Logo Daihatsu

Tips Sahabat

Bagikan
11 Penyebab Tenaga Mobil Ngempos dan Cara Mengatasinya
15 Februari 2023
Penyebab Tenaga Mobil Ngempos dan Cara Mengatasinya

Tenaga mobil ngempos merupakan salah satu masalah yang tidak dapat diprediksi oleh pemilik mobil. Pasalnya, masalah tersebut datang secara tiba-tiba dan kerap kali membuat para pengemudi panik ketika masalah ini terjadi. Lantas bagaimana cara untuk mengatasi masalah tersebut? Sebelum Anda mengetahui caranya, Anda perlu mengetahui faktor penyebabnya terlebih dahulu seperti berikut.

Penyebab Tenaga Mobil Ngempos 

Ada beberapa faktor yang menyebabkan mobil kehilangan tenaga atau ngempos. Berikut faktor selengkapnya.

1. Busi kurang terawat

Penyebab pertama, disebabkan karena kurang terawatnya busi. Seperti Anda ketahui, busi memiliki peranan penting dalam memantik api untuk proses pembakaran mesin. Apabila kondisi busi kotor maka lama kelamaan ujung busi akan berkerak dan mengganggu proses pemantikan api. 

2. Adanya kerusakan pada ring piston

Adanya kerusakan pada ring piston juga dapat membuat mobil kehilangan tenaga. Ring piston yang rusak dapat menyebabkan ruang bakar kemasukan oli, akibatnya ruang silinder akan kering. Selain itu, mesin akan mengalami kebocoran ketika hendak melakukan langkah kompresi.

3. Adanya kerusakan pada blok silinder

Kerusakan blok silinder dapat membuat mobil kehilangan tenaga saat di gas. Hal tersebut terjadi karena blok silinder merupakan jalur ring piston ketika bergerak. Blok silinder akan mengalami kerusakan apabila proses pelumasan komponen mesin tidak berfungsi dengan baik. 

4. Klep bocor

Klep merupakan komponen mobil yang berfungsi sebagai jalur masuk bensin dan udara melalui intake. Klep juga berfungsi sebagai jalur pengeluaran gas buang mesin. Apabila celah komponen ini tidak disetel dengan benar maka menyebabkan kebocoran klep. Kondisi tersebut dapat menyebabkan mobil kehilangan tenaga.

5. Gasket kepala silinder pecah

Gasket kepala silinder yang pecah dapat membuat mobil kehilangan tenaga karena mesin mengalami kebocoran saat kompresi. 

6. Adanya sumbatan pada filter bahan bakar

Filter bahan bakar yang tersumbat oleh banyaknya endapan partikel dan kotoran dapat menghambat kinerja mesin sehingga performa mesin loyo.

7. Adanya sumbatan pada filter udara

Selain filter bahan bakar, filter udara yang kotor dan tersumbat juga menyebabkan tenaga mobil menjadi loyo.

8. Overloud

Kelebihan muatan beban atau overloud juga dapat menyebabkan tenaga mobil loyo, karena mesin harus bekerja lebih keras ketika berjalan.

9. Overheat

Kondisi mobil yang overheat, dapat mempengaruhi kinerja komponen mesin mobil, karena pelumasan mesin terganggu. Kondisi ini menyebabkan gesekan antar komponen mesin menjadi lebih besar sehingga tenaga mesin menjadi loyo. Kondisi ini biasanya sering dialami mobil matic.

10. Penggunaan BBM tidak sesuai

Penggunaan BBM yang tidak sesuai dengan spesifikasi standar oktan mobil dapat menyebabkan tenaga mobil loyo. Kondisi ini terjadi apabila oktan BBM yang digunakan lebih rendah dari spesifikasi yang telah ditentukan. 

11. Adanya kerusakan pada sensor oksigen

Sensor oksigen berperan mengirimkan sinyal pada bagian ECU, untuk mengetahui apakah gas buang dan kondisi bahan bakar pada ruang pembakaran sudah sesuai atau belum. Apabila sensor tersebut rusak, maka menyebabkan mobil tidak dapat menerima bahan bakar sesuai kebutuhan.

Baca Juga : Penyebab Sensor Oksigen Knalpot Mobil Rusak

Cara Mengatasi Tenaga Mobil Ngempos

Apabila tenaga mobil Anda ngempos, Anda perlu mengatasinya dengan beberapa cara berikut.

  1. Ganti komponen yang rusak seperti busi, sensor, ring piston, gasket kepala silinder, dan blok silinder dengan yang baru. Lakukan penggantian di dealer Daihatsu, agar mendapatkan komponen yang orisinil dan berkualitas. Serta mendapatkan pelayanan yang tepat dari mekanik profesional.
  2. Mengecek kondisi filter udara, dan filter bahan bakar secara rutin. Apabila kotor segera bersihkan, atau ganti dengan komponen yang baru.
  3. Menggunakan BBM sesuai spesifikasi oktan mobil yang Anda gunakan.
  4. Tidak mengangkut muatan melebihi standar kapasitas beban muatan mobil.
Tips Sahabat Lainnya
Tips Mengenali Gejala Busi Mobil Rusak
Tips Mengenali Gejala Busi Mobil Rusak
Busi memegang peranan penting sebagai salah satu komponen suku cadang kendaraan otomotif termasuk mobil. Busi mobil yang bermasalah dapat menyebabkan mesin mobil tidak dapat bekerja secara seimbang ak
AC Mobil Serta Cara Kerjanya
AC Mobil Serta Cara Kerjanya
AC Mobil yang menjadi solusi saat berada di cuaca di Ibu Kota yang sangat terik. Indonesia merupakan negara tropis dengan suhu udara yang cukup panas terlebih saat musim kemarau tiba. Di saat seperti
Cara Kerja Karburator Mobil
Cara Kerja Karburator Mobil
Cara Kerja Karburator Mobil - Sekarang ini memiliki mobil memang sangatlah mudah. Apalagi dengan banyaknya yang menawarkan pembelian mobil dengan DP rendah atau bahkan tanpa DP. Bagi orang membutuhka
20 Rekomendasi Parfum Mobil Terbaik & Wangi Tahan Lama
20 Rekomendasi Parfum Mobil Terbaik & Wangi Tahan Lama
Selera wangi parfum mobil itu tergantung masing-masing individu. Cocok untuk orang lain belum tentu cocok untuk kita. Daripada bingung, di bawah ini ada 20 terbaik dengan berbagai rentang harga dan v

Booking Servis Melalui Aplikasi DaihatsuKu

Dapatkan penawaran menarik untuk layanan perawatan berkala pada kendaraan Anda

Logo PlaystoreLogo Appstore
Mockup Aplikasi DaihatsuKu
Semua Hak Dilindungi Undang-Undang@ Hak Cipta 2024 PT Astra Daihatsu Motor | Daihatsu Sahabatku