Logo Daihatsu
Menu

Tilang Uji Emisi Sudah Ditiadakan, Ini Informasi Lengkapnya!

Otomotif

2024-01-31

Tilang Uji Emisi Sudah Ditiadakan, Ini Informasi Lengkapnya!

Tahukah Anda bahwa tilang uji emisi saat ini sudah ditiadakan? Lalu kapan kebijakan tersebut ditiadakan? Agar tidak penasaran, yuk perhatikan informasi berikut ini.

Benarkah Tilang Uji Emisi Sudah Ditiadakan?

Tilang uji emisi kendaraan beberapa bulan yang lalu sempat menjadi perbincangan yang heboh di Indonesia. Pasalnya kendaraan yang tidak lolos uji emisi dan beroperasi di jalanan akan dikenakan sanksi tilang. Tidak tanggung-tanggung pelanggar akan dikenakan denda sebesar Rp250.000 untuk pengendara sepeda motor atau roda dua, dan denda sebesar Rp500.000 untuk pengendara roda empat. Besaran nominal denda tersebut sesuai dengan Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 mengenai Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Pasal 285 ayat 1 dan ayat 2 serta Pasal 286. 

Saat ini tilang untuk kendaraan yang tidak lolos uji emisi kembali ditiadakan. Kebijakan ini memang sempat ditiadakan pada bulan Oktober 2023. Namun kembali diselenggarakan pada 1 November 2023. Lantas mulai kapan tilang uji emisi kendaraan kembali ditiadakan? 

Tilang uji emisi kembali ditiadakan pada hari tanggal 2 November 2023. Hal tersebut di konfirmasi langsung oleh Dirlantas Polda Metro Jaya, yakni Kombes Pol Latif Usman. Ditiadakannya kembali tilang uji emisi kendaraan bukan tanpa alasan. Menurut riset Dirlantas Polda Metro Jaya, tilang tersebut dinilai kurang efisien. Bahkan dinilai membebani masyarakat sehingga dapat berimbas menimbulkan stigma negatif pada kebijakan tersebut. 

Uji emisi kendaraan memang dinilai pihak Kepolisian serta Pemerintahan, merupakan langkah yang tepat dalam mengatasi kemacetan dan pengurangan polusi udara. Namun, jika diadakan sanksi tilang pada kebijakan tersebut, masyarakat dinilai belum siap. Meski tilang tersebut sudah ditiadakan, pihak Dirlantas Polda Metro Jaya tetap memberikan sosialisasi mengenai pentingnya melakukan uji emisi kendaraan. 

Manfaat Uji Emisi Kendaraan 

Ada beberapa manfaat melakukan uji emisi kendaraan yang perlu Anda ketahui. Berikut manfaat selengkapnya. 

1. Mencegah kerusakan kendaraan

Uji emisi kendaraan dapat memberikan manfaat yang besar bagi kendaraan. Sebab dapat mencegah kerusakan kendaraan. Hal tersebut terjadi dikarenakan saat melakukan uji emisi, pemilik kendaraan perlu melakukan perawatan mesin kendaraan terlebih dahulu. Dengan begitu, pemilik kendaraan dapat mengganti komponen-komponen yang dirasa sudah mulai aus.

2. Mengurangi polusi udara

Selanjutnya, uji emisi dapat mengurangi polusi udara. Seperti diketahui kendaraan konvensional seperti sepeda motor atau mobil menghasilkan emisi gas buang. Di dalam emisi tersebut terkandung zat-zat polutan seperti nitrogen oksida (Nox), hidrokarbon (HC), ataupun karbon monoksida. Apabila kandungan zat tersebut tidak sesuai dengan standar emisi maka dapat menimbulkan pencemaran udara. 

3. Kesehatan masyarakat terlindungi

Dengan melakukan uji emisi, artinya Anda membuat emisi gas buang kendaraan Anda sesuai standar. Dengan begitu, polusi udara dapat dikurangi sehingga masyarakat terhindar dari penyakit pernapasan, masalah kardiovaskular, hingga alergi. Sebab, udara di sekitar menjadi lebih sehat.

4. Melindungi lingkungan sekitar

Uji emisi kendaraan tidak hanya meningkatkan daya kesehatan masyarakat, namun juga dapat meningkatkan kesehatan lingkungan. Emisi gas buang yang sesuai standar dapat mencegah proses global warming, dan menyehatkan udara sehingga udara yang dihasilkan lebih bersih dan berkualitas.

5. Efisiensi bahan bakar

Rutin melakukan uji emisi kendaraan, juga berpengaruh terhadap efisiensi konsumsi bahan bakar. Tidak hanya itu, rutin melakukan uji emisi juga dapat meningkatkan kinerja dan memperpanjang usia mesin. 

Demikian manfaat melakukan uji emisi kendaraan. Apakah Anda tetap melakukan uji emisi meski tilang sudah ditiadakan? Jika masih, pastikan Anda melakukan pengujian emisi di bengkel resmi Daihatsu terdekat.


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Apa Saja Perbedaan Premium, Pertalite dan Pertamax?

2022-09-08

Di Indonesia terdapat beberapa bahan bakar yang bisa digunakan untuk kendaraan bermotor. Bahan bakar tersebut meliputi pertalite, premium, hingga pertamax. Ketiga bahan bakar tersebut memiliki kara

thumbnail

Inilah Alat untuk Mengukur Berat Jenis Accu, Cek di Sini!

2023-05-22

Untuk mengukur berat jenis accu dipergunakan alat apa? Pasti pertanyaan tersebut pernah terbesit di benak Anda. Yuk ketahui lebih jauh lagi, apa nama alat tersebut d

thumbnail

Fuel Tank Mobil: Fungsi, Komponen dan Cara Merawatnya

2023-10-30

Fuel tank mobil merupakan salah satu komponen terpenting mobil yang berperan penting terhadap operasional mobil. Bisa dibilang komponen ini memiliki fungsi yang cuku

thumbnail

Mengenal Kopling Mobil, Cara Kerja hingga Perawatannya

2020-12-03

Kopling mobil adalah salah satu bagian penting dalam mobil. Apalagi, jika mobil Sahabat memakai transmisi manual. Fungsi kopling sendiri adalah untuk menghubungkan antara poros engkol dengan gigi t