Logo Daihatsu

Tips Sahabat

Bagikan
Tanpa ke Bengkel, Ini Cara Memasang Amplifier ke Speaker Mobil
23 Maret 2021
cara memasang amplifier ke speaker

Mobil menjadi salah satu transportasi yang banyak diminati bagi sebagian orang yang ada di Indonesia. Demi kenyamanan, biasanya pemilik kendaraan roda empat ini akan memainkan alunan musik. 

Untuk itu, Anda harus menggunakan power amplifier yang berkualitas dengan instalasi tepat. Seperti apa cara memasang amplifier ke speaker mobil? Yuk simak ulasannya disini!

Alat yang Harus Dipersiapkan

Sebelum mulai memasang power audio ke speaker mobil, maka ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Jika memilih memasang amplifier di mobil dengan 4 channel, peralatan yang dipersiapkan yaitu 1 head unit, 2 buah speaker mid-bass, dan 1 unit power dengan 4 channel. Tak hanya itu saja, Anda juga harus menyiapkan set kabel RCA, kabel rem biru, dan subwoofer. 

Setelah itu, Anda bisa melanjutkan untuk memulai proses pemasangan sendiri. Caranya tidak terlalu rumit dan cukup mudah, bahkan bagi pemula bisa mempraktikkannya. 

Hanya saja, Anda harus teliti ketika membongkar dashboard dan merapikannya kembali seperti semula. Dengan begitu, Anda bisa melakukan pemasangan secara tepat, cepat, dan mudah. 

Baca Juga: Daftar 7 Merk Audio Mobil Terbaik

Tips Memasang Power Amplifier ke Speaker Mobil 4 Channel

Jika Anda ingin tahu cara memasang amplifier ke speaker kendaraan roda empat secara mandiri, maka ada hal lainnya yang harus diperhatikan selain peralatan yang digunakan. 

Salah satunya yaitu spesifikasi dari speaker yang Anda miliki. Misalnya saja, Anda memiliki audio yang memiliki daya output 2 x 50 watt stereo, maka speaker yang sesuai yaitu 4 ohm. 

Di sisi lain, jika power audio ada pada bridge mode, sebaiknya power amplifier yang dipilih memiliki output 200 watt. Anda bisa menggunakan power dengan output tunggal agar bekerja dengan baik. 

Jika sudah mengenal karakteristik dari speaker yang ada di mobil Anda, langkah berikutnya hanya tinggal memasangnya. Untuk melakukan pemasangan, Anda hanya perlu menghubungkan pada dus speaker untuk sisi kiri dan kanan. 

Setelah itu, pasang 2 subwoofer yang memiliki impedansi 2 ohm. Cara menghubungkan power audio 4 channel memang terlihat gampang untuk dilakukan. Namun, ada beberapa cara memasang amplifier ke speaker yang harus diperhatikan agar tidak salah. 

Yang pertama, Anda hanya perlu 2 channel sebagai speaker midbass pada mobil. Kemudian, 1 buah subwoofer dan tweeter untuk menambah suara bassnya. Anda perlu memperhatikan konfigurasi subwoofer yang tepat yaitu 2 ohm. 

Namun, Anda juga bisa menyesuaikan tergantung dengan kemampuan power amplifier yang digunakan. 

Hal tersebut dipengaruhi oleh spesifikasi yang speaker yang berbeda beda, sehingga hasil suaranya akan bergantung pada kualitasnya. Bagi Anda yang ingin memasangnya, Anda harus menghitung impedansi speaker dengan benar dan harus sesuai dengan daya. 

Misalnya saja dua buah speaker jika disambungkan secara seri, maka akan membuat hambatannya berbeda jika dibandingkan dengan paralel. 

Impedansi total yang cenderung besar atau kecil tentunya disesuaikan dengan hukum ohm. Bagi Anda yang ingin tahu cara memasang amplifier ke speaker mobil dengan daya output yang optimal, alangkah baiknya jika menghitungnya terlebih dahulu. Hal ini bisa menghindarkan Anda dari kesalahan pemasangan. 

Itulah beberapa informasi yang harus Anda tahu jika ingin memasang amplifier sendiri di mobil. Memang benar langkah langkahnya tidak terlalu sulit untuk dilakukan. 

Akan tetapi jika salah memasukkan input atau kurang teliti menghitung daya yang harus diberikan, maka bisa saja pemasangan jadi tidak berhasil. Sehingga, Anda harus membongkar dashboard dan merakitnya kembali. 

Baca Juga: Cara Menambah Watt Power Amplifier Mobil agar Audio Jadi Lebih Berkualitas

Tips Sahabat Lainnya
Di Tengah Isu Virus Corona, Daihatsu Tetap Luncurkan Ayla dan Sirion Terbaru
Di Tengah Isu Virus Corona, Daihatsu Tetap Luncurkan Ayla dan Sirion Terbaru
Tidak ada yang pernah mengira sebelumnya bahwa virus Corona ini akan berdampak pada banyak hal di dunia. Termasuk di Indonesia sendiri pada saat awal isu virus Corona di Wuhan, masyarakat Indonesia ma
30 Komponen Karburator Mobil Dan Fungsinya
30 Komponen Karburator Mobil Dan Fungsinya
Bagi Sahabat pengguna mobil tua, tentu tidak asing lagi dengan komponen karburator mobil. Karburator ini tidak akan kita temukan pada kendaraan keluaran terbaru. Karena mobil yang diproduksi baru-baru
Adab Bepergian, Membaca Doa Naik Kendaraan Darat
Adab Bepergian, Membaca Doa Naik Kendaraan Darat
Apa yang Sahabat lakukan ketika hendak bepergian? Banyak orang yang akan menjawabnya dengan jawaban membaca doa. Namun tahukah kamu, selain membaca doa perjalanan atau doa naik kendaraan darat, m
20 Rekomendasi Parfum Mobil Terbaik & Wangi Tahan Lama
20 Rekomendasi Parfum Mobil Terbaik & Wangi Tahan Lama
Selera wangi parfum mobil itu tergantung masing-masing individu. Cocok untuk orang lain belum tentu cocok untuk kita. Daripada bingung, di bawah ini ada 20 terbaik dengan berbagai rentang harga dan v

Booking Servis Melalui Aplikasi DaihatsuKu

Dapatkan penawaran menarik untuk layanan perawatan berkala pada kendaraan Anda

Logo PlaystoreLogo Appstore
Mockup Aplikasi DaihatsuKu
Semua Hak Dilindungi Undang-Undang@ Hak Cipta 2024 PT Astra Daihatsu Motor | Daihatsu Sahabatku