Logo Daihatsu
EN | ID

Tips Sahabat

Bagikan
Tips Mengganti Velg Mobil Tanpa Merusak Suspensi
26 Juni 2022
Ganti Velg Mobil Tanpa Merusak Suspensi

Ganti velg mobil saat ini memang sudah umum dilakukan. Biasanya proses ini dilakukan oleh para penggemar modifikasi mobil. Velg biasanya diganti menggunakan ukuran yang lebih besar dari sebelumnya. Contohnya velg cincin 16 diganti menggunakan velg cincin 18. 

Pores Ganti Velg Mobil Tanpa Merusak Suspensi

Pada saat proses mengganti velg, Anda juga perlu mengganti ban dengan diameter yang lebih besar. Proses ganti velg mobil ini tentunya tidak boleh sembarangan. Perhatikan tips ganti velg mobil tanpa merusak suspensi agar tetap aman dan nyaman saat digunakan.

Menyesuaikan ukuran velg

Saat Anda memilih ukuran velg, maka harus disesuaikan dengan ukuran standar. Hal ini dilakukan supaya cocok dengan bodi mobil dan terlihat simpel jika sudah dipasang. Tips ini berlaku untuk semua jenis mobil. Supaya mobil tetap nyaman digunakan cukup menambahkan ukuran velg 2-3 inci. Misalnya jika ukuran velg mobil 15-16 inci, bisa ditambah menjadi 17 atau maksimal 18 inci. Apabila ukurannya melebihi itu, mobil tidak akan nyaman ketika dikendarai.

Mengenali material velg

Material yang biasa digunakan untuk membuat velg secara umum adalah jenis logam ringan. Material tersebut seperti baja billet, paduan logam, dan magnesium. Dari bahan-bahan tersebut, sebagian besar memiliki bobot yang lebih ringan dibandingkan velg yang terbuat dari baja. Jika Anda menggunakan velg yang lebih ringan, keuntungannya dapat mengurangi bobot mobil secara keseluruhan. Tentunya hal tersebut juga tidak mengabaikan daya tahan velg. Apabila keseluruhan bobot mobil berkurang, maka akan mempengaruhi kerja mesin. Mesin tidak akan terlalu berat untuk memutar roda dan menggerakkan sistem pengereman.

Memilih profil ban yang tepat

Memilih ban yang tepat saat mengganti velg akan mempengaruhi kenyamanan dan keamanan berkendara. Ban dengan profil yang terlalu tipis berpotensi merusak bibir velg jika menghantam lubang. Tidak hanya itu, profil ban yang tipis akan membuat sistem peredaman terasa keras. Selain tipis, dimensi tapak ban yang terlalu lebar akan mengganggu handling mobil. Oleh karena itu, Anda juga harus memilih profil ban yang tepat saat proses ganti velg mobil.

Mengecek offset (ET) bawaan velg

Offset atau ET adalah dimensi jarak antara bagian tengah dengan bagian terluar velg. Ukuran offset akan menentukan pemasangan velg yang aman dan indah dari segi estetika. Jika offset yang digunakan tidak cocok, maka akan terlihat terlalu menjorok ke dalam atau ke luar ruang roda. Tentunya hal ini membuat nilai estetika dari mobil menjadi berkurang. Tidak hanya itu, hal tersebut akan berpengaruh pada keamanan berkendara karena rentan bergesekan dengan komponen lain.

Menggunakan PCD yang sesuai dengan bawaan mobil

PCD adalah singkatan dari Pitch Center Diameter merupakan layout dan ukuran baut roda. Apabila PCD mobil 4 x 100 artinya, mobil milik Anda menggunakan konstruksi baut roda sebanyak empat buah dan jarak antar baut adalah 100 mm. Beberapa ukuran PCD yang biasa diaplikasikan pada mobil antara lain, 4 x 100, 4 x 114, 5 x 100, dan 6 x 139,7 mm. Apabila sudah mengetahui PCD yang digunakan, maka Anda tidak disarankan untuk mengubah PCD bawaan dari mobil. 

Setelah mengetahui tips ganti velg mobil tanpa merusak suspensi, tentu Anda juga perlu mempercayakan proses ganti velg mobil Anda pada yang ahli. Pemasangan yang dilakukan oleh seorang ahli akan menghasilkan velg mobil yang nyaman, aman, dan tentunya estetik. tips di atas dapat dipraktikkan untuk semua produk mobil, tak terkecuali mobil Daihatsu.

Tips Sahabat Lainnya
Perbedaan Mesin Diesel dan Mesin Bensin
Perbedaan Mesin Diesel dan Mesin Bensin
Zaman terus bergulir dan perkembangan di dunia otomotif terus melaju. Beberapa dekade ke depan, perdebatan antara perbedaan mesin diesel dan mesin bensin akan dikalahkan dengan tren baru yang akan mun
Penyebab Rusaknya Power Steering Mobil
Penyebab Rusaknya Power Steering Mobil
Bagi pecinta mobil tentu tak asing dengan istilah power steering. Power steering yang notabene merupakan teknologi yang sudah diaplikasikan di mobil terbaru memiliki segudang manfaat. Ada banyak sekal
AC Mobil Serta Cara Kerjanya
AC Mobil Serta Cara Kerjanya
AC Mobil yang menjadi solusi saat berada di cuaca di Ibu Kota yang sangat terik. Indonesia merupakan negara tropis dengan suhu udara yang cukup panas terlebih saat musim kemarau tiba. Di saat seperti
Engine Mounting Komponen Penting Mesin Mobil
Engine Mounting Komponen Penting Mesin Mobil
Tahukah Sahabat bahwa tatkala mesin mobil dihidupkan maka akan timbul getaran yang cukup tinggi pada setiap komponen mesin. Apabila getaran yang cukup tinggi ini masuk hingga ke bodi mobil, dipastikan

Booking Servis Melalui Aplikasi DaihatsuKu

Dapatkan penawaran menarik untuk layanan perawatan berkala pada kendaraan Anda

Logo PlaystoreLogo Appstore
Mockup Aplikasi DaihatsuKu
Semua Hak Dilindungi Undang-Undang@ Hak Cipta 2024 PT Astra Daihatsu Motor