Logo Daihatsu
Menu

15 Nama Alat-Alat Ukur Bengkel Otomotif dan Fungsinya

Otomotif

2023-01-10

15 Nama Alat-Alat Ukur Bengkel Otomotif dan Fungsinya

Mengetahui alat-alat otomotif yang digunakan mekanik di bengkel beserta fungsinya sangatlah diperlukan. Bahkan beberapa alat ukur mekanik tersebut, tidak hanya dapat digunakan untuk bidang otomotif saja. Dengan mengetahui nama dan fungsi alat ukur tersebut, Anda bisa melakukan pengukuran secara mandiri ketika sedang memperbaiki mobil Anda. Agar Anda tidak penasaran, yuk perhatikan ulasan berikut ini. 

Alat-Alat Ukur Bengkel Otomotif dan Fungsinya

Di dalam dunia otomotif sendiri, alat ukur bengkel otomotif dibagi menjadi tiga jenis, yaitu alat ukur mekanik, alat ukur pneumatik, alat ukur kelistrikan. Berikut nama dan fungsi alat ukur bengkel otomotif selengkapnya.

1. Measuring tape

Alat ini berfungsi sebagai pengukur panjang, lebar, atau tinggi suatu kendaraan beserta komponennya. Alat ini memiliki satuan inchi dan meter layaknya penggaris.

2. Protractor (busur derajat)

Alat ini termasuk dalam jenis alat ukur mekanik, yang memiliki bentuk khas setengah lingkaran dengan pegangan layaknya penggaris besi. Alat ini berfungsi sebagai alat untuk mengukur sudut governor linkage pada mesin dan memeriksa posisi lubang pada komponen mesin. Sudut yang dapat diukur oleh alat ini mencapai 180 derajat.

3. Center head

Alat ukur mekanik ini berfungsi untuk mengukur sudut 45 derajat dan sudut 90 derajat pada mesin atau komponen mobil lainnya.

Baca Juga : Jenis-Jenis Power Tools Mobil dan Fungsinya

4. Inside caliper

Alat ukur mekanik ini digunakan untuk mengukur diameter bagian dalam padas suatu benda. Selain itu alat ini dapat digunakan untuk mengukur dimensi kedalaman benda sehingga Anda bisa menentukan permukaannya sudah sejajar atau belum sejajar.

5. Outsider caliper

Alat ukur mekanik ini digunakan untuk mengukur dimensi dan diameter luar dari suatu benda.

6. Depth gauge

Alat ukur mekanik ini berfungsi sebagai alat pengukur kedalaman lubang, recess (kedalaman ceruk), dan slot.

7. Valve spring tester

Alat ukur mekanik ini berfungsi sebagai alat pengukur elastisitas pegas komponen flywheel clutch, steering clutch, hingga pegas hydraulic control valve.

8. Feeler gauge

Feeler gauge ini berfungsi untuk mengukur clearance pada alat permesinan, keausan pada komponen mesin dan transmisi mobil. 

9. Vernier caliper

Alat ukur mekanik ini lebih dikenal dengan istilah jangka sorong. Fungsi utama dari alat ini untuk mengukur diameter luar dan dalam suatu benda, bahkan dapat mengukur kedalaman suatu benda. Alat ukur ini mampu mengukur dengan sangat detail yaitu 0.1 mm, 0.05 mm, dan 0.02 mm.

10. Multimeter

Alat ini berfungsi untuk mengukur arus listrik pada sistem kelistrikan mobil ataupun untuk aki mobil. 

Baca Juga : Fungsi Tang Kombinasi untuk Semua Kebutuhan Otomotif

11. Tyre pressure gauge

Alat ukur pneumatik ini berfungsi untuk mengukur tekanan angin yang terdapat dalam ban mobil.

12. Manometer AC

Alat ukur pneumatik ini berfungsi untuk mengukur kinerja sistem AC pada mobil.

13. Manifold pressure gauge

Alat ukur pneumatik ini berfungsi untuk mengukur kapasitas udara yang masuk di dalam mesin.

14. Radiator cup tester

Alat ukur pneumatik ini berfungsi untuk mengukur apakah ada kebocoran atau tidak pada sistem pendingin mobil.

15. Compression tester

Alat ukur pneumatik ini berfungsi untuk mengukur tekanan kompresi pada motor diesel ataupun motor bensin. 

Demikian beberapa alat ukur yang digunakan oleh bengkel otomotif yang perlu Anda ketahui. Sekarang Anda lebih memahaminya bukan? Jangan lupa kunjungi bengkel profesional terdekat, karena tidak semua permasalahan pada mobil Anda bisa Anda ukur dan Anda servis sendiri. 


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Jenis-jenis Alarm pada Mobil

2021-02-19

Di kota-kota besar, pencurian atau pembobolan mobil sudah bukan hal yang asing lagi, Sahabat. Banyak orang yang ingin mencuri mobil, merampas piranti-piranti seperti kac

thumbnail

Cara Memutar Setir Mobil yang Benar Saat Belok

2022-07-25

Pada dasarnya setiap pengemudi mempunyai gaya berkendara di jalan raya yang berbeda-beda. Lantas, bagaimana cara memutar setir mobil yang benar saat belok?Ketika memutar setir mobil. Ada pen

thumbnail

Akibat Saringan Udara Mobil Kotor Dan Tidak Dibersihkan

2020-12-07

Dapur pacu mobil menggunakan prinsip pengubahan energi panas menjadi energi gerak. Energi inilah yang akan menggerakkan roda. Dal

thumbnail

Asap Knalpot Hitam: Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya

2020-11-13

Keluarnya asap knalpot hitam pada mobil sering membuat pengendara khawatir. Selain mengganggu pengendara lain dan polusi udara, asap knalpot hitam ini dapat menjadi pertanda kalau ada yang nggak be