Logo Daihatsu
Menu

Suguhan Eksotis dari Pantai Pintu Kota Ambon

Travel

2021-01-20

pantai pintu

Pantai Pintu Kota Ambon, atau secara harfiah berarti gerbang kota pantai, terletak di Dusun Airlouw, Kecamatan Nusaniwe, Kota Ambon, Provinsi Maluku. 

Jaraknya sekitar 45 menit hanya dengan berkendara dari pusat kota. Pantai Pintu Kota Ambon merupakan salah satu pantai yang cukup diminati oleh wisatawan karena memiliki pemandangan alam seperti di surga dunia! 

Akses menuju Pantai Pintu Kota Ambon 

Akses jalan menuju lokasi pantai beraspal mulus dan hanya membutuhkan waktu sekitar 45 menit dari pusat kota Ambon. Sahabat bisa menggunakan kendaraan pribadi atau angkutan umum untuk menuju lokasi. 

Jika menggunakan kendaraan pribadi bisa langsung menuju Desa Airlouw karena akses jalan sudah lancar baik untuk mobil maupun motor. 

Kalau menggunakan transportasi umum, Sahabat bisa naik angkot berwarna merah dari pusat kota Ambon menuju ke desa Airlouw. Lihat dulu angkotnya, kalau punya tanda "Air Louw" yang tertulis di atap mobil, berarti angkot ini menuju ke Pantai Pintu Kota Ambon. 

Dari tempat parkir menuju lokasi pantai kita harus menuruni tangga yang agak curam dan sempit, yang kalau basah harus berhati-hati supaya tidak tergelincir. Meskipun cukup melelahkan, namun rasanya sepadan dengan keindahan yang didapat. 

Di lokasi pantai terdapat pondokan-pondokan untuk tempat berteduh dan beristirahat dengan rimbunnya pepohonan yang cukup besar.

Salah satu tempat wisata di Maluku ini patut dikunjungi bagi Sahabat yang suka petualangan dan hiking. Sahabat bisa melewati jalan setapak menuju Pantai Pintu Kota Ambon. 

Apa sih istimewanya Pantai Pintu Kota Ambon? 

Pantai ini memiliki pemandangan yang indah dengan jenis pantai sedikit berpasir yang didominasi bebatuan. Pantai Pintu Kota Ambon ini mirip dengan teluk yang merupakan jenis pantai berkarang dan berbatu. 

Di tempat ini, terdapat sebuah tebing yang menjorok ke laut dan berlubang. Lubang tersebut berbentuk unik seperti gapura dan menjadi ikon di pantai ini. Gerbang eksotis, begitulah kira-kira sebutannya. 

Dengan dinding tebing yang terdiri dari batuan karang yang tajam dan berwarna coklat gelap, maka terlihat sangat kontras dengan laut dan langit, maka keindahan tebing ini jadi terlihat eksotis. 

Kalau airnya lagi pasang, ombak dari laut bisa menerobos tebing karang sampai tembus di kedua sisinya. Perpaduan tebing yang berwarna coklat kemerahan dan kemudian dihantam gelombang ombak menghasilkan pecahan air yang cantik! 

Pada bagian karang yang berlubang tersebut kalau kita berdiri di pinggir pantai, maka kita dapat melihat laut Banda secara langsung melalui lubang itu.

Bagian bibir pantai yang berpasir hanya sedikit saja. Tempat berpijak di sekitar pantai di dominasi oleh bebatuan yang cukup tajam, jadi Sahabat harus hati-hati saat melangkahkan kaki di antara bebatuan. 

Tidak untuk berenang lho! 

Pantai kawasan ini tidak untuk berenang, karena pantainya berkarang, ombak sangat kencang, dan bebatuan tajam.

Kalau berkunjung ke sini, jangan lupakan keindahan pasir putih sambil melihat panorama yang membentang di bibir pantai karena pemandangannya sangat cantik. Ada perahu-perahu kecil yang berlabuh sebagai latar belakang. 

Pantai ini juga sering digunakan sebagai lokasi pengambilan gambar. Selain pantai yang indah, lokasi ini juga menjadi favorit bagi divers karena menawarkan tempat menyelam dengan pemandangan bawah laut yang menakjubkan. 

Namun untuk menjangkau spot tersebut, Sahabat harus menaiki speedboat atau perahu milik nelayan setempat.

Fasilitas umum yang tersedia 

Untuk membuat wisawan merasa nyaman, kini kawasan pantai sudah menyediakan area parkir dengan space yang luas dan nyaman. Selain itu, terdapat beberapa gubuk yang bisa digunakan untuk istirahat dan berteduh menikmati keindahan pantai, juga semilir angin pantai yang bertiup dari kejauhan. 

Kalau lapar atau haus, ada beberapa penjual makanan dan minuman yang siap melayani. Jika Sahabat belum merasa puas hanya berkunjung satu hari, tersedia juga beberapa home stay atau penginapan. 

Penulis : Dinno Baskoro


Tag

Travel

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

7 Fakta Taman Laut Olele, Surga Tersembunyi di Gorontalo

2021-01-18

Tidak sedikit wisatawan mancanegara yang mengenal Bali daripada Indonesia. Daya tarik pariwisata di Pulau Dewata memang indah, tapi Gorontalo memiliki surga tersembunyi

thumbnail

Rute ke Bromo dengan Mobil Pribadi

2020-10-28

Bromo adalah salah satu kawasan wisata alam di Jawa Timur yang banyak dipilih baik oleh wisatawan lokal maupun mancanegara. Kawasan wisata alam yang juga menyajikan wisa

thumbnail

Enam Kuliner Khas Bintan yang Wajib Dicoba

2020-11-12

Bintan merupakan pulau cantik yang berada di Kepulauan Riau. Menjadi salah satu primadona di kalangan wisatawan, pemandangan alam di Bintan memang sangat memanjakan mata, terlebih wisata pantainya.

thumbnail

Menjadi Backpacker dengan Hemat Budget bahkan Gratis? Ini Dia Caranya! Berpotensi untuk Dibayarin Juga, Loh!

2020-11-20

Backpacker adalah smart traveller karena dia bisa mencari peluang untuk melakukan wisata dengan budget minim hingga mendapatkan relasi di tempat wisata. Meskipun esensi dari seorang backpacker buka