Logo Daihatsu
Menu

Yuk, Intip Bagaimana Cara Setting Idle Up AC Mobil Injeksi dengan Benar

Otomotif

2020-12-29

cara setting idle up ac mobil injeksi

Sistem idle up pada mobil berguna untuk menaikkan putaran mesin saat beban kelistrikan dan beban mesin naik, di mana Idle sendiri merupakan bagian yang menunjukkan kondisi stasioner pada putaran rpm mesin. 

Dengan melakukan idle up maka bisa mencegah mesin tidak mati, akibat dari penambahan beban ketika Ac dinyalakan. Berikut cara setting idle up Ac mobil injeksi.

Cara Setel RPM Langsam Mobil Injeksi

Pada mobil injeksi yang telah memiliki sistem bahan bakar EFI dan memanfaatkan udara by pass, peralatan idle up-nya menggunakan VSV yang telah dilengkapi dengan membran atau diafragma. 

Dengan begitu udara bisa masuk melalui surge tank, dan ECU kemudian bisa menambahkan penginjeksian bahan bakar dari udara tambahan yang masuk dari surge tank tersebut.

Idle Speed Adjusting Screw

Cara setting idle up ac mobil injeksi bila dilakukan melalui idle speed adjusting screw. Idle speed adjusting screw atau ISAS yang berupa baut dapat diputar ke kanan dan ke kiri. 

Apabila Anda memutarnya ke arah kiri atau arah yang melonggarkan baut maka rpm idling mesin akan meningkat, karena aliran udara yang mengalir pada lubang idle pun menjadi semakin banyak.

Sedangkan apabila Anda memutarnya ke arah kanan, maka bisa membuat rpm idling mesin menjadi turun. 

Sebab idle speed adjusting screw akan memperkecil aliran udara yang ada pada lubang idle, sehingga volume udara menjadi menurun sekaligus membuat turun rpm idling mesin mobil. 

Baca juga: AC Mobil Serta Cara Kerjanya

Intinya yaitu putaran ke kiri untuk menaikkan dan putaran ke kanan untuk menurunkan rpm. Dalam melakukan cara setting idle up ac mobil injeksi, Anda perlu memposisikan rpm idling mesin ke dalam posisi normal terlebih dahulu. 

Posisi normal ini harus sesuai dengan standar rpm pada mobil injeksi yang rata rata berkisar antara 750 hingga 850 rpm. Setelah itu, coba berikan beban tambahan terhadap mesin dengan cara menyalakan AC serta lampu headlamp pada mobil. 

Apabila Anda menemukan mesin drop atau mati mendadak, maka putar idle speed adjusting screw ke arah kiri seperempat putaran. Lalu, coba nyalakan kembali mesin mobil sekaligus AC dan lampu headlamp

Lakukan penyetelan rpm mesin dengan benar, hingga mesin tidak mati ketika headlamp dan AC mobil dinyalakan. Selain itu selalu perhatikan nilai rpm pada cara setting idle up AC mobil injeksi.

Cara melakukan setting idle up pada mobil injeksi tersebut merupakan langkah yang termudah serta aman, dan Anda bisa menggunakannya pada saat saat darurat di perjalanan. 

Namun tidak semua mobil injeksi menyediakan idle speed adjusting screw langsung pada throttle body. Jika Anda tidak menemukan ISAS, maka langkah terbaik adalah mengunjungi bengkel terdekat.

Baca juga: Tips Supaya AC Mobil Tetap Dingin 


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Anti Ribet, Yuk Simak 4 Cara Membuat Cetakan Bumper Mobil Dari Fiber

2021-01-06

Sering kali tampilan mobil standar dirasa agak kurang memuaskan bagi pemilik mobil. Tak ayal, mereka pun melakukan perbaikan bumper untuk mengubah tampilan mobil. Bahkan

thumbnail

Penyebab Kelistrikan Mobil Mati Total Beserta Solusinya

2020-12-02

Kelistrikan mobil mati total adalah salah satu masalah yang lazim dialami oleh mobil. Salah satu ciri adanya

thumbnail

Apa itu Carbon Cleaner Mobil? Ini Fungsi dan Cara Memilihnya

2024-03-01

Carbon cleaner mobil adalah pembersih karbon pada mobil. Produk perawatan mobil yang satu ini memiliki fungsi vital dalam performa mobil. Produk perawatan mobil ini

thumbnail

Penyebab dan Cara Menghilangkan Bau AC pada Mobil, Yuk Simak!

2023-10-03

AC mobil bisa dibilang salah satu komponen yang berperan penting dalam menambah kenyamanan berkendara. Dengan adanya AC, suhu panas dalam kabin hingga rasa gerah dap