Logo Daihatsu
Menu

Rute Nyaman ke Puncak Bogor untuk Backpacker hingga Perjalanan Keluarga

Travel

2020-11-20

rute ke puncak bogor

Puncak Bogor merupakan kawasan wisata menakjubkan dan menjadi primadona masyarakat Jakarta. Terdapat di dataran tinggi, Puncak Bogor memiliki suasana dan nuansa asri nan menyejukkan karena memiliki ketinggian 1500 meter di atas permukaan laut.

Puncak merupakan kawasan yang menghubungkan Bogor dan Bandung. Terdiri dari beberapa kabupaten, seperti Bogor, Cianjur, dan Sukabumi.

Di wilayah Puncak terdapat banyak destinasi wisata, seperti Taman Safari, taman bunga, hingga kawasan pedesaan yang bisa menarik banyak wisatawan setiap tahunnya. Di sepanjang jalan menuju Puncak terdapat banyak penginapan dan tempat makan untuk beristirahat.

Banyak wisatawan yang mengunjungi Wisata Puncak Bogor dengan cara masing-masing, seperti backpacking, touring, hingga berwisata keluarga untuk menyenangkan anak yang sedang berlibur sekolah.

Lantas, bagaimana untuk menuju ke Puncak? Nah, bisa nih Sahabat simak beberapa pilihan rute untuk menuju ke Puncak. Rute bisa dipilih berdasarkan dengan kendaraan apa Sahabat menempuhnya ya, backpacking, touring bersama rekan komunitas, hingga menggunakan mobil pribadi bersama keluarga atau teman.

Rute untuk Backpacker: dari Kereta hingga Angkutan Kota

Berlibur dengan cara Backpacking begitu digemari akhir-akhir ini. Selain menghemat biaya perjalanan, backpacker juga bisa mengurangi polusi karena akan memanfaatkan transportasi umum. Untuk Sahabat yang ingin mencoba backpacker-an ke Puncak, naiklah kereta api menuju Stasiun Bogor. Dari Stasiun Bogor, bisa melanjutkan perjalanan menggunakan angkutan kota jurusan Cisarua, Ciawi, hingga Cipanas. Pilih salah satu saja ya untuk menuju kawasan Puncak.

Jika kereta penuh, Sahabat bisa kok menggunakan bus umum dari Jakarta. Bus yang dipilih adalah bus APTB atau Angkutan Perbatasan Terintegrasi Busway dengan memilih rute Jakarta—Bogor. Tarifnya sebesar Rp14.000 dengan jam keberangkatan mulai pukul 05.00 hingga 17.00 WIB.

Terdapat 5 rute bus APTB. APTB nomor 11 ke Tanah Abang dengan perjalanan melalui Tol Jagorawi, Uki, Koridor 9, lalu Koridor 1. APTB 12 tujuan Tanjung Priok yang melalui Tol Jagorawi, UKI, lalu ke Koridor 10. APTB 15 jurusan Grogol yang perjalanannya melalui Tol Jagorawi, UKI, serta Koridor 9. APTB 17 menuju Senen melalui Tol Jagorawi, UKI, Koridor 7, Koridor 5, hingga Koridor 2. Dan APTB 01 menuju Terminal Baranangsiang, Bogor.

Setelah sampai Terminal Bogor, lanjutkan perjalanan menggunakan angkutan kota bernomor 01 jurusan Baranangsiang—Ciawi untuk turun di Pasar Ciawi. Tidak sampai sana saja, Sahabat masih harus berpindah kendaraan, yaitu angkutan kota jurusan Ciawi-Cisarua untuk sampai ke Puncak ya.

Perjalanan dengan Kendaraan Pribadi selama Dua Jam

Puncak merupakan daerah wisata yang asik dikunjungi secara beramai-ramai, bersama keluarga, teman, hingga rekan kerja. Jika Sahabat berwisata ke Puncak bersama keluarga atau teman menggunakan kendaraan pribadi, Sahabat bisa menempuh perjalanan dari Jakarta ke Puncak selama dua jam saja. Perjalanan akan melalui Tol Jagorawi ya.

Oh iya, asik juga loh jika mengunjungi Puncak dengan menggunakan motor. Sebab, wilayah Puncak memang kerap kali menjadi daerah tujuan para pecinta biker dengan melakukan touring. Namun, pastikan ya untuk mengecek kondisi motor mulai dari mesin hingga oli.

Jadi, sudah ditentukan belum akan mengunjungi Puncak dengan siapa? Ketika bersama keluarga atau teman dengan kendaraan pribadi, pastikan semuanya sudah siap ya, baik kondisi mobil hingga fisik karena menyetir selama dua jam juga melelahkan.

Ketika Sahabat ingin mencoba backpacking menuju Puncak, pastika kondisi fisik sedang fit. Persiapkan uang kecil untuk membayar angkutan juga. Jangan lengah ketika di perjalanan. Jangan lupa sarapan!

Penulis: Nisa Maulan Shofa


Tag

Travel

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Bedugul: Wisata Indah Bersejarah, Jangan Lewatkan ketika Mengunjungi Bali

2020-11-26

Bali selalu menjadi pulau favorit setiap wisatawan, baik wisatawan luar negeri maupun dalam negeri. Keindahan alamnya mampu menghipnotis siapa saja yang datang ke sana. Tidak hanya mengenai Kuta ya

thumbnail

Perhatikan Hal Ini Sebelum Menyusun Itinerary Liburan

2020-10-28

Sahabat Daihatsu sedang merencanakan liburan dalam waktu dekat? Coba baca tips ini sebelum membuat itinerary liburan mu, ya!

thumbnail

Oleh-oleh Khas Jogja untuk Keluarga Tercinta

2020-10-28

Liburan ke tempat yang lebih jauh seperti ke luar kota tentu saat pulang harus membawa oleh-oleh atau buah tangan untuk keluarga dan orang terdekat di rumah. Jogja merup

thumbnail

7 Persiapan yang Harus Dilakukan Sebelum Memasuki Jalan Tol

2020-10-28

Jalan bebas hambatan atau lebih dikenal dengan jalan Tol memang menjadi alternatif tercepat menuju tujuan. Jalan berbayar ini diklaim mampu memangkas waktu dibanding jal