsi, maka dibutuhkan aliran arus listrik dari rangkaian sistem AC. Agar Anda lebih memahami lebih dalam apa itu rangkaian sistem kelistrikan AC beserta komponennya. Anda perlu memperhatikan ulasan berikut. 

Sekilas Tentang Rangkaian Sistem AC Mobil

Agar sistem AC mobil dapat bekerja sebagaimana mestinya, sistem tersebut membutuhkan rangkaian kelistrikan khusus. Sistem AC sendiri diciptakan untuk mendinginkan suhu di dalam mobil. Sistem ini biasanya diterapkan di negara-negara beriklim tropis. Namun, untuk negara-negara yang notabene memiliki suhu dingin, maka sistem AC digunakan untuk memanaskan suhu di dalam mobil. 

Pada sistem AC, terdiri dari beberapa komponen yang saling bekerja satu sama lainnya sehingga freon dapat bersirkulasi di dalam AC. Untuk rangkaian kelistrikan AC mobil sendiri dibagi menjadi dua yaitu rangkaian listrik blower dan termostat

Rangkaian listrik blower berfungsi mengontrol kecepatan dari komponen blower melalui saklar. Sedangkan untuk rangkaian listrik termostat berfungsi mengatur suhu di dalam kabin mobil. Pada rangkaian ini arus listrik arus listrik bisa disambungkan dan diputus secara otomatis. 

Baca Juga : Serba-Serbi Kelistrikan Mobil, Mulai Sistem hingga Skemanya

Komponen-Komponen Rangkaian Sistem AC Mobil

Rangkaian sistem AC pada mobil, memiliki beragam komponen yang perlu Anda ketahui. Berikut komponen selengkapnya.

1. Baterai

Komponen ini memiliki fungsi sebagai penyuplai energi listrik yang dibutuhkan oleh AC mobil. Energi listrik tersebut berasal dari aki mobil, kemudian dialirkan ke bagian baterai, guna untuk menggerakkan blower motor, kopling magnet, extra fan, dan komponen AC lainnya. Biasanya kapasitas tegangan yang dibutuhkan untuk menggerakkan komponen tersebut sebesar 12 Volt.

2. Kunci kontak

Komponen ini berfungsi mengendalikan arus listrik pada rangkaian sistem kelistrikan AC. DI dalam kunci kontak terdapat dua tombol yaitu ON dan OFF. Ketika Anda menekan tombol ON, maka AC mobil akan menyala dan akan segera mendinginkan suhu kabin mobil. Sedangkan ketika Anda menekan tombol OFF maka Anda akan mematikan sistem AC.

3. Sekring

Komponen ini berfungsi sebagai pengaman kelistrikan sistem AC sehingga mencegah arus pendek atau korsleting. 

4. Amplifier

Komponen ini berfungsi untuk mengatur suhu AC mobil sesuai dengan suhu yang Anda inginkan. 

5. Extra fan

Komponen ini berfungsi untuk menstabilkan suhu freon agar selalu dingin. 

6. Blower

Komponen ini berfungsi menyaring udara yang berada di area kabin mobil. Selain itu, blower juga akan mendinginkan suhu di dalam kabin secara perlahan dengan cara menurunkan derajat suhu. 

7. Blower control

Komponen ini berfungsi mengendalikan kecepatan blower, kopling kompresor, hingga sirkulasi udara pada AC. Selain itu, blower control juga akan mengirimkan sinyal pada komponen amplifier AC mengenai kondisi suhu di dalam kabin.

8. Kopling magnet

Komponen ini berfungsi sebagai pemutus dan penghubung rotasi mesin pulley dengan poros kompresor. 

9. Thermostat

Komponen ini berfungsi sebagai pengendali suhu kabin, sehingga apabila suhu kabin berubah maka perubahan tersebut akan diberitahukan ke komponen kompresor.

10. Sensor temperature

Komponen ini berfungsi sebagai informan suhu sehingga Anda bisa memantau kondisi sirkulasi AC apakah bermasalah atau tidak. 

11. Relay

Komponen ini berfungsi sebagai pengirim arus listrik ke sebagian komponen AC mobil, seperti kopling magnet, extra fab, blowe dan lain sebagainya. 

12. Kabel

Komponen ini berfungsi sebagai media yang menyalurkan dan menghubungkan tegangan arus listrik dari satu komponen AC ke komponen lainnya pada rangkaian sistem kelistrikan AC mobil.

Demikian ulasan mengenai rangkaian sistem kelistrikan AC mobil beserta komponen di dalamnya. Semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika terdapat masalah dalam rangkaian sistem AC mobil, Anda bisa membawanya ke dealer Daihatsu terdekat


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

5 Tips Mengecat Motor dengan Benar

2021-01-06

Mengecat kendaraan berfungsi untuk menjaga tampilan kendaraan tetap cantik dan menawan seperti baru dan lapisan cat dapat melindungi bodi kendaraan. 

thumbnail

Plat P Daerah Mana? Temukan Informasinya di Sini!

2024-01-15

Apakah Anda pernah menemui kendaraan plat P ketika sedang melakukan perjalanan? Lantas dari daerah mana kendaraan dengan plat tersebut berasal? Anda tentu penasaran

thumbnail

10 Macam-Macam Alat Ukur Mekanik dan Fungsinya

2022-11-08

Alat ukur mekanik merupakan alat yang digunakan untuk mengukur dimensi sebuah benda. Hal tersebut mencakup panjang, lebar, kedalaman, dan diameter benda. Disebut mek

thumbnail

Ketahui Persyaratan Perpanjang SIM 2023 Online dan Offline

2023-10-30

Mengetahui berbagai macam persyaratan perpanjang SIM baik offline maupun online merupakan hal penting. Dengan mengetahui syaratnya, proses perpanjangan akan jadi leb