Logo Daihatsu
Menu

Tanpa Perlu ke Bengkel, Berikut Cara Membersihkan Kondensor AC Mobil Sendiri

Otomotif

2021-01-12

cara membersihkan kondensor ac mobil

Kendaraan roda empat pribadi tentunya sudah dilengkapi dengan air conditioner. Komponen tersebut berfungsi sebagai penyejuk udara di dalam kabin mobil dan menjaga suhu agar tetap stabil. Karena dipakai sering digunakan, perlu dibersihkan secara berkala. 

1. Membongkar Evaporator AC 

Langkah pertama yang harus dilakukan untuk membersihkan evaporator AC adalah memastikan kendaraan telah diparkir di tempat yang bersih dan tidak berdebu. 

Hal ini dikarenakan agar sirkulasi udara dari luar kabin mobil dapat masuk dengan baik ke dalam mobil. Selain itu, pastikan juga kondisi mobil dalam keadaan mesin mati. 

Setelah melakukan proses tersebut, maka Anda perlu menyiapkan peralatan pembersih yang dibutuhkan. Peralatan tersebut meliputi, brush, dan cairan khusus pembersih evaporator

Tidak hanya itu saja, Anda juga perlu mengetahui tata letak saluran masuk udara atau blower yang ada pada bagian glove box

Buka glove box (laci di sisi dashboard penumpang) dengan menggunakan obeng plus. Disana Anda akan melihat box filter yang berbentuk persegi panjang. Lalu ambil bagian filter AC di dalam kotak tersebut. Periksa kondisi bagian tersebut kemudian sikat secara menyeluruh.

Baca Juga: 4 Ciri-Ciri Bearing Kompresor Ac Mobil Rusak dan Harus Segera Diganti

2. Menggunakan Cairan Pembersih Khusus AC

Langkah selanjutnya yang dapat Anda persiapkan yaitu cairan khusus pembersih AC. Cairan tersebut banyak dijual di toko online atau di bengkel AC sehingga tidak sulit untuk mendapatkannya. Agar pembersihan lebih maksimal, lebih baik untuk memilih cairan dengan berbentuk spray dengan kandungan foam. 

Setelah itu, kocok kaleng spray lebih dahulu agar kandungan dalam cairannya tercampur dengan rata. Selanjutnya yang harus anda lakukan adalah menyisipkan kaleng spray mendekati blower AC kendaraan. Hal ini harus dilakukan Anda bisa menjangkau dan menyemprot dengan tepat. 

3. Menguras Debu dari Evaporator AC 

Jika sudah melakukan proses pembersihan menggunakan cairan khusus, maka selanjutnya kamu harus memastikan kondisi evaporator AC. 

Hal ini bertujuan agar sisa debu atau kotoran tidak menyumbat ventilasi AC. Untuk membersihkannya cukup mudah, pastikan selang ventilasi bebas dari sumbatan dengan cara menyikatnya. 

Jangan lupa untuk menghidupkan mesin dan memastikan apakah suhu AC di kabin terasa atau tidak. Apabila hembusan AC sudah kembali dingin dan normal, maka pembersihan AC berjalan dengan lancar. 

Setelah itu, Anda harus memasang kembali filter udara yang telah dibersihkan pada kotak glove box yang ada pada di sisi dashboard mobil. 

Memasang filter udara merupakan salah satu langkah akhir dari cara membersihkan kondensor AC mobil agar kembali bekerja sediakala. Pasang kembali glove box seperti cara semula lalu AC siap digunakan. 

Baca Juga: Seperti Apa Ciri Kompresor AC Mobil Rusak?


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Begini Cara Menyalakan Mobil Matic yang Benar

2021-09-30

Kebutuhan dalam dunia otomotif tampaknya mengalami perkembangan yang cukup pesat. Terbukti dari banyaknya keluaran terbaru untuk mobil atau pun motor. Jika dulu motor at

thumbnail

Cara Kerja Evaporator AC Mobil & Kenali Penyebab Kebocoran

2022-07-22

Evaporator merupakan sebuah komponen yang bekerja di sistem pendingin AC mobil. Umumnya, evaporator berada di katup ekspansi serta kompresor AC. Lantas, bagaimana cara kerja evaporator ini?P

thumbnail

Daihatsu Feroza: SUV Tangguh dengan Desain Body yang Gagah

2021-03-03

Daihatsu Feroza adalah mobil keluaran Daihatsu yang begitu ikonik dan melekat di ingatan masyarakat Indonesia, terutama tahun 1990-an. Jenis mobil jip tapi lebih ramah u

thumbnail

Masa Pakai Aki Mobil: Faktor dan Cara Memperpanjangnya

2023-10-30

Sebagai pemilik mobil sangat perlu mengetahui berapa lama masa pakai aki mobil. Seperti diketahui, aki merupakan komponen penting mobil yang berfungsi menyimpan dan