Logo Daihatsu

Tips Sahabat

Bagikan
Tips Aman Mengganti Kaca Film Bagian Defogger
20 Januari 2022
Ganti Kaca Film Bagian Defogger

Kaca film pada mobil penting untuk menghindari paparan panas matahari dan silau cahayanya. Cara ganti kaca film bagian defogger harus berhati-hati agar tidak rusak.

Silau sinar matahari sangat mengganggu kemampuan pengendara ketika menyetir mobil. Oleh karena itu, perlu pemasangan kaca film. Anda dapat menyesuaikan jenis dan tingkat gelap kaca film sesuai dengan kebutuhan.

Cara Ganti Kaca Film Bagian Defogger yang Aman

Agar dapat mengendarai mobil dengan aman, bukan hanya perlu performa mesin yang handal. Namun juga dibutuhkan kaca film, agar membuat berkendara semakin nyaman, karena melindungi dari silau matahari. Kaca film dengan defogger bisa menjadi solusi. 

Defogger adalah sistem yang berfungsi untuk menghilangkan kondensasi atau munculnya embun. Hal ini dapat terjadi saat berkendara dalam kondisi hujan dan tanpa menggunakan AC.

Selain itu, embun juga bisa timbul jika suhu luar lebih dingin jika dibanding dalam mobil. Kondensasi sangat menghalangi pandangan ke luar. Defogger dapat membersihkan embun, sehingga penumpang bebas melihat ke luar kendaraan.

Cara Ganti Kaca Film Bagian Defogger

Untuk penggantian kaca film sebenarnya sangat mudah. Ketika sudah muncul baret, kusam dan gelembung, maka sebaiknya segera lakukan penggantian. Kondisi ini tidak hanya mengganggu estetika tetapi juga pandangan ke luar.

Penggantian kaca film bagian depan dan samping cukup menggunakan cutter untuk merobek bagian ujungnya, kemudian menariknya perlahan. Dengan demikian kaca film sudah bisa terlepas.

Sedangkan bagian lem yang tersisa bisa dibersihkan dengan menyemprotkan air sabun ke kaca. Agar perekat mudah lepas, diamkan beberapa saat. Baru selanjutnya dilap menggunakan bahan berserat lembut.

Defogger terdapat pada kaca film bagian belakang. Bahannya sangat mudah rusak, sehingga saat melepas kaca film harus ekstra hati-hati. Penggunaan cutter yang salah malah bisa merusaknya. 

Jika elemen defogger putus, maka tidak dapat berfungsi kembali. Proses pergantiannya tentu membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Oleh karena itu, saat melepas kaca film harus dengan teliti. Langkah yang bisa dilakukan adalah sebagai berikut : 

  • Gunakan heat gun
  • Panaskan semua bagian kaca film dengan hati-hati
  • Tujuannya adalah agar lem tidak lengket pada kaca film lagi
  • Cek bagian ujung, apakah ada bagian yang sudah terkelupas
  • Jika ada tarik secara perlahan-lahan. Apabila ada bagian yang masih lengket, panaskan kembali dengan hati-hati
  • Lepaskan sampai semua bagian kaca film terlepas.
  • Proses melepaskan kaca film lakukan dengan cara menyamping
  • Jika masih ada sisa lem, semprot dengan air sabun
  • Biarkan kira-kira 2-3 menit
  • Lap secara perlahan-lahan
  • Pastikan menggunakan bahan yang mempunyai serat lembut sehingga tidak menimbulkan goresan

Proses melepas kaca film bagian belakang yang terdapat defogger harus ekstra hati-hati. Tujuannya adalah agar bagian ini tidak ikut rusak, apalagi sampai putus. 

Proses penggantian kaca film merupakan tindakan yang rentan merusak defogger. Hal yang membuat pelepasan bagian ini terkadang sulit adalah produsen menggunakan perekat yang ekstra kuat.

Defogger sendiri ada dua jenis, yaitu dari kawat tembaga dan kabel tipis. Cara pemasangan keduanya dengan menanam pada kaca. Lem yang terlalu kuat membuatnya susah untuk terlepas dan jika dipaksa bisa putus. 

Pemilik Daihatsu, Ganti Kaca Film Defogger di Service Center Daihatsu

Seperti pada mobil lain, kendaraan Daihatsu juga dilengkapi dengan defogger. Kaca film bawaan dari merek ini sebenarnya sudah bagus untuk perjalanan baik siang maupun malam. 

Penggantian sering dilakukan karena sudah mulai rusak atau pengguna menginginkan jenis dan warna yang berbeda dari bawaan pabrik. Umur pakai kaca film Daihatsu juga cukup panjang sehingga hemat biaya.
Baca Juga: 5 Cara Menghilangkan Bekas Stiker Pada Kaca Mobil

Bagi pemilik kendaraan terpercaya Daihatsu tidak perlu khawatir karena dapat ganti kaca film bagian defogger di service center ternama. Mobil berkualitas, harga pantas, pergantian spare part dan aksesorisnya pun gampang. 

Tips Sahabat Lainnya
Cara Membuat Peredam Suara Mobil Sendiri
Cara Membuat Peredam Suara Mobil Sendiri
Kabin yang senyap merupakan salah satu kebutuhan penting bagi para pemilik mobil untuk bisa mendengarkan audio berkualitas. Namun sayangnya, tidak semua mobil memiliki kabin yang senyap. Hanya mobil y
Engine Mounting Komponen Penting Mesin Mobil
Engine Mounting Komponen Penting Mesin Mobil
Tahukah Sahabat bahwa tatkala mesin mobil dihidupkan maka akan timbul getaran yang cukup tinggi pada setiap komponen mesin. Apabila getaran yang cukup tinggi ini masuk hingga ke bodi mobil, dipastikan
Arti Dari Kode Ukuran Ban Mobil
Arti Dari Kode Ukuran Ban Mobil
Untuk dapat memilih ban bagi kendaraan otomotif seperti mobil, hal pertama yang harus dipahami adalah spesifikasi dari ban tersebut. Spesifikasi dari ban sebenarnya dapat dipahami apabila seseorang ma
Air Radiator Mobil yang Bagus
Air Radiator Mobil yang Bagus
Memilih air radiator untuk mesin mobil yang bagus sangat penting untuk menjaga suhu mesin mobil agar tetap ideal. Penggunaan air radiator mobil yang tidak tepat dapat berimbas kepada mesin mobil yang

Booking Servis Melalui Aplikasi DaihatsuKu

Dapatkan penawaran menarik untuk layanan perawatan berkala pada kendaraan Anda

Logo PlaystoreLogo Appstore
Mockup Aplikasi DaihatsuKu
Semua Hak Dilindungi Undang-Undang@ Hak Cipta 2024 PT Astra Daihatsu Motor | Daihatsu Sahabatku