Logo Daihatsu
Menu

Rute Perjalanan Surabaya—Jogja, Inilah 5 Faktor Tol Trans Jawa Membuat Perjalanan Lebih Efisien

Travel

2020-12-25

tol trans jawa

Surabaya—Jogja adalah perjalanan panjang yang mengharuskan banyak persiapan, terutama jika dilakukan melalui darat dan harus mengendarai mobil sendiri. Rute perjalanan Surabaya—Jogja biasanya bisa ditempuh dengan 8 jam perjalanan.

Akan tetapi, lama perjalanan tersebut adalah sebelum dibangunnya Tol Trans Jawa. Kini, setelah adanya tol tersebut, waktu tempuh Surabaya menuju Jogja hanya 6 jam saja.

Jalan bebas hambatan yang menghubungkan Surabaya—Kartosuro ini bahkan masih memberikan waktu lebih cepat meskipun ketika arus mudik. Waktu lebih singkat yang didapatkan melalui tol karena banyak faktor loh, Sahabat.

Nah, berikut adalah 5 faktor keuntungan yang bisa Sahabat dapatkan dari adanya jalan Tol Trans Jawa sehingga perjalanan menjadi lebih efisien. Yuk simak untuk tahu dan membuat penempuhan rute perjalanan Surabaya—Jogja menjadi lebih menyenangkan.

Hanya Bisa Dilalui Kendaraan dengan Laju Cepat

Dibangunnya jalan bebas hambatan Trans Jawa memang membuat rute perjalanan Surabaya—Jogja lebih lebih efisien dari segi waktu tempuh. Ini memiliki beberapa faktor, salah satunya adalah karena semua kendaraan yang diperbolehkan melalui tol adalah kendaraan yang memiliki laju yang cepat.

Jalan alternatif biasa, masih terdapat kendaraan seperti motor, becak, hingga angkutan umum yang biasanya akan menghambat laju kendaraan yang ingin melaju lebih cepat. Lebih buruknya, beberapa pengendara motor bahkan ada yang melawan arus dan membuat laju mobil lebih sempit dan berhati-hati.

Di jalan biasa juga masih dijumpai pengendara sepeda yang juga memiliki kecepatan yang rendah. Ketiadaan angkutan umum juga membuat jalan tol lebih bisa efisien karena biasanya angkutan umum akan melajukan kendaraan lebih pelan karena harus mencari penumpang.

Tidak Bertemu Bus Kejar Setoran

Siapa yang tidak tahu dengan bus ugal-ugalan karena kejar setoran? Tidak hanya laju kendaraannya yang begitu cepat, bus yang sedang kejar setoran juga bisa berhenti semaunya karena harus menurunkan penumpang.

Bus ini biasanya jenis bus antar kota antar provinsi yang bisa menjemput dan menurunkan penumpang tanpa harus menuju ke terminal. Jika begini, laju mobil Sahabat untuk menempuh rute perjalanan Surabaya—Jogja akan terhambat karena harus lebih waspada supaya tetap aman di jalan, bukan?

Pengguna Jalan Lebih Tertib

Sebuah jalan tol memiliki aturan laju kendaraan rata-rata yang ditetapkan sehingga kendaraan yang melintas akan menjadi lebih tertib. Tidak ada kendaraan bermuatan besar yang melintas di tengah jalan dengan kecepatan di bawah rata-rata dan menghambat kendaraan di belakangnya.

Kendaraan bermuatan besar tersebut biasanya berupa truk tronton hingga truk gandeng yang memuat barang-barang besar dan berat. Laju mereka biasanya agak terseok ketika melaju begitu cepat sehingga harus lebih memelankan kecepatan.

Jika sudah begitu, kendaraan yang ada di belakangnya akan segan untuk menyalip karena merasa takut.

Jalanan Lebih Lebar

Jalanan biasa memiliki lebar sekitar 6 hingga 8 meter. Lebar jalan tersebut bahkan harus dibagi menjadi dua untuk lajur kanan dan kiri sehingga menjadi lebih sempit. Dengan begitu, tidak banyak waktu yang Sahabat dapat untuk mencoba menyalip supaya lebih cepat sampai tujuan.

Jalan tol Trans Jawa memiliki jalan yang lebih lebar. Dengan jalanan yang lebih lebar ini, Sahabat bisa melajukan kendaraan lebih cepat dan kesempatan menyalip kendaraan lain lebih aman sehingga rute perjalanan Surabaya—Jogja menjadi lebih cepat untuk ditempuh.

Tidak Ada Traffic Light

Selain kendaraan lain yang sering tidak mematuhi aturan jalan, hambatan dalam penempuhan perjalanan jauh dengan waktu lebih cepat adalah adanya lampu lalu lintas. Di jalanan tol, traffic light tidak dijumpai.

Selain lampu lalu lintas, di jalan tol juga tidak dijumpai zebra cross sehingga pengendara tidak diinterupsi dengan adanya pejalan kaki yang menyeberang jalan. Dengan demikian, rute perjalanan Surabaya—Jogja lebih nyaman ditempuh dalam kecepatan tinggi.

Baca juga : Perjalanan dengan Mobil Pribadi, Ini Rute Perjalanan dari Malang ke Jogja yang Aman dan Nyaman

Namun, meskipun Sahabat memiliki privilege untuk mengendarai mobil lebih cepat di jalan tol, keamanan tetap yang utama ya. Terlebih, perjalanan yang masih harus ditempuh lebih dari 5 jam tentu membuat lelah sehingga kesehatan fisik harus diperhatikan sebelum melakukan perjalanan.

Kondisi mobil juga harus dicek sebelum berangkat agar lebih tenang selama di perjalanan. Selamat melakukan perjalanan Surabaya—Jogja!

Penulis: Nisa Maulan Shofa


Tag

Travel

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

5 Fakta Menarik Candi Muaro Jambi Bagi Para Wisatawan

2021-01-21

Peninggalan sejarah di Indonesia berupa candi yang indah di Indonesia bukan hanya Candi Borobudur atau Prambanan. Salah satu kawasan candi di Jambi ini juga merupakan sa

thumbnail

15 Tempat Wisata di Singapura yang Paling Populer dan Wajib Dikunjungi

2021-03-24

Singapura menjadi salah satu negara yang paling populer dikunjungi oleh turis dari Indonesia. Tiket murah ke Singapura menjadi salah satu daya tarik paling menggiurkan b

thumbnail

10 Wisata Perahu di Indonesia Bikin Liburan Makin Seru

2021-01-05

Wisata perahu adalah salah satu wisata yang memberikan pengalaman seru kepada wisatawan karena bisa mengitari sungai maupun danau dengan perahu. Indonesia yang memiliki

thumbnail

5 Tips Snorkeling yang Benar untuk Pemula

2020-12-01

Memiliki kondisi alam yang cantik, Indonesia dipenuhi dengan destinasi wisata laut. Mulai dari wilayah yang memamerkan pantai berpasir putih yang instagramable hingga tempat wisata yang memiliki ai