Logo Daihatsu

Tips Sahabat

Bagikan
Rekomendasi Carbon Cleaner Mobil yang Bagus
28 Oktober 2021
carbon cleaner

Salah satu faktor yang membuat mobil mengeluarkan tenaga mesin maksimal adalah kebersihan ruang bahan bakar terutama dari pembakaran bensin. Oleh karena itu, kendaraan memerlukan carbon cleaner mobil yang bagus.

Mengingat tidak semua carbon cleaner mobil yang bagus, maka harus diketahui terlebih dahulu kegunaanya. Karena penggunaan yang tidak tepat, akan berdampak pada ruang bahan bakar kendaraan.

Kegunaan Carbon Cleaner Mobil yang Bagus

Kotoran yang menumpuk pada ruang bahan bakar dapat membentuk kerak yang menghambat terjadinya pembakaran fuel secara maksimal. Karenanya, kini terdapat cara yang efektif untuk membersihkan kerak sisa karbon tersebut.

Carbon Cleaner adalah pembersih karbon yang berupa cairan. Bahan ini diformulasikan agar mempunyai kemampuan untuk membersihkan ruang bakar mesin kendaraan.  Efeknya, kotoran yang merupakan sisa karbon yang menumpuk akan terbuang.

Terdapat dua macam carbon cleaner mobil yang bagus, yaitu tipe cairan dalam bentuk busa dan tipe semprot. Keduanya mempunyai kegunaan yang sama, namun lebih disarankan menggunakan tipe foam (busa) karena lebih aman untuk komponen mesin.

Fungsi carbon cleaner mobil utamanya adalah sebagai pembersih sisa bahan bakar. Namun, terdapat juga fungsi lain yang sangat bermanfaat bagi komponen mobil.

1. Pembersih Kerak

Fungsi utama dari carbon cleaner adalah membersihkan ruang bahan bakar mesin pada kendaraan dari banyaknya kotoran yang melekat. Terutama adalah kerak sisa karbon menempel sisa pembakaran bahan bakar yang tidak maksimal.

Menggunakan cairan ini, akan membuat kendaraan mencapai performa terbaiknya dengan biaya carbon cleaner mobil yang terjangkau.

2. Penghilang Air

Fungsi lainnya adalah sebagai anti-varnish atau penghilang kandungan air. Cairan ini akan dengan efektif membantu menghilangkan kadar air dalam ruang bahan bakar.

Dengan penjelasan di atas tentu tak ada lagi pertanyaan tentang Sehingga saat Anda bisa memahami jika ada pertanyaan carbon cleaner mobil untuk apa?

Rekomendasi Memilih Carbon Cleaner Mobil yang Bagus

Memilih carbon cleaner mobil yang bagus memang tidak mudah. Berikut adalah rekomendasi bagi untuk memilih carbon cleaner yang tepat bagi mobil Anda.

1. Hindari memilih carbon cleaner yang memiliki kandungan asam dan amonia

Kedua kandungan bahan tersebut perlu dihindari karena dapat menimbulkan reaksi karat yang dapat memicu kerusakan. Cara mengetesnya mudah, usap sedikit bahan tersebut pada jari, jika terasa gatal dan panas, menjadi indikator carbon cleaner yang jelek. 

2. Pilihlah Carbon Cleaner yang tetap dingin ketika masuk ruang bakar

Untuk mengetahuinya, adalah dengan cara menuangkan sebagian cairan atau busa ke dalam wadah, lalu sentuh dengan tangan. Cairan carbon cleaner yang terasa panas ketika disentuh dengan jari, disarankan jangan dipilih, karena karena dapat merusak lapisan piston pada mesin.

3. Perhatikanlah harga yang ditawarkan

Bandingkanlah harga dan formulasinya, apakah sesuai dengan kegunaannya. Harga carbon cleaner mobil yang murah tidak menjamin produk sesuai dengan manfaatnya.

4. Pelajari terlebih dahulu tipe mesin mobil

Hal ini penting karena setiap mesin kendaraan memiliki spesifikasi yang berbeda. Begitupun dengan formulasi pada carbon cleaner.

Penggunaan carbon cleaner yang tidak tepat dan terlalu sering akan meningkatkan resiko rusaknya komponen dalam mesin, seperti klep dan silinder mesin yang dapat berkarat. Hubungi bengkel carbon cleaner mobil untuk mendapatkan perawatan terbaik.

Untuk mendapatkan mesin mobil yang handal, kunjungi situs berikut. PT Kharisma Sentosa sebagai dealer resmi Daihatsu Surabaya dengan senang hati akan memberikan informasi tentang produk-produk Daihatsu yang sesuai dengan kebutuhan Anda.                 

Oleh karena fungsinya yang begitu penting, maka pemilihan carbon cleaner mobil yang bagus akan berdampak pada performa mesin kendaraan. Jangan sampai hal ini diabaikan demi keselamatan berkendara Anda.

Tips Sahabat Lainnya
Di Tengah Isu Virus Corona, Daihatsu Tetap Luncurkan Ayla dan Sirion Terbaru
Di Tengah Isu Virus Corona, Daihatsu Tetap Luncurkan Ayla dan Sirion Terbaru
Tidak ada yang pernah mengira sebelumnya bahwa virus Corona ini akan berdampak pada banyak hal di dunia. Termasuk di Indonesia sendiri pada saat awal isu virus Corona di Wuhan, masyarakat Indonesia ma
Penyebab Rusaknya Power Steering Mobil
Penyebab Rusaknya Power Steering Mobil
Bagi pecinta mobil tentu tak asing dengan istilah power steering. Power steering yang notabene merupakan teknologi yang sudah diaplikasikan di mobil terbaru memiliki segudang manfaat. Ada banyak sekal
Keuntungan dan Kerugian Mesin Diesel
Keuntungan dan Kerugian Mesin Diesel
Di dunia otomotif, kita mengenal dua jenis mesin. Yang pertama adalah mesin diesel dan yang kedua adalah mesin bensin. Di Indonesia sendiri kebanyakan mobil pribadi menggunakan mesin bensin. Sangat be
Anti Ribet, Begini Cara Membuat Paspor Online
Anti Ribet, Begini Cara Membuat Paspor Online
Jalan-jalan ke luar negeri butuh paspor. Buat Sahabat yang belum memiliki paspor tapi berencana liburan ke luar negeri, kamu harus membuatnya terlebih dahulu. Sekarang ini kita semakin dimudahkan

Booking Servis Melalui Aplikasi DaihatsuKu

Dapatkan penawaran menarik untuk layanan perawatan berkala pada kendaraan Anda

Logo PlaystoreLogo Appstore
Mockup Aplikasi DaihatsuKu
Semua Hak Dilindungi Undang-Undang@ Hak Cipta 2024 PT Astra Daihatsu Motor