Logo Daihatsu
Menu

Tak Hanya Baturraden, ini Deretan Tempat Wisata di Purwokerto yang Tidak Kalah Hits

Travel

2020-10-28

wisata purwokerto

Jika berbicara tentang Purwokerto maka bayangan Sahabat mungkin akan langsung tertuju pada bahasanya yang sering dianggap lucu. Padahal, jika mau mencari info lebih lanjut Purwokerto memiliki potensi wisata yang tidak kalah dibanding daerah lain. Sebagai kota yang terbilang kecil tempat wisata di Purwokerto sangat layak untuk dikunjungi karena selain biaya akomodasinya murah, akses ke kota tersebut juga sangat mudah.

Selama ini, taman wisata Baturraden merupakan tempat wisata di Purwokerto dan sekitarnya yang paling banyak dikenal orang. Banyak wisatawan asal luar kota yang hanya tau Baturraden saja tapi tidak terlalu familiar dengan tempat wisata lainnya. Padahal tempat wisata di kota tersebut sangat banyak dan tidak kalah indahnya dari Baturraden. 

Berikut deretan tempat wisata di Purwokerto yang wajib Sahabat ketahui :

1. Museum BRI

Meskipun bank pertama yang berdiri di Indonesia berasal dari daerah ini namun belum banyak orang yang mengetahuinya. Jika Sahabat pecinta wisata sejarah atau berniat memberikan wisata edukatif pada anak-anak maka museum ini merupakan tempat yang tepat. Di dalam museum Sahabat bisa menyaksikan keberadaan uang-uang kuno yang menjadi koleksi dari museum tersebut. Tidak hanya uang, museum ini juga menyimpan sejumlah koleksi berbagai peralatan perbankan yang dipakai pada zaman dulu. 

2. Gua Maria Kaliori

Bagi penganut nasrani, objek wisata religi ini sangat direkomendasikan untuk dikunjungi. Selain karena lokasinya yang mudah dijangkau, hanya berjarak 20 km saja dari pusat kota. Akses menuju kesana pun sudah mudah. 

Selain luas dan rindang, objek wisata ini juga sangat spesial karena diberkahi langsung oleh Paus Paulus II. Dengan berziarah ke sini selain mendapatkan ketenangan rohani Sahabat juga mendapatkan ketenangan dari suasana sekitar yang masih asri. Objek wisata ini selain dilengkapi tempat beribadah juga tersedia tempat beristirahat serta beberapa makam yang dihiasi oleh patung-patung malaikat.

3. Wisata Kuliner Mendoan Khas Purwokerto

Sebagai makanan khas Banyumas, mengunjungi Purwokerto tidak akan lengkap rasanya tanpa mencicipi mendoan khas Purwokerto. Walaupun mendoan juga bisa ditemukan di daerah sekitar Banyumas tapi mendoan khas Purwokerto sedikit berbeda dengan mendoan lainnya. Teksturnya cenderung lebih garing dan renyah dibandingkan mendoan pada umumnya. Selain itu, mendoan kerap disajikan dengan kecap manis yang ditambah dengan irisan cabe rawit merah segar.

Untuk menikmati wisata kuliner khas Purwokerto, daerah yang paling terkenal adalah di sepanjang jalan menuju GOR Satria. Di tempat tersebut Sahabat bisa menjumpai beragam wisata kuliner mulai dari kuliner kaki lima hingga kuliner restoran. Jika Sahabat menyukai suasana yang lebih ramai Sahabat bisa datang setiap hari minggu untuk menikmati suasana pasar dadakan di minggu pagi yang rutin digelar di kawasan ini. Di sana Sahabat bisa menjumpai beraneka ragam penjual mulai dari pakaian, aksesoris, jajanan langka hingga makanan berat. 

4. Gunung Slamet

Bagi yang hobi mendaki jangan lewatkan kesempatan untuk melakukan pendakian di gunung ini. Mendaki gunung merupakan kegiatan yang sering sekali dilakukan terutama oleh mahasiswa di Purwokerto. Hal ini didukung dengan keberadaan banyaknya toko penjual atau yang menyewakan peralatan camping dan mendaki. Selain karena aksesnya yang mudah, pemandangan di gunung tersebut sangat indah sehingga sayang untuk dilewatkan.

Jika Sahabat berencana untuk mendaki maka sangat disarankan untuk menghubungi berbagai perkumpulan pecinta alam yang umum ditemukan di kampus-kampus. Sahabat sebaiknya tidak melakukan pendakian seorang diri atau bersama dengan orang yang belum berpengalaman serta mengenal daerah tersebut dengan baik karena besar kemungkinan Sahabat akan tersesat. Selain itu, dengan mendaki bersama-sama beban serta biaya pendakian bisa dibagi dengan banyak orang sehingga mengurangi beban Sahabat.

5. Bukit Tranggulasih

Tempat wisata alam ini sangat direkomendasikan untuk didatangi karena memiliki pemandangan yang sangat indah serta cocok dijadikan objek foto. Karena pemandangannya yang indah, banyak yang menjadikan tempat tersebut sebagai spot camping yang cukup terkenal. Namun, jika Sahabat hanya ingin bersenang-senang dengan teman-teman tempat ini juga cocok karena spot fotonya beragam dan akses masuk yang cukup mudah. 

6. Curug Bayan

Daerah Purwokerto dan sekitarnya memang terkenal dengan keindahan alamnya terutama keindahan curugnya (air terjun kecil). Terdapat banyak curug yang bisa direkomendasikan namun jika Sahabat bepergian dengan keluarga maka sangat disarankan untuk berkunjung ke curug ini. Selain arena arusnya tidak terlalu deras sehingga aman bagi anak-anak, Sahabat juga bisa terjun dari tebingnya langsung.

Selain karena curugnya, suasana di sekitar tempat tersebut juga masih sangat asri dan tenang. Air dan udaranya sangat bersih sehingga bisa menghilangkan rasa penat akibat kehidupan dan polusi kota besar. Untuk masalah akomodasi, Sahabat tidak perlu khawatir karena telah tersedia berbagai tempat penginapan dan villa yang bisa disewakan untuk 1 keluarga. Akses masuknya juga sangat mudah, banyak rambu petunjuk dimana-mana. Tiket masuknya pun murah hanya 5 ribu rupiah saja. Jika berminat tempat ini buka tiap hari dari pukul 7 pagi hingga 5 sore.

Itulah deretan tempat wisata di Purwokerto yang layak untuk dikunjungi. Akses transportasi yang mudah serta akomodasi yang terjangkau tentu bisa menjadi daya Tarik tersendiri bagi masyarakat khususnya generasi milenial. Namun, perlu diingatkan karena sebagian besar objek wisata di sana adalah wisata alam maka Sahabat disarankan untuk selalu menjaga kebersihan di sana. Jangan membuang sampah sembarangan terutama di tempat-tempat yang sulit dijangkau seperti di gunung. Selalu bawa kembali sampah Sahabat terutama sampah plastik yang sangat berbahaya bagi lingkungan.

Baca juga : Tempat Wisata di Yogyakarta yang Instagramable, Cocok untuk Berfoto


Tag

Travel

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Daftar Tempat Wisata Batam yang Terkenal & Wajib Dikunjungi

2023-06-30

Tempat wisata Batam akhir-akhir ini menjadi perbincangan di media sosial karena keeksotisannya. Sebab tidak sedikit masyarakat Indonesia yang menilai, Batam merupaka

thumbnail

Rekomendasi 20 Tempat Wisata di Malang Jawa Timur

2020-10-28

Dalam menjalani kehidupan sehari-hari, seseorang pastinya memerlukan waktu untuk melakukan liburan. Liburan memiliki fungsi yang beraneka ragam. Tentu saja fungsi utaman

thumbnail

5 Tempat Wisata Petik Apel Malang beserta Harga Tiket Masuk

2020-12-25

Wisata petik apel Malang adalah salah satu kegiatan wisata yang begitu terkenal di Malang. Kota yang terletak di Jawa Timur itu bahkan terkenal dengan sebutan Kota Apel

thumbnail

Ini Dia 5 Kota Besar yang Bisa Menjadi Tujuan Backpacker di Indonesia

2020-11-20

Menjadi backpacker berarti harus menyiapkan daya tahan fisik dan mental. Hal tersebut dikarenakan ketika menjadi backpacker berarti harus kuat berjalan kaki untuk menyusuri beberapa sudut di suatu