Logo Daihatsu
Menu

Turbocharger Mobil Bensin: Fungsi dan Cara Kerjanya

Otomotif

2022-07-25

Turbocharger Mobil Bensin Fungsi dan Cara Kerjanya

Turbocharger pada dasarnya menjadi komponen yang identik dengan mesin mobil yang memiliki performa tinggi. Lantas, seperti apa fungsi dan cara kerja turbocharger mobil bensin ini? Berikut informasi selengkapnya.

Fungsi Turbocharger Mobil Bensin

Turbocharger merupakan teknologi yang memiliki bentuk komponen serta berfungsi mempercepat kecepatan laju mobil dengan meningkatkan volume udara ke ruang pembakaran. Umumnya, turbocharger dipasang tidak jauh dari komponen exhaust. 

Umumnya, turbocharger mempunyai 2 komponen utama, yakni kompresor dan turbin. Dua komponen ini dihubungkan dalam 1 shaft.

Jenis turbocharger yang lainnya adalah turbocharger wastegate control valve. Turbocharger jenis ini memiliki fungsi mencegah tekanan berlebihan di komponen turbin.

Mungkin Anda bertanya-tanya, Mobil Daihatsu apa saja yang pakai turbo? Yaitu ada, Daihatsu Charade Turbo, dan Daihatsu Rocky Turbo. 

Cara Kerja Turbocharger Mobil Bensin

Setelah memahami fungsi dari turbocharger, bagaimana sih cara sistem turbocharger bekerja? Turbocharger sebenarnya memiliki cara kerja yang begitu simple. 

Sisa udara atau energi yang berada di gas buang akan masuk di dalam shaft turbocharger dan memutar komponen turbin yang berada di dalamnya. Karena dua komponen ini biasanya ada di dalam shaft sama, udara yang memutar turbin juga akan masuk serta memutar kompresor. 

Nantinya, udara terkompresi serta menyebabkan tekanannya menjadi semakin meningkat. Saat tekanan udara menjadi semakin meningkat, temperatur akan meningkat. Ketika tekanan udara semakin meningkat, komponen intercooler digunakan untuk mendinginkan temperatur tersebut. 

Temperatur udara harus diinginkan agar kualitas volume menjadi lebih padat dan banyak. Perlu diketahui, temperatur udara yang tinggi mempunyai volume jauh lebih sedikit bila dibandingkan dengan temperatur udara rendah.

Baca Juga : Amankah Mesin Turbo Pakai Oli Biasa?

Kelebihan dan Kekurangan Turbocharger

Penggunaan komponen turbocharger ini tentu saja memiliki kelebihan dan kekurangan. Kelebihan dari penggunaan turbocharger adalah torsi mesin yang dihasilkan jauh lebih tinggi bila dibandingkan dengan kapasitas mesin yang sebenarnya.

Lantas, apakah mesin turbo lebih irit? Tentu saja dari segi bahan bakar juga lebih irit, karena pembakaran bisa dilakukan dengan lebih efisien. Umumnya, turbocharger hanya beroperasi di rpm tinggi. 

Namun, meskipun memiliki sejumlah kelebihan, turbocharger juga memiliki kekurangan. Pemasangan turbocharger dapat menyebabkan turbo lag.

Turbo lag merupakan jeda waktu yang diperlukan pengemudi menginjak pedal gas sehingga turbocharger akan menambah tenaga serta torsi mesin.

Selain itu, ketika menggunakan turbocharger, perawatan mesin harus dilakukan dengan rutin. Lebih-lebih di bagian oli mesin.

Baca Juga : Ini Cara Merawat Mesin Turbo Daihatsu Rocky Agar Makin Awet

Cara Merawat Mobil yang Menggunakan Turbocharger

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, ketika menggunakan turbocharger, perawatan mesin harus dilakukan secara berkala.

Bila Anda mempunyai mobil dan menggunakan turbocharger, satu-satunya cara yang bisa dilakukan adalah dengan mengeceknya secara berkala. 

Mobil yang menggunakan turbocharger memerlukan penggantian oli mesin dengan rutin dan pengecekan dengan menyeluruh, agar bisa memastikan jika kinerja mobil dalam kondisi optimal.

Bila turbocharger jarang dicek maupun diservis, performa yang dimiliki mobil akan menurun. Bahkan, kendaraan menjadi kurang nyaman dikendarai.

Ketika ingin melakukan perawatan turbocharger mobil bensin, pastikan merawatnya di bengkel resmi. Bengkel resmi Daihatsu dapat dijadikan sebagai pilihan jika mobil yang Anda pasangi turbocharger merupakan mobil dari Daihatsu.

Dengan perawatan dari bengkel resmi, tentu saja perawatan akan lebih terjamin. Bukan hanya itu, jika penggantian sparepart harus dilakukan, sparepart juga terjamin asli serta dipasang oleh teknisi berpengalaman, sehingga Anda tidak perlu khawatir, mesin mobil akan mengalami masalah. 

Tidak memiliki waktu berlama-lama antri di bengkel? Jika tidak memiliki waktu antre service di bengkel, Anda bisa melakukan booking service terlebih dulu, kemudian membawa mobil ke bengkel sesuai dengan waktu yang sudah ditentukan. 


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

6 Jenis Roof Rack yang Bisa Menjadi Pilihan saat Membawa Banyak Barang Mudik

2020-12-04

Mudik tentu tidak lengkap rasanya tanpa membawa oleh-oleh untuk kerabat di kampung halaman. Terkadang, banyaknya oleh-oleh bersama barang bawaan membuat perjalanan mudik

thumbnail

Kursus Mekanik Mobil, Simak Tips Memilih hingga Keuntungannya

2020-12-02

Kursus mekanik mobil merupakan pelatihan yang bisa diikuti untuk mengasah dan memperdalam ilmu seputar otomotif khususnya mobil. Biasanya kursus ini diikuti oleh anak-anak jurusan

thumbnail

Jenis-jenis Panoramic Roof Mobil

2022-07-06

Panoramic roof mobil atau sering juga disebut dengan panorama roof merupakan sejenis atap mobil yang terbuat dari kaca dan menggunakan ukuran kaca besar, bahkan b

thumbnail

Komponen Mobil yang Wajib Diganti Saat Mendekati Usia 10 Tahun

2021-11-30

Ada begitu banyak komponen dalam mobil. Untuk menunjang performa laju kendaraan, komponen mobil wajib ganti secara berkala. Pengukuran biasanya dilakukan berdasarkan hit