Logo Daihatsu
Menu

Apa Bedanya Wiper Hybrid dan Wiper Frameless?

Otomotif

2022-04-23

Beda Wiper Hybrid dan Wiper Frameless

Beda wiper hybrid dan wiper frameless menjadi pembicaraan yang sering dipertanyakan oleh pemilik kendaraan mobil. Mengapa? Karena kedua hal tersebut memiliki kemampuan yang berbeda.

Memiliki wiper mobil yang bagus tentu menjadi incaran semua orang, apalagi dikala musim hujan di mana Anda membutuhkan penglihatan yang baik agar dapat menjaga keselamatan.

Dibawah ini adalah perbedaan antara wiper hybrid dan wiper frameless yang perlu diketahui.

Beda Wiper Hybrid dan Wiper Frameless pada Kaca Mobil

Wiper umumnya ditaruh pada bagian depan dan belakang mobil, komponen tersebut berguna untuk membersihkan otomatis kaca mobil agar memudahkan Anda saat berkendara.

Tanpa adanya wiper atau wiper Anda rusak, maka penglihatan Anda pun bisa terganggu, bahkan bisa membahayakan pengemudi di kala hujan. Maka dari itu, perlu bagi Anda untuk memiliki wiper mobil yang baik.

Ingin tahu apa perbedaan antara kedua jenis wiper tersebut? Simak ulasannya dibawah ini!

1. Kemampuan Wiper

Wiper frameless terdiri dari bahan karet yang lembut dan sangat kuat, sehingga dapat menyapu air dengan sangat baik. Selain itu tipe frameless lebih aman untuk kaca mobil karena tidak menggunakan rangka besi. Jadi, Anda tidak perlu khawatir kaca akan tergores dan berkarat.

Tetapi kelemahannya, wiper frameless tidak mampu menyapu keseluruhan air secara optimal pada bagian pinggir kaca, hanya mampu pada bagian tengahnya saja.

Sementara wiper hybrid terdiri dari komponen bracket dan holder plastik yang membuat wiper ini lebih kuat dan ringan. Berbeda dengan wiper frameless, hybrid memiliki jangkauan sapu yang lebih luas dan optimal.

2. Tingkat Keawetan

Wiper frameless tidak lebih awet daripada wiper hybrid, hal ini dikarenakan frameless memiliki karet yang mudah menipis akibat terlalu sering digunakan. Selain itu, karet frameless tidak bisa diganti, sehingga Anda harus menggantinya secara keseluruhan

Sementara, berdasarkan beberapa testimoni yang menggunakan wiper hybrid, tingkat keawetan hybrid lebih baik daripada jenis wiper frameless dan wiper konvensional.

3. Harga Wiper

Harga wiper frameless dan hybrid juga berbeda, bisa dibilang wiper hybrid merupakan jenis wiper yang paling mahal. Jika wiper frameless harganya dua kali lipat dari harga wiper konvensional, maka wiper hybrid premium akan lebih mahal lagi.

Baik wiper frameless dan wiper hybrid keduanya sama-sama memiliki kemampuan yang baik. Namun hal tersebut kembali pada selera dan budget Anda, karena yang terpenting adalah selalu menjaga kondisi wiper mobil.

4. Bentuk Kaca Mobil

Kinerja wiper frameless tergantung dengan bentuk kaca mobil Anda. Apabila kaca mobil Anda terlalu cembung, maka frameless bukanlah pilihan yang tepat. Namun jika Anda menggunakan hybrid, bagaimanapun bentuk kaca mobil tersebut, Anda bisa menggunakannya.

5. Tampilan Wiper

Ada tampilan yang berbeda antara wiper frameless dan wiper hybrid, yaitu memiliki keunggulan utama model tanpa bingkai – efek sayap aerodinamis. Model tersebutlah yang berkontribusi pada kesesuaian yang lebih baik ke permukaan kaca.

Sementara wiper frameless tidak memiliki keunggulan itu, sehingga membuatnya tidak bekerja maksimal pada bagian pinggiran kaca.

Itu dia beda wiper frameless dan wiper hybrid yang tampak menonjol. Selain kedua jenis wiper tersebut, sebenarnya masih ada lagi jenis lainnya yakni seperti wiper konvensional, wiper full frame, wiper flat-blade dan wiper refill. Namun jenis frameless dan hybrid adalah wiper andalan bagi pemilik mobil, sehingga sangat menarik untuk dibahas.

Bagi Anda pengguna mobil Daihatsu dan ingin mengganti wiper mobil Anda, maka segeralah pergi ke bengkel resmi dan jangan lupa booking melalui website Daihatsu. 


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Yuk Ketahui Cara Menghitung Pajak Progresif Kendaraan yang Benar

2022-04-23

Ingin membeli kendaraan pribadi guna penuhi kebutuhan mobilisasi? Hal ini bisa saja Anda lakukan sesuai keinginan. Namun apakah Anda tahu, bahwa setiap kendaraan yang An

thumbnail

Cara Melakukan Perawatan Freon AC Mobil yang Aman dan Praktis!

2022-04-23

Kenyamanan berkendara seseorang ketika mengendarai sebuah mobil biasanya semakin meningkat dengan keberadaan AC mobil. Namun begitu, freon AC mobil biasanya bisa habis d

thumbnail

Cara Mengecek dan Membersihkan Filter Kabin Sendiri

2022-04-23

Untuk merawat kebersihan mobil, maka Anda tidak hanya perlu mengecek bagian luarnya saja, tetapi juga bagian dalamnya termasuk filter kabin. Jika kabin dalam keadaan ber

thumbnail

Komponen Propeller Shaft - Mengenal Fungsi dan Cara Kerjanya

2022-04-23

Dalam mengemudi kendaraan roda empat, terdapat komponen utama yang digunakan untuk meneruskan tenaga atau memindahkan putaran mesin melalui transmisi ke gardan.