Logo Daihatsu
Menu

7 Kreasi Minyak Zaitun untuk Masakan Apa Saja di Rumah

Tips & Trick

2021-03-23

kreasi minyak zaitun

Mengganti minyak zaitun pada olahan makanan di rumah menjadi cara sederhana untuk menambahkan nutrisi pada makanan. Minyak zaitun untuk masakan apa saja merupakan kombinasi sehat dan lezat untuk berbagai jenis bumbu dan makanan. Fungsinya hampir sama seperti minyak lainnya, tapi minyak zaitun bahkan bisa dikonsumsi langsung.

Kandungan nutrisi tinggi pada minyak zaitun bisa didapatkan dari unrefined olive oil atau lebih populer dikenal dengan extra virgin olive oil (EVOO). Namun, ada pula refined olive oil yang bisa digunakan untuk kebutuhan menumis, memanggang, atau menggoreng. Nah, agar bisa berkreasi dengan menu masakan rumah yang sehat, yuk simak menu masakannya.

Salad

Penggunaan EVOO yang paling populer untuk mengubah pola makan adalah menambahkannya dengan salad. Biasanya, minyak zaitun ditambahkan sebagai dressing yang bisa menambah aroma lezat, terutama pada salad sayuran. Aroma minyak zaitun juga bisa lebih terasa lezat untuk tambahan daging tuna, salmon, atau daging ayam pada salad.

Marinasi daging

Biasanya, aroma amis dari daging sapi, ayam, atau ikan membuat masakan jadi kurang nikmat. Nah, minyak zaitun bisa dijadikan sebagai campuran marinasi bumbu yang bisa menghilangkan aroma tidak sedap. Salah satu contoh marinasi yang bisa ditambahkan minyak zaitun adalah ayam goreng rempah.

Sahabat mungkin juga pernah mengalami kesulitan mengolah ikan laut. Untuk menghilangkan bau amisnya, sahabat bisa coba marinasi dengan minyak zaitun juga, ya!

Tumis sayuran

Aroma sayuran biasanya juga meninggalkan kesan ‘mentah’ meskipun sudah ditumis. Nah, tambahan minyak zaitun bisa menambah aroma lezat dari lemak nabati yang bernutrisi. Saat memasak dengan minyak zaitun, sebaiknya jaga suhu masakan di suhu yang tidak terlalu panas untuk tetap menjaga kandungan nutrisi dari minyak zaitun, ya.

Perkedel

Minyak zaitun juga bisa digunakan untuk menggoreng, kok. Sebagai pengganti minyak goreng yang lebih sehat, refined olive oil bisa dipakai untuk menggoreng perkedel agar terasa lebih nikmat. Selain itu, sahabat juga bisa merasakan aroma lezat yang menggugah tanpa merasa bersalah karena makan gorengan berminyak berkat nutrisi dari minyak zaitun.

Sup krim

Selain menambah aroma, kandungan lemak pada minyak zaitun juga bisa menambah cita rasa pada olahan sup. Sup krim jamur, jagung, atau tomat pasti akan semakin lezat jika ditambahkan dengan minyak zaitun. Meskipun terbuat dari bahan dasar sayuran, minyak zaitun akan menambah cita rasa legit dari lemak nabati yang bernutrisi tinggi, deh.

Pasta

Selain untuk menumis sayuran, sahabat juga bisa menggunakan minyak zaitun untuk menumis pasta. Jika mau menambahkan daging ayam, irisan smoked beef, atau jamur, aromanya akan lebih lezat dengan lemak yang lebih sehat jika ditumis dengan minyak zaitun. Bumbu pasta juga akan terasa lebih nikmat dengan aroma khas dari zaitun.

Es krim

Nah, kreasi satu ini mungkin sedikit ekstrem, tapi layak untuk dicoba, loh. Minyak zaitun juga bisa memberikan rasa dan aroma khas pada es krim. Sahabat bisa menambahkan satu sendok teh minyak zaitun sebagai topping es krim vanila, pistachio, atau es krim lainnya. Selain aromanya lebih lezat, bisa menambah nutrisi juga, loh!

Jadi, sahabat sudah tidak perlu bingung lagi untuk mengolah minyak zaitun untuk makanan di rumah. Minyak zaitun bisa menjadi campuran yang cocok untuk berbagai jenis makanan agar lebih sehat dan lezat. Selamat mencoba dan dapatkan nutrisi dari minyak zaitun!

Penulis : Rizkita Darajat


Tag

Tips & Trick

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Cara Mengendarai Mobil Matic yang Mudah Bagi Pemula

2022-08-25

Sahabat sudah berapa lama bisa menyetir mobil? Apakah

thumbnail

4 Fungsi Televisi Head Unit Din yang Perlu Kamu Ketahui!

2020-10-18

Bagi Sahabat pecinta film, tidak perlu lagi murung kalau kena macet di jalan. Kamu bisa bawa koleksi film favorit lewat Flash Disk dan DVD, langsung aja nonton di

thumbnail

Sejarah Kerajaan Banjar, Kerajaan Islam Pertama di Kalimantan

2021-03-31

Kerajaan Banjar merupakan sebuah kerajaan bercorak Islam yang ada di Kalimantan Selatan. Pasalnya kerajaan ini dapat menjadi kesultanan setelah kedatangan pasukan Keraja

thumbnail

5 Kiat Sukses dalam Wawancara Kerja

2020-11-24

Mendapatkan pekerjaan adalah tujuan bagi kebanyakan orang, terutama bagi seseorang yang baru saja menyelesaikan pendidikannya. Namun, untuk diterima di pekerjaan yang ki