Logo Daihatsu
Menu

Tata Cara Liburan ke Luar Negeri yang Aman Bagi Pemula

Tips & Trick

2020-11-26

tata cara liburan ke luar negeri

Berlibur adalah salah satu aktivitas yang paling menyenangkan untuk dilakukan di waktu luang. Namun, persiapan liburan biasanya jadi hal yang justru paling merepotkan, terutama jika ingin melakukan perjalanan ke luar negeri. Jika baru pertama kali ke luar negeri, akan ada banyak persiapan yang perlu dilakukan agar bisa berangkat dengan aman.

Tata cara liburan ke luar negeri merupakan rangkaian persiapan penting yang tidak boleh terlewat saat akan berangkat ke luar negeri. Ada banyak negara yang bisa dikunjungi dan kebijakan pariwisatanya juga berbeda-beda. Karena itulah, mari pahami tata cara liburan ke luar negeri yang aman bagi pemula.

1. Mengurus Paspor

Sebagai tanda pengenal yang legal, setiap orang harus memiliki paspor saat mengunjungi negara lain. Hal ini berlaku bagi seluruh warga negara di dunia sebagai dokumen resmi yang menyatakan identitas diri. Paspor memiliki masa berlaku sehingga seseorang harus memastikan paspornya masih aktif saat akan berkunjung untuk liburan ke negara lain.

2. Cek Izin dari Negara Tujuan

Setiap negara memiliki kebijakan yang berbeda-beda terkait saat ada turis yang datang ke negaranya. Jika ingin berlibur ke negara di Asia Tenggara, prosedurnya akan lebih mudah karena tidak perlu mengurus visa. Namun, sahabat harus memastikan perizinan visa dan dokumen pelengkap perjalanan lain saat berkunjung ke negara lain di dunia.

3. Cari Tiket Perjalanan

Untuk berlibur ke luar negeri, tentu harus ada tiket transportasi yang dibeli. Tiket pesawat jadi salah satu pilihan transportasi paling nyaman dan cepat untuk digunakan sebagai moda transportasi liburan yang aman. Oleh karena itu, jumlah permintaannya juga banyak sehingga harga tiketnya relatif mahal, terutama saat peak season.

Ada beberapa alternatif yang praktis untuk wisatawan yang ingin menginap di antaranya ikut hunting tiket murah, beli dari online travel agent, atau ikut travel fair. Pastikan untuk mencari tiket perjalanan jauh-jauh hari agar harganya lebih terjangkau.

4. Pesan Penginapan

Saat berlibur ke negara lain, pendatang harus punya tempat untuk tinggal. Beberapa negara bahkan mensyaratkan para wisatawan untuk melampirkan bukti pemesanan penginapan saat mengajukan visa. Jadi, pastikan untuk memesan penginapan sebelum berangkat, ya.

5. Tukarkan Uang Tunai Sebelum Berangkat

Penukaran mata uang juga penting untuk dilakukan sebelum berangkat, terutama jika belum familier dengan situasi di negara tujuan. Jadi, sebaiknya sudah siapkan uang tunai sebelum berangkat dan simpan di beberapa tempat berbeda untuk menghindari kehilangan.

6. Siapkan WiFi Portabel

Alat komunikasi juga tak kalah penting saat sedang berlibur di luar negeri. Saat ini, asalkan punya koneksi internet, bisa dikatakan perjalanan liburan akan aman. Nah, cara paling praktis adalah memesan perangkat WiFi portabel sebelum berangkat. Jadi, nantinya tidak akan kesulitan untuk mencari koneksi internet di negara tujuan.

7. Pelajari Transporasi di Negara Tujuan

Saat berlibur ke luar negeri, besar kemungkinan bahwa seseorang akan menggunakan transportasi umum. Selain alur transportasi, biasanya hal yang penting untuk diperhatikan adalah cara pembayaran. Banyak negara yang mengharuskan penggunaan tiket atau kartu langganan untuk menggunakan tranportasi umum. Jadi, pastikan hal ini sudah dipelajari.

Baca juga: Tips Liburan Saat Pandemi yang Praktis dan Nyaman

Nah, itulah beberapa hal yang harus diperhatikan untuk melakukan perjalanan liburan ke luar negeri. Meskipun baru pergi liburan untuk pertama kali, perjalanan akan aman jika tata cara liburan ke luar negeri sudah disiapkan dengan baik.

Penulis: Rizkita Darajat


Tag

Tips & Trick

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Jangan Tergoda Tawaran Kerja Sebelum Pertimbangkan 5 Hal ini

2020-11-24

 Diera pasar bebas yang begitu ketat ini kita dihadapkan pada banyak kompetisi, terutama kompetisi dalam mencari kerja. Bukan hanya bersaing dengan para pelamar dar

thumbnail

Begini Cara Menyimpan Bumbu Halus di Kulkas serta Cara Menggunakannya

2021-02-04

Kulkas bisa menjadi tempat yang tepat untuk menyimpan bumbu halus. Suhu dingin pada kulkas bisa membantu bumbu halus untuk lebih tahan lama. Walau begitu, Sahabat tak bo

thumbnail

7 Contoh Pertanyaan Interview Online dan Cara Menjawabnya

2020-11-05

Seorang recruiter pernah mengatakan bahwa interview adalah proses saling mengenal antara karyawan dan perusahaan. Jadi, sesi obrolan sebaiknya dilakukan dengan jujur, tapi cukup sampaikan yang dita

thumbnail

4 Tanda Kamu Harus Mengganti Rem Mobil

2020-10-15

Udah pada tau belum nih waktu yang tepat untuk mengganti rem mobil kamu guys? Rem memang komponen utama yang sangat penting lho, karena ini juga menyangkut tentang kesel