Logo Daihatsu
Menu

Terkenal Kelezatannya, Berikut 13 Makanan Khas Tangerang Yang Wajib Dicicipi

Travel

2021-02-27

makanan khas tangerang

Berbicara soal kuliner, Tangerang menjadi salah satu kawasan kota besar yang memiliki hidangan khas. 

Ada banyak kuliner yang memiliki rasa unik dan lezat yang tak terlupakan, mulai  dari hidangan pembuka, kudapan manis, hingga makanan utamanya. 

Bagi Anda yang sedang berada di daerah ini, maka jangan sampai lewatkan 13 makanan khas Tangerang berikut ini!

1. Nasi Sumsum 

Nasi Sumsum menjadi salah satu kuliner khas Tangerang yang tidak boleh dilewatkan begitu saja. Apalagi bagi pecinta kuliner sumsum tulang, maka hidangan ini wajib ada di list makanan yang dicoba. 

Nasi ini berbahan dasar nasi putih, kemudian ditambah dengan sumsum yang berasal dari kerbau atau sapi. 

Untuk mengolahnya, makanan ini dimasak dengan proses yang cukup panjang. Nasi harus dimasak sampai matang, lalu dicampur dengan tambahan rempah rempah. 

Setelah itu, maka tambahkan sumsum daging yang dibungkus dengan daun pisang. Agar aromanya semakin wangi, maka proses selanjutnya nasi ini dibakar dengan menggunakan arang. 

2. Garang Asem 

Makanan selanjutnya yang wajib Anda coba yaitu Garang Asem. Makanan yang cocok disantap ketika cuaca panas ini memiliki cita rasa yang menyegarkan dari kuahnya karena rasa pedas dan ditambah asem. 

Arang asem menjadi makanan favorit yang ada di Tangerang karena kelezatan rasanya yang berasal dari gurihnya santan dan belimbing sayur. 

Bahan dasar yang digunakan untuk membuat salah satu kuliner dari 13 makanan khas Tangerang yaitu daging bebek dan daging ayam. 

Kemudian, daging ini akan dimasak dengan menggunakan daun pisang dan disiram dengan santan cair. Namun sebelumnya, santan cair tersebut diberi campuran bumbu. Lalu, garang asem dikukus hingga matang dan siap disajikan.

3. Sate Bebek

Kalau di daerah lain bebek diolah menjadi lauk atau hidangan berkuah, maka di Tangerang bebek diolah dengan sajian yang berbeda. Di sini, bebek disajikan sebagai menu sate yang menggugah selera. 

Bagaimana tidak, sebab bebek yang terkenal dengan dagingnya yang sedikit alot disajikan dengan cara khusus. Sehingga rasanya lebih lezat dan dagingnya lebih empuk. 

Sate bebek dibuat dengan beberapa proses. Yang pertama, daging bebek direndam terlebih dahulu sebelum melalui proses pembakaran. Setelah itu, daging bebek harus ditusuk menggunakan bambu khusus. 

Jika sudah, daging bebek tusuk tersebut dibakar setengah matang. Kemudian, dimasukkan lagi ke bumbu yang dicampur dengan kecap dan dibakar hingga matang. 

4. Sate Bandeng 

Selain sate bebek ada juga kuliner khas yang tidak bisa ditemukan di daerah lainnya yaitu Sate Bandeng. Kuliner ini menjadi makanan populer yang selalu diburu para wisatawan karena cita rasa yang khas dan menggugah selera. 

Bagaimana tidak, kuliner yang masuk dalam daftar 13 makanan khas Tangerang diolah dengan rempah rempah dan teknik memasak khusus. 

Sebelum diolah menjadi sate, duri ikan bandeng dibuang terlebih dahulu. Kemudian, bandeng tersebut dijepit dengan menggunakan bilah kayu atau bambu. 

Agar rempah rempahnya meresap, maka dimasukkan ke dalam kantung bandeng dengan bambu tersebut. Setelah itu, sate bandeng dipanggang sampai matang. 

5. Sayur Besan 

Kuliner khas Tangerang selanjutnya yaitu Sayur Besan. Seperti namanya, makanan ini juga memiliki cita rasa yang khas dan unik. Untuk mencicipi sajian berkuah ini Anda tak perlu khawatir kesusahan menemukannya. 

Sebab, Sayur Besan mudah didapat di warung warung yang ada di Tangerang. Dijamin, Anda akan ketagihan untuk menyantapnya. 

Pasalnya, sayur besan terbuat dari beberapa campuran bahan, seperti bunga tepu, santan, dan rempah rempah. 

Selain itu, ada juga bahan lainnya yang dicampurkan di dalam satu porsi makanan ini, misalnya saja kentang, kembang kol, dan soun. Sayur ini bisa dijadikan makanan pendamping atau dimakan langsung. 

6. Gecom 

Gejom juga menjadi makanan wajib yang ada di daftar makanan yang harus Anda coba ketika bertandang ke kota Tangerang. Makanan ini sangat unik dan tidak bisa ditemukan di daerah lainnya. 

Hidangan yang termasuk dalam salah satu 13 makanan khas Tangerang ini terbuat dari tauge dan oncom, lalu diberi campuran bumbu rempah rempah pilihan yang lezat. 

Dalam satu porsi Gecom biasanya disajikan dengan kecap khas Tangerang. Proses pengolahannya pun cukup unik karena menggunakan wajan datar dan serok. Alat tersebut digunakan untuk meracik mie dan toge. 

Setelah itu, racikan mie dan tauge disiram dengan menggunakan saus yang terbuat dari oncom, rempah rempah, dan kecap khas Tangerang. 

7. Laksa Tangerang

Bagi Anda pecinta kuliner mie, maka bisa langsung mencicipi kuliner Laksa Tangerang. Makanan sepinggan ini terbuat dari tepung beras yang dibentuk menjadi mie. Sehingga, teksturnya agak sedikit lebih kasar. 

Untuk penyajiannya, Laksa Tangerang diberi tambahan pelengkap seperti telur ayam, kuah bumbu kuning, daging ayam, dan taburan daun kucai. 

Baca juga: 5 Restoran di Jakarta Selatan yang Jadi Tempat Tongkrongan Anak Hits

8. Pindang Bandeng 

Selain Sate Bandeng ada lagi sajian dari bahan dasar ikan Bandeng yaitu Pindang Bandeng. Meskipun memiliki duri yang banyak, namun kuliner ini diolah sedemikian rupa hingga menyajikan daging yang gurih dan lembut. 

PIndang bandeng dimasak dengan menggunakan bumbu bawang merah, bawang putih, cabai, jahe, daun salam, dan kunyit. Tak heran jika rasanya menggugah selera. 

9. Ceplis 

Bagi Anda yang jalan jalan ke Tangerang dan ingin membawa buah tangan, maka bisa memilih Ceplis. Cemilan yang termasuk dalam 13 makanan khas Tangerang ini memiliki rasa manis dan gurih. 

Bahan dasar pembuatannya yaitu melinjo, sehingga rasa yang dihasilkan cukup khas. Anda bisa dengan mudah menemukan cemilan ini di pusat oleh oleh yang ada di Tangerang. 

10. Pecak Gabus

Sesuai dengan namanya, makanan ini terbuat dari ikan gabus sebagai bahan utamanya. Karena alasan tersebut, Pecak Gabus selalu menjadi favorit banyak orang untuk disantap. 

Rasanya yang pedas dan gurih membuat siapa saja ketagihan. Apalagi jika makanan ini disantap ketika makan siang bersama dengan nasi dan lalapan. 

11. Kue Gipang 

Jika Anda ingin mencicipi cemilan manis, Kue Gipang bisa dipilih. Memiliki rasa manis dan tekstur renyah, kue satu ini menjadi jajanan yang selalu diburu para wisatawan.

Rasa manis Kue Gipang berasal dari air gula yang dicampur dengan ketan. Meskipun terbuat dari bahan sederhana, rasanya sangat menggoda selera. 

12. Ketan Bintul 

Selain Kue Gipang, ada lagi jajanan tradisional Tangerang yang terbuat dari ketan. Kuliner ini bernama Kental Bintul. Jajanan ini biasanya disajikan di atas daun pisang, kemudian diberi kelapa parut. 

Bagi Anda yang ingin menyantap Ketan Bintul, maka bisa membelinya di pasar tradisional atau pedagang yang ada di pinggir jalan. 

13. Kue Jorong 

Bagi pecinta jajanan tradisional, kuliner yang masuk dalam daftar 13 makanan khas Tangerang ini tentu akan membuat ketagihan.  Kue ini memiliki rasa yang manis karena penyajiannya disiram dengan gula merah cair. 

Uniknya lagi, Kue Jorong dicetak menggunakan daun pisang. Sehingga, menghasilkan aroma lebih khas jika disantap.   

Itulah beberapa rekomendasi kuliner khas Tangerang yang tidak boleh dilewatkan begitu saja. Selagi mengunjungi tempat wisata yang ada di kota tersebut, tidak ada salahnya juga mencicipi kuliner khasnya. 

Baca juga: 6 Destinasi Wisata Alam di Tangerang yang Bikin Rileks


Tag

Travel

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

7 Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Ingin Solo Traveling

2020-10-28

Melakukan perjalanan ke tempat-tempat baru pasti sangat menyenangkan. Selain mendapat pengalaman baru, kamu juga refreshing atas kepenatan dunia kerja dan rutinitas seha

thumbnail

Kenapa Harus Coba Wisata di Selandia Baru? Ini Sederet Alasannya!

2021-05-31

Kalau Sahabat tertarik piknik ke luar negeri, Selandia Baru mungkin bisa menjadi pilihan. Negara tersebut memang bukan negara yang mainstream untuk dijadikan tempat wisa

thumbnail

Tips Irit Bensin Xenia Saat Traveling

2021-12-22

Bepergian traveling bersama orang terdekat dengan kendaraan pribadi, memang sangat menyenangkan. Namun, jika tidak irit bensin, kantong bisa bolong. Oleh karena itu, kam

thumbnail

15 Makanan Khas Sumatera Barat yang Dijamin Lamak Bana

2021-01-31

Salah satu hidangan khas Indonesia yang dinyatakan sebagai makanan terenak di dunia yaitu rendang. Masakan dengan rasa rempah yang begitu kuat satu ini berasal dari daer