Logo Daihatsu

Tips Sahabat

Bagikan
Tips Menjaga Tabung Reservoir Radiator Tetap Awet
29 Juni 2022
Menjaga Tabung Reservoir Radiator Tetap Awet

Ada begitu banyak komponen dalam kendaraan yang perlu untuk diperhatikan agar perjalanan Anda senantiasa menyenangkan. Salah satunya adalah keadaan reservoir radiator yang biasanya bertugas sebagai pemelihara mesin.

Menjaga tabung reservoir radiator tetap awet merupakan tugas yang cukup mudah sebenarnya. Anda hanya perlu untuk memastikan bahwa air yang terkandung di dalamnya senantiasa dibatas aman. Tapi adakah tips lain untuk menjaga performa reservoir radiator kendaraan kesayangan Anda tetap prima? Simak terus artikel ini hingga selesai ya!

Tips Menjaga Tabung Reservoir Radiator Tetap Awet

Tabung reservoir radiator merupakan salah satu rangkaian penting dalam sebuah kendaraan. Ia menjadi penting karena ditugaskan sebagai agen pendingin supaya mesin tidak mudah overheat.

Memangnya apa yang salah jika mesin mengalami overheat? Tentunya ini akan menjadi berbahaya. Ketika mesin terlalu panas, maka blok silinder dalam kendaraan Anda akan mengalami perubahan bentuk yang mana akan membuat mesin rusak dan akhirnya mobil tidak bisa menyala.

Adapun biaya untuk mengganti mesin motor atau mobil tidaklah murah. Anda perlu merogoh kocek dalam-dalam untuk kembali memastikan kendaraan kesayangan Anda pulih.

Jadi daripada mengeluarkan ongkos pengganti yang tidak sedikit, maka lebih baik untuk lebih perhatian pada kondisi tabung reservoir radiator bukan?

Lalu apa saja langkah yang bisa dilakukan untuk menjaga tabung reservoir radiator agar tetap dalam kondisi baik dan siap untuk digunakan berkendara? Berikut penjelasannya:

Servis Secara Berkala

Memang benar bahwa saat Anda memutuskan membeli kendaraan bermotor, maka sudah harus siap dengan segala pengecekan rutin. Mulai dari mesin hingga surat-menyuratnya.

Lebih lanjut, untuk menjaga agar mesin kendaraan tetap baik, maka Anda perlu memeriksanya setiap beberapa periode sekali, entah secara mandiri maupun membawanya ke bengkel.

Adapun indikator yang menyatakan bahwa tabung reservoir radiator sudah waktunya untuk diservis adalah saat telah menyentuh batas jarak tempuhnya.

Biasanya batas jarak tempuh amannya adalah setiap 20.000 KM, maka sudah saatnya bagi Anda untuk membawanya ke tukang bengkel atau ke dealer terdekat untuk mengganti atau sekadar menyervisnya.

Indikator lain adalah saat Anda mulai melihat kepulan asap yang keluar dari mesin. Maka sudah waktunya Anda untuk membawanya ke ahlinya. Dan masih banyak indikator lainnya yang tidak akan kami bahas di artikel ini.

Setia Menggunakan Coolant Pabrikan

Jangan sekali-kali melakukan eksperimen aneh jika Anda ingin menjaga agar tabung reservoir radiator tetap bagus. Apalagi mengikuti kabar angin yang tidak berdasar.

Misalnya pernah ada tips yang mengatakan bahwa Anda bisa mengganti air radiator dengan air campuran bodrex. Itu tidaklah benar dan sangat tidak dianjurkan untuk diikuti.

Menggunakan air sulingan saja sangat tidak disarankan kecuali saat kondisi genting, apatah lagi menggunakan air kran yang dicampur dengan obat pereda nyeri kepala?

Adapun mengapa harus setia menggunakan coolant pabrikan? Karena supaya cairan tidak saling bercampur jika Anda memutuskan untuk menuangkan coolant ke dalam tabung reservoir radiator dengan merek lain.

Selain itu, coolant dibuat dengan teknologi khusus yang diracik dengan campuran bahan kimia yang memiliki sifat membersihkan mesin. Jadi itulah mengapa sangat dianjurkan untuk secara rutin mengisi tabung reservoir radiator dengan coolant.

Jangan Biarkan Kosong

Mudahnya, Anda diwajibkan untuk mengecek semua bagian kendaraan dalam keadaan baik. Misalnya dengan memastikan kandungan air dalam tabung reservoir radiator dalam batas normal atau secara teknisnya ketinggian air sejajar dengan garis upper.

Jika tabung dibiarkan kosong, maka tabung bisa mengalami keretakan. Selain itu, mesin menjadi lebih cepat panas dan berakibat fatal yakni mesin yang tiba-tiba melengkung.

Baca Juga: Penyebab Oli Mesin Bisa Tercampur Dengan Air Radiator

Itulah tadi beberapa tips untuk menjaga keawetan tabung reservoir radiator. Periksalah secara berkala, entah memeriksanya sendiri atau dengan bantuan mekanik. Jika Anda menghendaki bantuan profesional, maka bawalah kendaraan Anda ke dealer Daihatsu terdekat di kota Anda.

Tips Sahabat Lainnya
Perbedaan Mesin Diesel dan Mesin Bensin
Perbedaan Mesin Diesel dan Mesin Bensin
Zaman terus bergulir dan perkembangan di dunia otomotif terus melaju. Beberapa dekade ke depan, perdebatan antara perbedaan mesin diesel dan mesin bensin akan dikalahkan dengan tren baru yang akan mun
AC Mobil Serta Cara Kerjanya
AC Mobil Serta Cara Kerjanya
AC Mobil yang menjadi solusi saat berada di cuaca di Ibu Kota yang sangat terik. Indonesia merupakan negara tropis dengan suhu udara yang cukup panas terlebih saat musim kemarau tiba. Di saat seperti
Engine Mounting Komponen Penting Mesin Mobil
Engine Mounting Komponen Penting Mesin Mobil
Tahukah Sahabat bahwa tatkala mesin mobil dihidupkan maka akan timbul getaran yang cukup tinggi pada setiap komponen mesin. Apabila getaran yang cukup tinggi ini masuk hingga ke bodi mobil, dipastikan
Anti Ribet, Begini Cara Membuat Paspor Online
Anti Ribet, Begini Cara Membuat Paspor Online
Jalan-jalan ke luar negeri butuh paspor. Buat Sahabat yang belum memiliki paspor tapi berencana liburan ke luar negeri, kamu harus membuatnya terlebih dahulu. Sekarang ini kita semakin dimudahkan

Booking Servis Melalui Aplikasi DaihatsuKu

Dapatkan penawaran menarik untuk layanan perawatan berkala pada kendaraan Anda

Logo PlaystoreLogo Appstore
Mockup Aplikasi DaihatsuKu
Semua Hak Dilindungi Undang-Undang@ Hak Cipta 2024 PT Astra Daihatsu Motor | Daihatsu Sahabatku