Logo Daihatsu
Menu

15 Makanan Khas Sulawesi Barat yang Siap dengan Kearifan Lokalnya

Travel

2021-02-26

makanan khas sulawesi barat

Sulawesi Barat itu tidak hanya cocok dijadikan tempat berlibur karena banyaknya destinasi wisata alamnya yang mempesona semata, namun juga bisa menjadi tempat berburu kuliner lezat untuk memanjakan lidah. 

Berikut adalah sejumlah deretan makanan khas Sulawesi Barat yang tidak boleh Anda lewatkan begitu saja. 

1. Bau Peapi 

Bau Peapi merupakan kuliner berkuah dan terbuat dari olahan seafood. Anda bisa mencicipi kelezatannya ketika bertandang ke kota Mamuju, Sulawesi Barat. 

Kelezatan rasanya sendiri didapatkan dari olahan daging ikan segar yang kemudian dimasak bersama dengan kuah kuning aneka rempah. 

Bahkan aroma saja berhasil membuat siapapun tertarik mencobanya. Rasanya akan semakin mantap ketika dikonsumsi selagi hangat bersama dengan nasi hangat dan minuman segar. 

Sekali mencicipinya, saat itu juga Anda telah dibuat jatuh hati dan tidak bisa berhenti menyantapnya hingga habis tak bersisa. Kini kelezatannya bahkan sudah tersebar luas di kalangan wisatawan luar daerah. Tertarik mencobanya ? 

2. Golla Kambu 

Jika dilihat sekilas, Golla Kambu akan mengingatkan Anda dengan wajik si makanan khas tanah jawa. Tapi kalau soal rasa, tentu saja keduanya memiliki keunikan tersendiri sebagai keunggulannya. 

Golla Kambu hadir dengan rasa manis khas yang bisa membuat siapapun jatuh hati kepadanya, karena adanya tambahkan gula merah sebagai pelengkapnya. 

3. Bikang 

Bikang termasuk salah satu makanan khas Sulawesi Barat yang sangat menarik untuk dicoba. Tidak sulit menemukannya, karena kini Bikang sudah bisa dibeli di pasar tradisional atau toko jajanan basah di Sulawesi Barat. 

Dibalik kelezatan rasanya, siapa sangka jika jajanan ini hanya terbuat dari tepung beras yang diolah dengan cara sederhana. 

4. Sokkol Ubi

Sulawesi Barat memang terkenal dengan aneka kulinernya yang siap menggoyang lidah, salah satunya adalah Sokkol Ubi. Jajanan khas ini terbuat dari singkong yang dicampurkan dengan kacang hijau dan parutan kelapa. 

Sebelum disajikan, olahan yang telah tercampur rata kemudian dibungkus menggunakan daun pisang muda lalu dikukus hingga matang. Beruntungnya jajanan tradisional ini dapat ditemukan di pasar tradisional atau toko jual camilan ringan khas Mandar. 

Jajanan ini pun dipatok dengan harga bersahabat, sehingga tidak perlu takut isi dompet akan ludes seketika. Sekali mencicipinya, dijamin Anda tidak akan pernah menyesal telah memborongnya dalam jumlah banyak sekaligus. 

5. Kalumpang 

Bagi penggemar pizza, tampaknya tidak boleh melewatkan kesempatan untuk menikmati kelezatan dari Kalumpang. 

Makanan khas satu ini bisa dikatakan seperti pizza lokal khas Mamuju yang tidak kalah lezat dengan hidangan pizza khas luar negeri. 

Sekali mencicipinya, dijamin Anda bisa memahami mengapa jajanan satu ini begitu menarik dicoba. 

6. Kue Tetu 

Siapa yang tidak mengenal kelezatan dari si Kue Tetu ? Jajanan khas yang disajikan di daun pandan berbentuk persegi panjang ini berhasil mencuri perhatian para penggemarnya. 

Sedangkan olahannya sendiri terbuat dari tepung terigu yang kemudian dicampurkan dengan gula aren dan gula pasir. Dijamin makanan khas Sulawesi Barat ini membuat Anda jatuh hati. 

7. Tumpi Tumpi 

Pernahkah mencicipi kelezatan rasa yang ditawarkan oleh Tumpi Tumpi ? Jajanan tradisional yang terbuat dari olahan daging ikan ini dijamin membuat siapapun jatuh hati dibuatnya. 

Daging ikan terlebih dahulu dipisahkan dengan duri durinya, lalu dihaluskan dan dicampur bersama dengan parutan kelapa. Umumnya makanan ini disajikan ketika terdapat perayaan adat.  

8. Bolu Paranggi 

Bolu Paranggi paling cocok menjadi teman ngeteh atau ngopi di sore hari. Makanan yang sangat mudah ditemukan di pasar tradisional ini siap menggoyang lidah penggemarnya. 

Dibalik kelezatannya yang terasa manis legit tiada dua, Bolu Paranggi ternyata terbuat dari tepung terigu yang dicampurkan dengan gula aren. 

Baca juga: 14 Makanan Khas Sulawesi Utara yang Dapat Memanjakan Lidah

9. Sambusa 

Sambusa termasuk satu dari sekian banyak daftar makanan khas Sulawesi Barat yang tidak boleh dilupakan. Sambusa sendiri layaknya gorengan yang berisikan olahan daging ikan yang telah diolah menggunakan aneka rempah pilihan. 

Soal rasa sudah tidak perlu dipertanyakan. Tidak heran jika banyak pelancong yang tertarik mencobanya ketika berlibur ke Sulawesi Barat. 

10. Apang

Rasa rasanya tidak ada yang tidak mengenal kue Apang Khas dari Sulawesi Barat. Makanan yang memiliki cita rasa manis nan lezat ini, sebenarnya terbuat dari olahan tepung beras dan gula aren. 

Sebelum disajikan, Apang akan ditaburkan dengan kelapa muda yang menambah kenikmatannya. Berkat kelezatannya, momen bersantai terasa lebih berkualitas. 

11. Kue Cucur 

Kue cucur tampaknya akan masuk ke dalam daftar jajanan tradisional khas favorit selama hidup. Jajanan yang memiliki cita rasa manis dan legit ini ternyata terbuat dari olahan tepung beras dan gula merah. 

Olahan yang telah tercampur merata kemudian digoreng di minyak kelapa khas Mandar yang telah dipanaskan. Camilan lezat ini mudah ditemukan ketika ada hajatan di daerah Mamuju dan sekitarnya. 

Selain terkenal akan rasanya, bentuknya yang bulat pipih memudahkan penggemar untuk mengkonsumsinya. Rasanya tidak heran jika banyak masyarakat lokal maupun para pelancong tertarik untuk memburunya di pasaran. 

12. Jepa 

Jika mencari makanan khas Sulawesi Barat yang lezat disantap kapanpun diinginkan, maka jawabannya adalah Jepa. Makanan yang berbentuk lingkaran pipih ini terbuat dari sagu atau singkong. Agar semakin lezat, umumnya makanan ini akan ditaburkan dengan gula aren sebagai pemanis alami yang berhasil membuatnya semakin menarik untuk dicicipi. 

13. Kue Kui Kui 

Kue Kui Kui memang memiliki tampilan yang serupa dengan kue pukis, namun keduanya ternyata sangatlah berbeda. Ketika diperhatikan seksama, Kue Kui Kui memiliki bentuk lebih panjang dibandingkan dengan kue pukis. 

Namun soal rasanya keduanya hampir serupa. Sehingga para pecinta pukis pasti sangat ketagihan sejak pertama kali mencicipi Kue Kui Kui. 

14. Kue Paso 

Bentuknya yang mengerucut dan dibungkus menggunakan daun pisang, berhasil membuat Kue Paso terkenal di kalangan wisatawan luar daerah. 

Jajanan tradisional yang terkenal akan kelezatannya ini terbuat dari tepung beras dan santan yang kemudian dicampur dengan gula aren cair. 

Namun cukup disayangkan, karena kuliner satu ini sudah mulai sulit ditemukan di pasaran. 

15. Roti Pawa 

Ketika pertama kali melihat Roti Pawa, kemungkinan Anda menyangka bahwa makanan ini adalah bakpau karena bentuknya yang memang terlihat serupa. 

Bahkan proses pembuatan Roti Pawa sendiri hampir serupa dengan bakpao. Sehingga tidak heran jika wisatawan penasaran dengan rasanya yang tentu tidak kalah lezat.

Makanan khas Sulawesi Barat satu ini sebenarnya terbuat dari tepung terigu yang dicampur dengan tepung beras dan ditambahkan dengan olahan kacang halus. 

Selanjutnya campurkan dengan gula merah serta gula pasir. Adonan yang telah jadi kemudian dicetak dan dikukus hingga matang. Rasanya yang empuk dan manis tidak akan pernah lupa di ingatan. 

Apa rasanya jika berkunjung ke Sulawesi Barat tanpa pernah mencicipi kelezatan kuliner khasnya? Jangan pernah sia siakan kesempatan emas untuk menikmati berbagai kuliner khasnya, ya.

Baca juga: Mengenal Lebih Dekat 15 Makanan Khas Sulawesi Selatan


Tag

Travel

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

7 Tempat Bermain Anak di Bandung Untuk Wisata Edukasi Seru

2020-10-28

Menghabiskan waktu bersama buah hati tentu merupakan momen berharga bukan? Daripada selalu menghabiskannya di mal atau kafe yang kurang cocok dan mungkin membosankan bagi anak anak, ada baiknya Sah

thumbnail

7 Jembatan Terkenal di Indonesia, Jembatan Kebanggaanmu Termasuk?

2020-11-13

Terbentang dari Aceh hingga Papua, Indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki begitu banyak pulau di dalamnya. Keadaan geografis yang demikian tentu saja membuat Indonesia memutar otak tent

thumbnail

5 Fakta Jembatan Suramadu, Awet Hingga Seratus Tahun!

2020-11-03

Menjadi jembatan terpanjang di Indonesia, Jembatan Suramadu langsun

thumbnail

Kereta Api Sri Tanjung, Melayani 2.120 Penumpang Per Hari

2020-12-24

Kereta Api Sri Tanjung adalah layanan kereta api dari PT KAI dengan jalur tempuh dari Stasiun Lempuyangan ke Stasiun Banyuwangi dan sebaliknya. Kereta ini beroperasi sat