Logo Daihatsu
Menu

35 Makanan Khas Jogja yang Terkenal Lezatnya

Travel

2021-01-31

35 makanan khas jogja

Jogja terkenal sebagai kota sejuta kenangan. Banyak orang yang ingin kembali atau datang hanya untuk menoreh momen manis bersama orang tersayang. Salah satunya yakni mencicipi makanan khas Jogja. 

1. Gudeg

Gudeg menjadi hidangan khas Jogja yang sudah tidak asing lagi ditelinga para wisatawan. Terbuat dari nangka muda yang dimasak menggunakan santan, menjadikan gudeg digemari oleh banyak orang.

2. Bakpia Pathok

Belum lengkap rasanya jika tidak membawa pulang bakpia pathok sebagai oleh oleh andalan ke rumah. Kuliner tradisional ini telah tersohor lantaran rasanya yang gurih dan lezat dari kacang hijaunya.

3. Sate Klatak

Layaknya sate kambing, hidangan ini pun terbuat dari potongan daging kambing muda. Hanya saja, sate klatak menggunakan jeruji daripada batang bambu.

4. Yangko

Terbuat dari tepung ketan, yangko menjadi makanan unggulan yang selalu diincar oleh para wisatawan. Yangko berbentuk kotak dengan teksturnya yang kenyal dan rasa yang sangat manis.

5. Cenil

Bukan hanya terkenal di Jawa Timur, cenil pun jadi jajanan terlaris di Jogja. Cenil merupakan kuliner yang berasal dari pati ketela pohon lalu dibentuk bulat bulat kecil dan diberikan warna warni cantik.

Baca juga: 10 Tempat Liburan di Jogja yang Terkenal Asik Buat Seru-Seruan Tahun 2020

6. Krecek

Biasanya krecek disajikan bersamaan dengan gudeg. Krecek merupakan makanan khas Jogja yang terbuat dari kerupuk kulit yang telah dimasak dengan sambal khasnya.

7. Sate Kelinci

Selain sate klatak, Jogja pun terkenal akan sate kelincinya. Daging kelinci yang telah dipotong kecil lalu ditusuk menggunakan sebatang lidi baru dibakar di atas bara api. 

8. Oseng Oseng Mercon

Bagi pecinta makanan pedas, wajib hukumnya mencicipi oseng oseng mercon. Bahan utamanya yakni daging sapi yang dimasak dengan sambal yang sangat banyak. 

9. Cilok Gajahan

Meski bukan asli dari Jogja, namun kehadiran cilok gajahan telah terkenal hingga penjuru kota. Hal ini lantaran kudapan satu ini memiliki cita rasa yang begitu khas dan cocok di lidah masyarakat setempat.

10. Sate dan Tongseng Petir

Mengunjungi Jogja terasa kurang afdol jika belum mencoba sate dan tongseng petir. Seporsi sate dan tongseng kambing dengan campuran bumbunya yang begitu otentik, membuat siapa saja mencicipinya menjadi ketagihan.

11. Geplak

Telah dikenal selama puluhan tahun lamanya, kehadiran geplak selalu jadi momok yang menyenangkan. Bagaimana tidak, makanan khas Jogja yang berbentuk bulat ini memiliki rasa yang sangat lezat.

12. Gatot

Namanya yang cukup unik, menjadi daya tarik tersendiri bagi para penikmatnya. Begitu pula dengan rasa yang dimilikinya. Sebelum disajikan, gatot yang terbuat dari singkong biasanya dikupas lalu dijemur hingga kering.

13. Nasi Tiwul

Kabarnya, nasi tiwul sempat dijadikan sebagai makanan pokok oleh masyarakat Gunung Kidul. Untuk saat ini, keberadaan nasi tiwul selalu jadi incaran wisatawan ketika berada di Jogja.

14. Sayur Lombok Ijo

Sesuai dengan namanya, hidangan kuliner satu ini memang dipenuhi akan lombok hijaunya. Dengan cita rasanya yang pedas dan gurih, membuatnya sangat cocok jika disantap sembari menikmati keindahan alam Jogja.

15. Peyek Tumpuk

Jika biasanya peyek sangat tipis. Namun beda lagi dengan olahan kuliner asal Jogja ini. Peyek asal Jogja dimasak dengan cara ditumbuk hingga bentuknya berubah jadi bulat tak beraturan.

Baca juga: 5 Tempat Belanja Murah di Jogja, Cocok Banget buat Kantong Mahasiswa

16. Kue Adrem

Kue adrem kerap dijumpai di daerah pesisir pantai selatan. Rasanya yang begitu legit dan gurih ternyata berasal dari bahan baku utamanya yakni tepung beras dan gula jawa merah.

17. Mie Lethek

Penampilannya hampir mirip dengan bakmi jawa. Perbedaannya terletak pada bahan dasarnya yaitu bihun yang berwarna kecoklatan hingga terlihat kotor. Karena tersebut, makanan ini dinamakan mie lethek atau mie kotor.

18. Bakmi Jogja

Bakmi Jogja menjadi makanan khas Jogja selanjutnya yang harus dicicipi. Dalam proses masaknya, bakmi rebus ini dicampur dengan racikan bumbu khas Jawa.

19. Belalang Goreng

Bila ingin merasakan pengalaman baru yang unik di Jogja, cobalah mencicipi belalang goreng. Mungkin terdengar geli, namun tidak ada yang menyangka makanan ini mengandung nutrisi berlimpah.

20. Sego Abang Jirak

Hidangan tradisional asal Jogja ini terdiri dari nasi merah yang disajikan bersamaan dengan sayur lombok ijo. Lengkapnya menu yang dihidangkan, membuat makanan ini terlihat cukup sehat.

21. Bakmi Pentil

Berbeda dengan bakmi Jogja ataupun mie lethek, bakmi pentil ini terbuat dari pati ketela. Bentuk yang unik dengan rasa yang lezat, membuat makanan ini digemari oleh banyak orang.

22. Mie Des

Olahan mie selanjutnya yang harus dicicipi yakni mie des atau mie pedes. Sama halnya dengan bakmi pentil, mie des pun terbuat dari pati ketela dengan ukuran yang lebih besar.

23. Tengkleng Gajah

Bila dilihat dari namanya, bukan berarti tengklengnya berasal dari daging gajah melainkan daging kambing dalam porsi besar. Biasanya disajikan dalam bentuk tengkleng tongseng ataupun tengkleng goreng.

24. Soto Lenthok

Soto lenthok menjadi kuliner khas Jogja yang cukup unik. Dimana didalam kuahnya terdapat lauk lethok, yang mana semacam perkedel dari singkong.

25. Keripik Belut

Selain enak disantap, keripik belut pun bisa dijadikan sebagai buah tangan. Apalagi dengan rasanya yang sangat lezat dan gurih, tentunya akan sangat cocok jika disantap bersama keluarga di rumah.

Baca juga: 5 Tempat Makan Unik di Jogja untuk Mempercantik Feed Instagram

26. Sate Kere

Sate kere menggunakan bahan dasar gajih atau lemak sapi yang telah diberikan bumbu rempah khusu. Aromanya yang kuat ketika dibakar sangat ampuh untuk menggugah selera.

27. Kicak

Kicak biasanya menjadi jajanan paling dicari ketika Bulan Ramadhan tiba. Hal ini lantaran jajanan yang terbuat dari jadah dan gula ini memiliki perpaduan rasa yang sangat sempurna.

28. Kipo

Meski kerap digunakan sebagai oleh oleh, menyantap makanan khas Jogja ini ketika masih hangat akan terasa begitu lezat. Terlebih lagi, kipo dimasak menggunakan wajan tanah liat.

29. Sup Merah

Seperti namanya, makanan satu ini memang memiliki kuah berwarna merah. Dimana warna kuah tersebut berasal dari campuran pasta cabai.

30. Ayam Geprek

Mungkin anda sudah sangat familiar dengan ayam geprek. Meski bukan asli dari Jogja, namun ayam geprek tetap jadi pilihan paling tepat untuk disantap ketika berada disini.

31. Coklat Monggo

Bisa dikatakan jika olahan kuliner bernama coklat monggo ini tergolong baru. Bukan hanya rasa coklat semata, makanan ini pun sediakan rasa yang cukup bervariasi.

32. Entok Slenget

Entok slenget merupakan hidangan khas dari daging entok yang dimasak ala semur lengkap dengan cabai. Perpaduan rasa yang begitu lengkap akan melebur menjadi satu di dalam mulut.

33. Mangut Lele

Dari penampilannya saja, mangut lele telah membuat siapa saja meneteskan air liurnya. Apalagi dengan rasanya yang berasal dari bumbu khas serta aroma asapnya yang begitu kuat.

34. Pecel Pasar Beringharjo

Bila biasanya pecel hanya berupa bumbu pecel dan beberapa sayuran saja. Beda lagi dengan pecel pasar Beringharjo ini, yang mana sayuran dan bumbunya sangat melimpah.

35. Saoto Bathok

Saoto bathok merupakan makanan khas Jogja yang terkenal karena keunikannya. Dimana cara penyajiannya dimasukkan ke dalam bathok kelapa berukuran kecil.

Menciptakan kenangan indah di tanah Jogja memang terasa begitu menyenangkan. Ditambah lagi dengan mencicipi berbagai hidangan kuliner khas yang telah tersohor hingga penjuru nusantara. Tentunya akan jadi pengalaman tak terlupakan.

Baca juga: Oleh-oleh Khas Jogja untuk Keluarga Tercinta


Tag

Travel

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Wisata Belitung: Indah dan Tak Menguras Kantong

2020-11-10

Belitung merupakan kabupaten yang terletak di Provinsi Bangka Belitung. Kabupaten ini termasuk wilayah kepulauan dan berbatasan dengan selat dan laut, yaitu Laut Natuna dan Laut China Selatan di se

thumbnail

7 Kuliner Khas Lezat yang Wajib Dicoba ketika Berkunjung ke Banyuwangi

2020-12-15

Banyuwangi adalah salah satu kabupaten yang terkenal dengan cerita mistisnya sejak kisah KKN Desa Penari viral di Twitter pada akhir tahun 2019 lalu. Banyak para pelanco

thumbnail

Ketahui Persebaran Hutan Hujan Tropis di Indonesia Serta Flora dan Faunanya

2021-01-31

Sudah bukan jadi rahasia umum lagi, jika hutan merupakan salah satu kawasan yang memegang peranan sangat penting bagi keberlangsungan kehidupan makhluk hidup. 

thumbnail

Terkenal Kelezatannya! Berikut List 31 Makanan Khas Lombok Yang Wajib Dicicipi

2021-01-31

Berkunjung ke Lombok tak lengkap rasanya tanpa mencicipi kuliner khas daerah tersebut.Ada berbagai macam olahan hidangan yang dibuat dengan bumbu rempah pilihan dan menjadi andalan di Lombok