Logo Daihatsu
Menu

9 Persiapan Mudik Naik Mobil, Jangan Sampai Ketinggalan!

Tips & Trick

2023-04-12

9 Persiapan Mudik Naik Mobil, Jangan Sampai Ketinggalan!

Lebaran sudah hampir di depan mata. Momen tersebut bagi sebagian besar masyarakat Indonesia merupakan momen terbaik untuk mudik ke kampung halaman. Jika Anda berniat mudik dengan membawa mobil sendiri, Anda perlu menyiapkan beberapa hal agar perjalanan mudik Anda nyaman dan aman. Lantas apa saja persiapan mudik naik mobil yang perlu Anda siapkan sedini mungkin? Agar Anda tidak penasaran, yuk perhatikan ulasan berikut ini.

Tips Persiapan Mudik Naik Mobil yang Wajib Aman dan Nyaman

Ada beberapa hal yang wajib Anda persiapkan ketika hendak mudik menggunakan mobil. Berikut persiapan mudik naik mobil yang wajib Anda tahu :

1. Cek dan servis mobil sebelum melakukan perjalanan

Persiapan mudik dengan naik mobil yang perlu Anda persiapkan sebelum melakukan perjalanan ialah mengecek kondisi mobil. Anda bisa melakukan pemeriksaan pada sistem transmisi mobil, sistem pengereman, sistem kelistrikan, sistem pendingin, mesin, hingga ban mobil. 

Jika kondisi mobil Anda kurang prima, Anda bisa membawa mobil Anda ke bengkel Daihatsu terdekat untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Kondisi mobil yang kurang prima dapat menghambatkan perjalanan Anda, dan berpotensi besar terhadap terjadinya kecelakaan. Pastikan mobil Anda sudah di servis tujuh hari sebelum melakukan perjalanan.

2. Pastikan bahan bakar sudah terisi penuh sebelum melakukan perjalanan

Persiapan kedua, Anda perlu mengisi tangki bahan bakar mobil Anda secara penuh sebelum melakukan perjalanan. Hal tersebut perlu Anda lakukan, karena Anda tidak dapat memprediksi apakah kondisi jalanan lancar atau lumpuh karena macet.

Baca Juga : Tips Menentukan Jenis Bahan Bakar Sesuai Mobil

3. Pastikan Anda membawa peralatan perbaikan mobil beserta perlengkapan cadangan

Persiapan ketiga, Anda perlu membawa peralatan perbaikan mobil serta perlengkapan cadangan seperti ban serep. Hal tersebut perlu Anda persiapkan guna mengantisipasi kemungkinan adanya masalah pada mobil. Contohnya ban bocor atau pecah di tengah jalan.

4. Bijak dalam membawa muatan barang

Membawa barang bawaan untuk mudik memang sah-sah saja. Justru Anda dianjurkan untuk membawa beberapa pakaian, serta makanan atau minuman. Membawa bekal makanan dan minuman sendiri sebelum mudik, dapat menghindari dehidrasi ketika berkendara serta menghemat pengeluaran. 

Namun, Anda juga perlu memperhatikan barang muatan yang perlu Anda bawa. Jika barang bawaan Anda terlalu banyak, justru dapat mengganggu performa mobil dalam manuver, Mesin mobil menjadi lebih berat saat bekerja, sehingga dapat menyebabkan mobil overheat.

Selain itu, kelebihan muatan juga dapat membuat mobil oleng ketika dikemudikan sehingga mengancam keselamatan Anda dan penumpang lainnya.

Baca Juga : 5 Tips Membawa Bekal Makanan Selama Mudik

5. Jangan lupa bawa SIM dan dokumen penting lainnya

Persiapan selanjutnya, Anda perlu menyiapkan SIM, serta dokumen penting lainnya seperti kartu tol, atau bukti telah melakukan vaksinasi covid-19. Karena dokumen-dokumen tersebut merupakan syarat utama melakukan mudik di era endemi covid ini.

6. Membawa uang tunai

Persiapan keenam., Anda perlu menyiapkan beberapa uang tunai. Hal tersebut perlu Anda siapkan guna mengantisipasi tempat-tempat persinggahan yang tidak menerima pembayaran secara digital. Misalnya, warteg, wc umum, atau tempat parkir umum.

7. Pelajari rute perjalanan terlebih dahulu

Persiapan ketujuh, Anda perlu mempelajari rute perjalanan mudik sebelum melakukan perjalanan guna menghindari kelumpuhan jalan akibat macet. 

8. Persiapkan biaya akomodasi perjalanan jauh-jauh hari

Sebelum mudik, Anda perlu mempersiapkan akomodasi perjalanan dan biaya lain jauh-jauh hari. Hal tersebut agar tidak berdampak pada kondisi keuangan Anda setelah mudik. Pastikan Anda mudik, dengan kondisi keuangan yang masih sehat.

9. Persiapkan kondisi fisik sebaik mungkin

Dan persiapan terakhir, Anda perlu menjaga kondisi fisik Anda agar tetap bugar dan prima. Anda bisa berolahraga secara rutin sebelum melakukan perjalanan. Pastikan Anda mengonsumsi vitamin dan mineral yang cukup. Serta istirahat yang cukup, agar tidak kelelahan dan mengantuk ketika mengendarai mobil. 

Demikian beberapa tips dan persiapan yang perlu Anda persiapkan sebelum mudik dengan naik mobil. Semoga tips-tips di atas dapat menambah keamanan dan kenyamanan perjalanan Anda. 


Tag

Tips & Trick

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Agar Terhindar Dari Penyakit Musiman, Yuk Kenali Jenis-Jenis Hujan Berikut Ini!

2021-01-31

Hujan menjadi fenomena alam yang sering terjadi di dunia ini akibat proses kondensasi uap air. Hujan ini tentunya akan memberikan manfaat bagi setiap makhluk yang tingga

thumbnail

11 Tips Persiapan Mudik dengan Mobil Pribadi, Hemat & Aman!

2023-02-13

Mudik merupakan budaya yang tidak dipisahkan bagi masyarakat Indonesia. Alasan utamanya adalah rindu akan kampung halaman. Ketika musim mudik tiba, tidak sedikit jal

thumbnail

8 Mitra Pelatihan Kartu Prakerja dan Durasi Pelatihannya

2020-11-04

Bantuan semi-BLT yang diberikan pemerintah dalam bentuk program

thumbnail

Cara Mudah Presentasi di Google Meet

2021-01-28

Di era pandemi Covid-19 , virtual meeting menjadi solusi untuk menggantikan pertemuan tatap muka. Berbagai aplikasi yang menunjang produktivitas pun terus bermunculan.&n