Logo Daihatsu
Menu

Fungsi Tang Kombinasi untuk Semua Kebutuhan Otomotif

Otomotif

2022-09-26

Fungsi Tang Kombinasi untuk Semua Kebutuhan Otomotif

Fungsi tang kombinasi menjadi salah satu pengetahuan yang harus diketahui oleh pengendara. Pada dasarnya, bentuk dari tang kombinasi mirip seperti gunting tetapi mempunyai fungsi penjepit dengan dua ujungnya yang runcing.

Tang adalah perkakas yang biasanya dipergunakan di bengkel otomotif. Tang kombinasi memiliki bentuk seperti huruf X, bila direnggangkan. Di bagian kepala tang, memiliki bentuk lancip, seperti penjepit. Lokasi dari kepala yang ada di ujung tang. 

Bagian kepalanya umumnya dibuat dari material logam, contohnya seperti baja. Di bagian penjepit tang, kontur ujung dibuat bergerigi rapat. Fungsi gerigi ini digunakan untuk menjepit kabel atau kawat. Di bagian dalam tang kombinasi, Anda akan menemukan kontur bergerigi renggang. 

Fungsi Tang Kombinasi dalam Dunia Otomotif

Apa fungsi dari tang kombinasi? Berikut sejumlah fungsi dari tang kombinasi, antara lain:

1. Untuk Tang Serbaguna

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, salah satu fungsi tang kombinasi adalah sebagai tang serbaguna. Hal ini disebabkan karena tang ini dapat digunakan untuk berbagai macam keperluan. 

2. Sebagai Hand Tool

Apakah fungsi dari peralatan tang kombinasi dalam pekerjaan bengkel? Salah satu fungsinya adalah sebagai hand tool yang digunakan mekanik ketika melakukan perawatan dan perbaikan mesin mobil. Bukan hanya itu, alat ini juga dapat digunakan untuk memperbaiki masalah sistem kelistrikan mobil, seperti:

  1. Sebagai pemotong kawat dan kabel yang berada di sistem kelistrikan mobil atau komponen lain.
  2. Menjadi penahan bahan kerja, contohnya seperti baut, mur, paku ketika proses pengencangan.
  3. Sebagai alat penjepit, pada benda yang tidak dapat disentuh langsung menggunakan tangan, seperti bahan kerja dengan suhu tinggi.
  4. Sebagai pengungkit pembuka penutup benda seperti kepala aki mobil.
  5. Sebagai alat penyambung kabel.

3. Menjadi Peralatan Darurat

Bukan hanya memiliki sejumlah fungsi di atas, tetapi tang kombinasi ini juga digunakan untuk peralatan darurat. Contohnya saja untuk menggunting kabel yang tebal. Umumnya, menggunting kabel dilakukan menggunakan tang potong. 

Tetapi fungsi dari tang ini juga dapat digunakan ketika Anda sulit menemukan tang atau alat pemotong lain. Namun, sebelum menggunakan tang ini sebagai alat pemotong, pastikan gerigi tang dalam kondisi yang baik serta tidak berkarat, sehingga bisa terpotong sempurna.

Baca Juga : 7 Barang Esensial Berkendara yang Wajib Ada Di Mobil

Macam Macam Tang dan Fungsinya

Sebenarnya, tang kombinasi hanya menjadi salah satu dari berbagai jenis tang yang digunakan. Berikut jenis tang lain yang banyak digunakan di dunia otomotif, antara lain:

1. Tang Crimping

Jenis tang ini dipergunakan untuk memotong, memipihkan serta mengupas kabel. 

2. Tang Potong

Selain tang crimping ada pula tang potong. Tang ini digunakan memotong kabel secara presisi. Tang ini memiliki ujung yang tajam agar bisa memotong kabel. 

3. Tang Ampere

Nama lain dari tang ampere adalah digital clamp meter. Tang ini digunakan sebagai pengukur arus listrik di sebuah instrumen kelistrikan. 

Baca Juga : Yuk Mengenal Macam Macam Dongkrak Beserta Fungsinya

4. Tang Lancip

Terakhir adalah tang lancip. Jenis tang ini dipergunakan untuk memotong dan menjepit kabel. Bukan hanya itu, tang jenis ini juga digunakan untuk mengendurkan dan mengencangkan ring pengunci. 

Meskipun fungsi tang kombinasi terlihat sederhana, tetapi ternyata sangat dibutuhkan untuk mengatasi masalah otomotif bukan? 

Bila kendaraan yang Anda miliki mengalami masalah, Anda dapat menyerahkannya pada bengkel resmi Daihatsu. Tidak memiliki waktu untuk melakukan service berkala? Jika tidak memiliki waktu untuk service berkala, Anda dapat melakukan booking service terlebih dahulu, dan membawa mobil sesuai dengan jam yang sudah ditentukan. 


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Apa itu Water Repellent pada Mobil? Ternyata Berguna Saat Hujan!

2023-05-08

Berbicara mengenai perawatan mobil, Anda pasti pernah mendengar istilah water repellent. Lantas apa arti istilah tersebut? Agar Anda tidak penasaran, yuk ketahui inf

thumbnail

Tips Memilih Merk Lampu Kabut yang Bagus Beserta Kisaran Harganya

2021-01-06

Merk lampu kabut yang bagus adalah hal Sahabat butuhkan, jika mobil Sahabat bisa melaju di jalanan berkabut. Merk lampu kabut yang bagus sendiri sudah banyak. Sahabat ti

thumbnail

Fungsi Connecting Rod, Cara Kerja & Komponennya pada Mobil

2023-05-05

Angka pembelian mobil tiap tahunnya selalu mengalami peningkatan setiap tahunnya. Ternyata daya beli tersebut berbanding terbalik dengan pengetahuan pemilik mobil ak

thumbnail

Perawatan dan Cara Melindungi Mesin Mobil Dari Tikus!

2021-08-08

Jika tikus sudah berhasil masuk ke dalam kap mesin mobil atau ada indikasi tikus akan masuk ke dalam kap mesin mobil. Di bawah ini Daihatsu sarankan beberapa hal yang bi