Logo Daihatsu
Menu

17 Makanan Khas Madiun yang Paling Diburu Wisatawan

Travel

2021-02-26

makanan khas madiun

Pergi liburan ke suatu daerah, pasti rasanya kurang lengkap kalau tidak sekaligus mencoba makanan khasnya. Terlebih jika anda jalan jalan ke Madiun, pasalnya kota yang ada di Jawa Timur ini mempunyai banyak sekali kuliner khas yang lezat. 

Berikut beberapa makanan khas Madiun yang paling banyak diburu oleh para wisatawan ketika berkunjung ke sana.

1. Lontong Tahu Telur

Sesuai dengan namanya, lontong tahu telur merupakan kuliner berupa lontong dengan tambahan tahu dan telur yang kemudian disiram bumbu kacang. 

Untuk warga lokal sendiri, biasanya lontong tahu telur ini disebut juga dengan nama tahu panggung. Dan penyajiannya umumnya diberi tambahan daun bawang serta bawang goreng di atasnya.

Selain itu penjual lontong tahu telur akan menyediakan sambal di atas meja, yang bebas anda tambahkan sesuka hati. 

Kehadiran sambal ini dinilai membuat masakan menjadi makin lezat, terlebih warga Jawa Timur merupakan tipikal orang yang menyukai jenis makanan dengan rasa pedas. 

2. Nasi Pecel

Jika berkunjung ke Madiun, jangan lupa untuk mencoba nasi pecel. Nasi pecel sendiri memang bisa ditemukan pada beberapa daerah di Jawa Timur lainnya, namun tentu saja dengan variasi dan cita rasa yang sedikit berbeda. 

Perbedaan dari nasi pecel madiun ini yaitu terletak pada wadah yang digunakan, karena di sini biasa menggunakan daun pisang.

Kemudian dalam penyajiannya ditambah pula kembang turi serta kerupuk nasi. Sedangkan untuk komposisinya terbilang tidak jauh berbeda dengan pecel pada umumnya. 

Dimana bisa anda tambahkan dengan lauk pauk, seperti ayam, tahu, tempe, telur puyuh, hingga rempeyek. 

Baca Juga: 25 Rekomendasi Makanan Khas Surabaya yang Enak dan Lezat

3. Nasi Jotos

Makanan khas Madiun berikutnya yang wajib untuk anda coba yakni nasi jotos. Mendengar namanya saja anda mungkin sudah merasa bahwa kuliner satu ini cukup unik. 

Kenyataannya memang demikian, pemberian nama nasi jotos adalah karena bentuk bungkusnya yang seolah olah menyerupai sebuah kepalan tangan orang dewasa. Jika dibayangkan pasti tergambar porsi yang begitu sedikit. 

Akan tetapi anda tidak perlu khawatir, karena satu bungkus nasi jotos sudah berisi nasi putih ditambah lauk sederhana seperti tempe, tahu, mie, telur, dan sambal yang rasanya khas dan lezat. Cukup untuk mengganjal perut dikala lapar, terlebih harganya terbilang murah meriah.

4. Rujak Petis

Rujak petis tentunya juga tidak boleh dilewatkan selama berada di Madiun. Pasalnya petis merupakan salah satu bumbu khas dari Jawa Timur, yang wajib untuk anda rasakan langsung dari daerahnya sendiri. 

Rujak petis ini umumnya berisi lontong, tempe goreng yang setengah kering, tahu, kangkung dan tauge rebus, serta mentimun. 

5. Soto Madiun

Jika berkeliling Indonesia, menu soto pasti banyak anda temukan. Masing masing daerah memang mempunyai soto khasnya sendiri, sehingga makanan khas Madiun satu ini tentu tidak boleh anda lewatkan begitu saja. 

Dengan rasa gurih, anda akan satu porsi soto yang berisi nasi, kuah soto, sate kulit, ati ampela, dan tempe goreng.

6. Soto Kutilang

Selain soto madiun, kota satu ini ternyata mempunyai jenis soto lainnya yang tidak kalah lezat. Dan yang begitu legendaris dan selalu dihampiri oleh para wisatawan yakni warung soto kampung Bu Topo. 

Warga sekitar menyebutnya sebagai soto kutilang karena letaknya yang berada di Jalan Kutilang. Ciri khas dari makanan ini terletak pada dagingnya yang melimpah.

7. Soto Ayam Kondang

Tidak berhenti sampai di situ, Madiun juga punya soto ayam kondang yang menjadi salah satu dari kuliner khasnya. Olahan soto ini disajikan dalam bentuk seporsi nasi yang disiram kuah bening. 

Kemudian diberi tambahan ayam kampung serta telur rebus. Anda juga bisa menambahkan lauk lainnya seperti sosis, jeroan ayam, hingga brutu.

8. Ayam Panggang Madiun

Makanan khas Madiun selanjutnya yakni ayam panggang. Mungkin terdengar biasa dan tidak spesial, namun anda jangan salah. 

Karena Desa Gandu yang merupakan pusat ayam panggang di kota ini, memiliki cita rasa tersendiri yang begitu lezat. Bumbu pedas ditambah ketumbar bawang, membuatnya semakin menggugah selera.

9. Pentol Corah

Kuliner satu ini berupa pentol yang terbuat dari tepung kanji yang dicampur dengan tepung terigu, kemudian diolah dengan berbagai bumbu dan dimasukkan ke dalam tahu, sedangkan sisanya dibentuk menjadi bulatan kecil. Biasanya pentol corah akan disajikan bersama saus, membuatnya semakin terasa lezat.

Baca Juga: 20 Makanan Khas Melayu Paling Maknyus Saat Dicicipi

10. Brem

Untuk kuliner satu ini, merupakan camilan yang juga sering dijadikan sebagai oleh oleh bagi para wisatawan. Bisa dibilang bahwa brem ini adalah salah satu buah tangan yang paling populer di Madiun. 

Rasanya sendiri begitu unik, ketika anda menggigitnya akan terasa sensasi segar, dingin, dan manis karena berasal dari sari ketan yang difermentasi.

11. Kue Manco

Camilan lainnya yang merupakan makanan khas Madiun yaitu kue manco. Jajanan tradisional ini bahkan termasuk warisan nenek moyang, yang telah terkenal sejak dulu. 

Bahan dasar dari kue manco berupa ketan, dan ketika digigit akan tampak rongga di bagian dalamnya.

12. Kerupuk Puli

Meski begitu sederhana, namun kerupuk puli wajib dimasukkan ke dalam daftar kuliner khas dari Madiun. 

Kerupuk puli atau biasa disebut dengan lempeng puli ini, terbuat dari nasi yang telah digepengkan lalu dijemur hingga kering. Rasanya gurih dan lezat, cocok disantap sebagai pendamping nasi.

13. Bluder Cokro

Bertandang ke Madiun, kurang afdol bila anda tidak membawa bluder cokro sebagai oleh oleh. Sebab makanan khas yang berupa roti satu ini telah beredar sejak tahun 1889, dan masih eksis hingga saat ini. 

Nyonya Susana selaku penemu, mendapat resep bluder dari orang Belanda dan mulai memproduksinya hingga akhirnya berkembang seperti sekarang.

14. Keripik Tempe

Jalan jalan ke daerah Jawa Timur, pasti anda tidak asing lagi dengan toko oleh oleh yang menawarkan keripik tempe. Pun di Madiun, juga terdapat kuliner keripik tempenya sendiri. 

Bahkan sekarang semakin banyak inovasi terhadap rasa jajanan ini yang dapat anda pilih sesuai selera.

15. Lento Madiun

Lento merupakan panganan yang terbuat dari singkong, kemudian diserut kasar lalu dicampur tempe basi serta berbagai bumbu lainnya. 

Makanan khas Madiun satu ini dibentuk bulat dan diolah dengan cara digoreng hingga matang. Karenanya rasanya yang lezat, banyak yang memilih membawa lento sebagai buah tangan untuk sanak saudara.

Baca Juga: Nikmatnya Bikin Ketagihan! Berikut 25 Makanan Khas Makassar Yang Wajib Dicoba

16. Madumongso

 Kuliner lainnya yang dibuat melalui proses fermentasi yakni madumongso. Bahan dasarnya terbuat dari ketan hitam, yang diolah sedemikian rupa menjadi tape lalu dimasak dan dicampur gula serta santan hingga menyerupai dodol. Biasanya madumongso akan dijual dalam bentuk dibungkus kertas aneka warna.

17. Kue Semprong

Terakhir ada kue semprong, yang juga wajib untuk anda cicipi ketika berada di Madiun. Jajanan ini terbuat dari bahan bahan seperti tepung tapioka, kelapa, dan gula merah. 

Rasanya renyah dan gurih mirip seperti eggroll, sangat cocok disantap sebagai camilan ketika sedang senggang. Banyak pula yang menjadikannya sebagai buah tangan, karena keawetannya.

Melihat sederet daftar di atas, bisa dipastikan bahwa daerah dengan julukan kota gadis ini mempunyai banyak sekali makanan khas. 

Bahkan beberapa di antaranya merupakan camilan yang sangat cocok dijadikan sebagai oleh oleh untuk sanak saudara di rumah. Jadi jika anda berkunjung ke Madiun, jangan lupa untuk mencoba beberapa di antaranya.


Tag

Travel

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

7 Tempat Makan Unik di Jakarta dengan Tata Letak yang Instagramable

2021-01-07

Jakarta adalah kota dengan beragam tempat makan dengan konsep fancy berada. Harganya mungkin lumayan pricey, tetapi sebanding dengan kelezatan menunya.

thumbnail

Tawarkan Beragam Keistimewaan, Ini 10 Tempat Liburan yang Asik di Malang

2020-10-29

Kota Malang yang cenderung memiliki suhu dingin kerap menjadi tujuan wisata bersama keluarga. Bahkan kota ini ternyata menjadi salah satu kota yang pasti mampu memberika

thumbnail

7 Tips Merantau ke Medan untuk Mengurangi Homesick

2020-12-15

Medan adalah kota terbesar ketiga di Indonesia, setelah Jakarta dan Surabaya. Ibu kota Sumatera Utara tersebut tak pelak menjadi kota metropolitan yang banyak dituju ole

thumbnail

7 Tips Belanja di Korea Selatan, Jangan Sadis jika Menawar!

2021-04-21

Belanja adalah kegiatan wajib ketika sedang pergi berlibur, ke mana pun destinasinya. Terlebih, ketika yang Sahabat kunjungi adalah tempat yang tidak bisa sering-sering