Logo Daihatsu
Menu

Tips Memilih Buah Naga yang Baik Agar Tidak Salah Pilih

Tips & Trick

2021-04-19

memilih buah naga

Memilih buah naga memang susah-susah gampang. Perlu trik khusus agar tidak salah dalam memilih buah naga. Jangan khawatir, di artikel ini kami akan kasih tips bagaimana memilih buah naga yang baik. Semua tips itu bisa disimak sebagai berikut!

Periksalah Bagian Kulit Luarnya

Tips pertama yang mesti dilakukan adalah dengan memeriksa bagian kulit luarnya. Pastikan apakah kulitnya pink merah, serta tekstur kulitnya mulus. Pastikan pula apakah warna buahnya merata di semua sisi buah naga ataupun tidak. Buah naga yang bagus dan manis biasanya punya warna pink merah yang merata di setiap bagian kulitnya.

Tekanlah Bagian Batang Buahnya

Selain kulit buah, bagian batangnya pun juga mesti diperhatikan. Caranya, dengan menekan bagian batang tersebut. Pastikan apakah batang buahnya empuk atau tidak. Buah naga yang bagus dan matang biasanya punya batang yang empuk.

Periksa Pula Bagian Kelopak Pada Buah Naga

Salah satu ciri khas buah naga adalah adanya bagian kelopak pada kulit buahnya. Buah naga yang bagus biasanya punya kelopak berwarna merah, serta memiliki sedikit warna kecoklatan. Bila Sahabat menemukan warna kelopak semacam itu, maka Sahabat layak membeli buah naga tersebut.

Ciumlah Aroma Buah Pada Buah Naga

Cara selanjutnya yang bisa dilakukan adalah mencium aroma pada buah naga. Bila tercium aroma yang ringan dan segar, maka bisa dipastikan kalau buah naga tersebut dalam kondisi matang dan bagus. Kalau aromanya agak berat atau bahkan tidak ada aroma, maka bisa dipastikan kalau buah naga itu terlalu matang atau bahkan masih mentah.

Tekanlah Bagian Kulit Buah Naga

Cara yang satu ini lazimnya dilakukan saat hendak membeli buah mangga atau alpukat. Namun, cara ini rupanya juga bisa dipakai untuk memilih buah naga. Cara ini bisa membantu menemukan mana buah naga yang sudah matang atau belum.

Jika buahnya terasa agak lembek, maka bisa dipastikan kalau itu adalah buah naga yang sudah matang. Kalau buahnya terlalu lembek dan bahkan keras, bisa dipastikan kalau buah naga tersebut terlalu matang atau masih mentah.

Periksalah Bagian Daun Pada Buah Naga

Tak hanya kelopak, buah naga juga biasanya punya sisa daun yang menempel pada kulit buahnya. Jika Sahabat menemukannya, Sahabat bisa langsung mengecek daun tersebut.

Bila daunnya berwarna kecoklatan, jangan membeli buah naga tersebut. Pasalnya, hal itu menandakan buahnya tidak punya kualitas baik. Buah semacam itu biasanya tidak bertumbuh secara baik.

Sementara itu, bila daunnya berwarna kecerahan, maka buah naga tersebut adalah buah dengan kualitas terbaik. Jangan ragu untuk memilih buah naga semacam itu, bila nanti Sahabat menemukannya.

Lihatlah Tingkat Kebersihan Buahnya

Tips terakhir yang bisa Sahabat lakukan adalah dengan memperhatikan tingkat kebersihan buahnya. Kalau buahnya bersih dari noda dan debu, maka bisa dipastikan kalau itu adalah buah naga yang bagus.

Perhatikan pula apakah bagian permukaannya terdapat lubang atau bekas sayatan. Bila ada, maka sebaiknya Sahabat jangan membeli buah naga tersebut. Buah naga dengan lubang atau bekas sayatan sangat rentan terkena bakteri. Hal itu tentu saja mengurangi rasa dan kualitas dari buah naga itu sendiri.

Demikianlah tips yang bisa Sahabat terapkan saat hendak memilih buah naga. Semoga tips kami bisa membuat Sahabat mendapatkan buah naga dengan kualitas yang bagus.

Penulis : Anggie Warsito


Tag

Tips & Trick

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

7 Tips Bergaul dengan Orang Kaya Agar Bisa Ikut Sukses

2020-12-15

Saat bergaul dengan orang kaya, tidak sedikit orang yang secara tidak sadar merasa rendah diri. Jika strata sosial dan ekonomi orang lebih tinggi, sepertinya wajar jika

thumbnail

Mengenang Sejarah Kerajaan Kediri, Awal Berdiri Hingga Runtuh

2021-03-31

Mengenal sejarah berbagai kerajaan di Nusantara pasti tidak asing dengan sejarah Kerajaan Kediri. Kerajaan yang pernah menjadi salah satu kerajaan besar ini mampu menjan

thumbnail

Biar Tetap Fokus Saat Lembur, Coba Lakukan Trik ini

2020-11-24

Pekerjaan yang menumpuk dan dikejar deadline memang hal yang tak asing lagi bagi para pekerja kantoran. Mau tak mau kita harus tetap bertahan di kantor hingga larut mala

thumbnail

Ban Tubeless Jauh Lebih Baik Dibanding Ban Biasa?

2021-03-13

Salah satu komponen yang paling penting dalam sebuah kendaraan adalah ban. Apalagi fungsi utamanya sangat krusial mengingat ban sangat berkaitan langsung dengan gerak la