Logo Daihatsu
Menu

Jenis-Jenis Power Tools Mobil dan Fungsinya

Otomotif

2022-12-05

Jenis-Jenis Power Tools Mobil dan Fungsinya

Ketika Anda sedang memperbaiki mobil, Anda tidak hanya membutuhkan hand tools tetapi juga perlu menggunakan power tools. Lantas apa yang dimaksud dengan power tools? Dan fungsinya untuk apa? Power tools adalah peralatan yang digunakan untuk menunjang perbaikan di dalam dunia perbengkelan.

Peralatan ini biasanya menggunakan tenaga listrik bukan tenaga manusia. Fungsi power tools berbeda-beda tergantung pada jenisnya. Untuk mengenalnya lebih jauh, perhatikan ulasan berikut ini. 

Jenis-Jenis Power Tools dan Fungsinya

Berikut beberapa jenis power tools yang perlu Anda ketahui.

1. Bor tangan (portable drill)

Dalam dunia otomotif, penggunaan power tools seperti portable drill kerap kali digunakan untuk perbaikan ban mobil yang sedang bocor.

Fungsi utama portable drill untuk mengebor atau membuat lubang pada benda. Contohnya, ketika ban tertusuk paku, maka portable drill digunakan untuk melubangi ban yang tertancap paku.

Ban yang dilubangi menggunakan portable drill akan memiliki lubang yang lebih rapi sehingga hasil tambal ban lebih optimal.

Baca Juga : Hand Tool Mobil - Pengertian, Contoh, dan Fungsinya

2. Bor angin (air drill)

Air drill merupakan power tools yang menggunakan angin pneumatik sebagai sumber energi. Fungsi air drill sama dengan portable drill yaitu untuk melubangi ban.

3. Obeng pneumatik (Pneumatic Screwdriver)

Ketika memperbaiki mobil, untuk memudahkan pelepasan sekrup, Anda membutuhkan obeng. Menggunakan obeng biasa terkadang kurang efektif karena sekrup terkadang terpasang sangat erat.

Oleh karena itu, Anda membutuhkan obeng pneumatik (pneumatic screwdriver). Power tools ini akan membantu Anda melepas dan memasang sekrup dengan mudah secara cepat.

4. Electric impact wrench

Jika obeng pneumatik digunakan untuk melepas dan memasang sekrup dengan mudah. Electric impact wrench memiliki fungsi untuk melepas dan mengunci baut dengan mudah dan cepat.

5. Air impact wrench

Air impact wrench memiliki fungsi yang sama dengan electric impact wrench. Namun, sumber tenaga dari power tools ini ada yang berasal dari listrik dan angin pneumatik.

6. Air duster

Air duster atau airgun biasanya digunakan untuk membersihkan kotoran pada bagian sela-sela komponen mobil yang sulit di jangkau. Alat tersebut menggunakan angin pneumatik sebagai sumber tenaga untuk menyemprotkan udara.

7. Spray gun

Spray gun merupakan jenis power tools yang digunakan untuk proses pengecatan bodi mobil.

Baca Juga : Fungsi Tang Kombinasi untuk Semua Kebutuhan Otomotif

8. Tyre pressure gauge

Tyre pressure gauge memiliki fungsi sebagai alat periksa tekanan udara yang berada di dalam ban. Dengan alat ini, Anda bisa mengetahui kapan harus mengisi udara pada ban, dan seberapa besaran tekanan udara yang sesuai.

9. Electric hand grinder

Electric hand grinder merupakan power tools yang digunakan untuk memotong logam dan dapat digunakan untuk memoles bodi mobil. Penggunaan alat ini biasanya digunakan untuk keperluan proses modifikasi mobil terutama ketika melakukan pemotongan bagian mobil.

10. Grinding wheel

Grinding merupakan power tools yang digunakan untuk menajamkan chisel, dril, dan punch. Alat ini biasanya terpasang pada gerinda duduk. 

Itulah beberapa jenis power tools yang biasanya digunakan bengkel saat memperbaiki mobil. Sekarang Anda jauh lebih mengenali fungsi-fungsi dari beragam power tools tersebut. 

Jika Anda hendak melakukan perawatan dan perbaikan mobil, pastikan Anda mengunjungi dealer Daihatsu terdekat. Di sana mobil Anda akan dirawat atau diperbaiki dengan teknisi yang profesional dengan peralatan yang mumpuni. Mobil Anda pun menjadi lebih nyaman ketika dikendarai.


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Cara Cek Plat Nomor Bandung Secara Online, Mudah dan Cepat!

2024-02-22

Cara cek plat nomor Bandung wajib diketahui oleh semua pemilik kendaraan, terutama jika berniat hendak membeli kendaraan dari wilayah Bandung. Dengan begitu, Anda da

thumbnail

5 Perbedaan AC Single Blower dan Double Blower, Yuk Kenali!

2022-11-22

Bicara soal AC mobil, semua orang pasti sudah mengenali