Logo Daihatsu
Menu

Sudah Tahu Perbedaan Sunroof dan Moonroof? Berikut Penjelasannya

Otomotif

2021-01-06

perbedaan sunroof dan moonroof

Mungkin sebagian orang, hanya mengetahui modifikasi kendaraan roda empat hanyalah sekedar pada kaki kaki ataupun interiornya semata. 

Namun apakah Anda tahu, bahwa kaca mobil bagian atap pun bisa dimodifikasi untuk tampilkan kesan lebih elegan dengan menambahkan fitur sunroof ataupun moonroof. Bingung perbedaan sunroof dan moonroof? Berikut ulasannya.

Fitur Sunroof

Sebenarnya antara sunroof dan moonroof memiliki perbedaan yang terletak pada cara kerjanya, namun keduanya berfungsi untuk menampilkan pemandangan dari atas mobil. 

Sunroof sendiri merupakan jendela atau kaca yang berada di atap mobil dan mampu membentuk sudut tertentu tatkala dibuka oleh pemilik kendaraan.

Umumnya, bagian belakang dari model sunroof akan terangkat kala dibuka layaknya sistem yang diterapkan pada teknologi ventilasi bus kota jaman dahulu. Di mana udara bisa mengalir dengan bebas melalui ventilasi tersebut. 

Tak hanya digunakan untuk menikmati pemandangan atas mobil, model sunroof pun bermanfaat mengalirkan udara dari luar mobil.

Dengan begitu, sirkulasi udara di dalam mobil akan semakin baik. Tatkala atap mobil model sunroof diangkat, kabin akan menerima udara serta sinar matahari secara langsung dari arah luar. 

Keadaan perbedaan sunroof dan moonroof ini, tentunya didambakan oleh sebagian orang apalagi ketika berkendara di cuaca cerah maupun di daerah pegunungan.

Menariknya lagi, dikala malam hari Anda juga bisa menikmati keindahan bintang yang bertaburan di langit secara langsung melalui kaca sunroof ini. Sejuknya angin malam pun bisa masuk ke dalam dengan bebas melalui ventilasi sunroof

Hal ini pastinya akan membuat pengalaman perjalanan Anda bersama orang tersayang semakin mengasyikkan dan lebih menarik.

Baca juga: Terlihat Lebih Mewah, Yuk Intip Cara Mengkilapkan Cat Mobil Warna Hitam

Fitur Moonroof

Perlu Anda ketahui, sebenarnya sunroof dan moonroof tidak memiliki banyak perbedaan. Hanya saja cara membuka antara keduanya berbeda. 

Dimana, bila sunroof hanya perlu mengangkat kacanya saja sedangkan moonroof memasukkan kaca ke dalam atap. Moonroof sendiri dibekali dengan rel yang berfungsi menggerakkan kaca.

Perbedaan sunroof dan moonroof lainnya yaitu kala membuka kaca model moonroof ia akan masuk ke dalam, sehingga ruang sirkulasi udara semakin lega mengalir ke dalam mobil. 

Namun bila Anda menerapkan model moonroof pada kaca atap kendaraan kesayangan, Anda perlu melakukan memperhatikan perawatan serta kebersihannya.

Karena moonroof digerakkan oleh rel pastinya hal ini akan beresiko rentan macet. Bisa dibayangkan, bila rel macet maka moonroof akan terjebak dan tak bisa ditutup seperti sedia kala. 

Untuk itu, Anda harus memastikan keadaan moonroof setiap saat. Lazimnya, moonroof digerakkan secara otomatis menggunakan tombol yang menempel pada kendaraan.

Adanya tombol tersebut, mampu meminimalisir terjadinya macet pada rel moonroof. Meski begitu, Anda tak perlu khawatir karena Anda bisa menyaksikan keindahan pemandangan atas mobil dengan lega melalui moonroof. 

Perbedaan sunroof dan moonroof pula bisa dilihat dari sirkulasi udaranya yang sangat maksimal pada moonroof, yang mampu membuat bagian kabin menjadi lebih sejuk.

Baca juga : 5 Ide Modifikasi Plafon Mobil Yang Bisa Anda Coba


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Apakah Bisa Buat SIM Online tanpa Tes? Ini Jawabannya!

2023-04-11

Baru-baru ini pertanyaan seperti “Apakah bisa buat SIM Online tanpa tes?” sempat menjadi perbincangan hangat di media sosial. Pasalnya, saat ini

thumbnail

Ketahui Fungsi Needle Valve pada Komponen Karburator

2023-09-29

Needle Valve merupakan bagian komponen karburator yang memiliki peranan penting. Lalu apa fungsi dari komponen tersebut? Untuk selengkapnya perhatikan ulasan berikut

thumbnail

Daftar Kode Plat Nomor Seluruh Indonesia Terlengkap

2022-10-12

Plat nomor Indonesia merupakan sebuah identitas dari suatu kendaraan. Setiap kendaraan memiliki plat nomor yang berbeda dan warna plat yang berbeda untuk membedakan