Logo Daihatsu
Menu

Tips Mudah Mengetahui Kualitas Kampas Rem Cakram

Otomotif

2022-04-07

memeriksa kampas rem

Sistem rem pada mobil merupakan komponen yang sangat penting untuk mengendalikan mobil bahkan berkaitan erat dengan menjaga keselamatan dalam berkendara. Oleh sebab itu, penting bagi Anda untuk senantiasa memeriksa kualitas kampas rem cakram pada mobil Anda.

Dalam hal ini, Anda bisa melakukan pengecekan secara berkala untuk menjaga performa dan kondisi terbaik pada mobil Anda. Ikutilah tips mudah mengetahui kualitas kampas rem cakram pada mobil Anda berikut ini!  

Tips Mudah Mengetahui Kualitas Kampas Rem Cakram

Jika mobil Anda memiliki rem berjenis cakram, maka untuk pengecekannya pun dapat dilakukan dengan cukup mudah, bahkan Anda juga bisa melakukannya sendiri di rumah. Berikut adalah tips mudah mengetahui kualitas kampas rem cakram pada mobil Anda :

1. Dinginkan rem

Tips pertama yang perlu Anda lakukan untuk memastikan kualitas kampas rem cakram pada mobil Anda adalah dengan memastikan rem mobil Anda dalam keadaan dingin, minimal 1 jam setelah pemakaian.

Sambil menunggu rem dingin, maka Anda bisa memeriksa bagian minyak remnya terlebih dahulu. Jika warnanya sudah mulai gelap, maka Anda bisa menggantinya agar sistem pengereman tidak mengalami macet.

2. Periksa bagian rodanya

Penumpukan residu pada rem sebenarnya normal jika kampas rem masih bagus, akan tetapi jika kampas rem sudah aus maka residunya akan berkurang.

Jadi, Anda perlu waspada jika kondisi roda mobil Anda terlihat bersih, karena hal ini bisa menjadi tanda bahwa mobil Anda membutuhkan kampas rem baru.

3. Cek kampas rem tanpa melepaskan rodanya

Untuk memeriksa kampas rem, Anda bisa juga melakukannya tanpa melepaskan bagian rodanya. Jadi, Anda bisa memeriksanya melalui lubang yang ada pada roda.

Anda bisa menggunakan senter untuk mengetahui ketebalannya. Jika bantalannya terlihat menipis atau kurang dari 0,6 cm, maka sudah waktunya komponen itu diganti.

Akan tetapi pada bantalan rem lainnya, biasanya terdapat slot indikator keausan di bagian tengah kampas rem. Jika slot tersebut nyaris tidak terlihat, maka sudah saatnya Anda mengganti kampas rem yang baru.

4. Lepas roda untuk pemeriksaan lebih detail

Tiap selanjutnya adalah dengan melepaskan roda mobil dan memeriksa wujud kampas rem lebih detail.

Sebelumnya, pastikan bahwa mobil Anda berada di permukaan yang rata, selanjutnya dongkrak bagian bawah mobil di sebelah ban yang ingin Anda lepaskan. Atur ketinggian mobil Anda sekitar 15 cm dari tanah, kemudian bukalah mur roda dan lepas bannya.

Setelah ban mobil Anda lepas, maka Anda bisa melihat dengan detail kampas rem, kaliper, rotor, dan saluran rem mobil Anda.  Periksalah komponen-komponen tersebut dengan teliti untuk memastikan kualitasnya.

5. Periksa bagian kampas rem

Cara mudah untuk memeriksa bagian kampas rem adalah dengan membandingkan ketebalan material gesekannya dengan pelat belakangnya. Kondisi normalnya, material gesekan harus lebih tebal.

Anda juga perlu memeriksa apakan ada keausan yang tidak merata pada permukaan kampas. Hal ini bisa menjadi pertanda bahwa ada masalah pada bagian piston atau slide pins mobil Anda.

Lakukan Servis Berkala dan Booking Online Sekarang!

Melakukan servis berkala menjadi salah satu hal yang perlu Anda lakukan untuk menjaga kualitas mobil Anda. Jika salah satu komponen saja pada mobil Anda mengalami kendala yang tidak segera diatasi, maka hal ini justru bisa mengganggu kenyamanan atau justru berpengaruh pada keselamatan Anda, seperti halnya kualitas kampas rem cakram.

Bagi Anda pengguna setia Daihatsu, maka Anda tidak perlu khawatir untuk melakukan servis berkala karena bengkel resmi Daihatsu sudah tersebar di seluruh wilayah di Indonesia. Hal ini akan memudahkan Anda untuk melakukan servis pada mobil Anda, bukan?

Menariknya lagi, saat ini Anda bisa lebih mudah melakukan servis tanpa harus menunggu antrian yang panjang, lho! Dengan melakukan booking servis, Anda bisa melakukan servis maupun perawatan mobil dengan mudah dan praktis.

Segera lakukan booking service online melalui kami sekarang juga dengan mengunjungi website resmi Daihatsu dan dapatkan penawaran terbaiknya!


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Cara Membersihkan Plafon Mobil Beludru Kotor & Berjamur

2022-04-07

Merawat plafon mobil secara berkala adalah hal yang perlu dilakukan. Apalagi jika plafon berbahan beludur. Cara membersihkan plafon mobil beludru yang kotor dan berjamur sangat mud

thumbnail

Ini Rahasia Mengapa Transmisi CVT Lebih Irit Bahan Bakar

2022-04-07

Semua jenis kendaraan sudah seharusnya memiliki sistem transmisi. Sistem transmisi ini berfungsi untuk meneruskan tenaga yang dihasilkan pada mesin dan diteruskan menuju

thumbnail

Amankah Mobil Bekas Pakai Oli Mesin Encer?

2022-04-07

Memperhatikan kondisi mobil tetap terjaga dengan baik adalah hal yang paling penting untuk Anda lakukan. Khususnya pada

thumbnail

Daftar Leasing Syariah di Indonesia yang Terpercaya

2022-04-07

Daftar leasing syariah adalah hal yang kini tengah dicari masyarakat. Pasalnya, masyarakat sekarang mulai mempercayai sistem yang diterapkan leasing syariah.