Logo Daihatsu
Menu

Apa itu Ban Tubeless dan Keunggulannya Dibanding Ban Biasa?

Otomotif

2022-08-12

apa itu ban tubeless

Apa itu ban tubeless? Pertanyaan seperti ini mungkin sering Anda dengar. Perlu diketahui, ban tubeless berbeda dari ban biasa yang mudah ditemui sekarang ini. Semakin lama, memang semakin banyak pengendara yang menyadari pentingnya penggunaan ban tubeless. 

Namun, sebelum Anda memutuskan untuk menggunakan ban tubeless, tidak ada salahnya mengenal jenis ban ini terlebih dahulu beserta dengan keunggulan yang dimilikinya. 

Baca Juga : Merk Terbaik Ban Tubeless yang Tersedia di Pasaran

Apa itu Ban Tubeless? 

Ban tubeless adalah ban yang dirancang tidak memiliki ban dalam. Ban tubeless tidak memiliki ban dalam di sana, sehingga desain ini lebih aman dari kebocoran bila dibandingkan dengan ban biasa. 

Lantas apakah ban tubeless bisa bocor? Tentu saja bisa. Meskipun tidak memiliki ban dalam, bukan berarti ban tubeless tidak dapat bocor. Namun, cara menambal ban tubeless bocor bisa dilakukan sendiri tanpa harus datang ke bengkel.

Kelebihan ban tubeless mempunyai karakter yang jauh lebih kokoh. Saat melihatnya, mungkin Anda akan menganggap ban tubeless sama dengan ban biasa. Padahal, salah satu perbedaannya ada pada bagian strukturnya. 

Inilah alasan banyak yang menggunakan ban tubeless pada medan jalanan yang beragam serta untuk memenuhi kebutuhan touring.

Sayangnya, ban tubeless juga memiliki kekurangan. Apa kekurangan ban tubeless? Salah satu kekurangan yang dimiliki ban tubeless adalah tidak dapat menahan getaran seperti ban biasa. 

Biasanya, ban tubeless menggunakan bahan dari karet fiber. Dengan adanya bahan tersebut, ban dapat menyerap getaran apapun. Bukan hanya itu, kemampuan ban dalam mencengkram bahan karet juga jauh lebih baik. 

Baca Juga : 4 Tips Merawat Ban Tubeless Agar Performa Tetap Bagus

Apa Keuntungan dari Ban Tubeless?

Setelah mengetahui apa itu ban tubeless berikutnya adalah keunggulan ban tubeless dibandingkan dengan ban biasa. Berikut sejumlah kelebihan dari ban tubeless, antara lain:

1. Daya Tahan Jauh Lebih Kuat

Apakah ban tubeless lebih awet? Ya, tentu saja lebih awet dan kuat bila dibandingkan dengan ban biasa. Jenis ban tubeless mempunyai daya tahan yang jauh lebih kuat.

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, ban tubeless tidak memiliki ban bagian dalam karena terdapat fluid sealant yang berguna merekatkan bagian yang bocor. 

Sehingga, saat terdapat benda tajam seperti paku yang tertancap di ban, nantinya fluid sealant akan memadatkan bagian ini sehingga tidak terjadi kebocoran. Anda tidak perlu cemas akan mengalami kebocoran sepanjang perjalanan. 

Bila Anda menemukan paku yang menancap di ban, Anda dapat langsung menariknya, dan menggunakan cairan khusus. Umumnya, setiap pembelian ban terdapat cairan khusus sebagai penutup lubang sementara. 

2. Tidak Perlu Menunggu Waktu Lama untuk Menambal Ban

Setiap pembelian ban tubeless akan memperoleh cairan khusus. Cairan ini akan membuat Anda bisa dengan mudah melakukan tambal ban tubeless sendiri. Anda hanya perlu mengoleskan cairan ban tubeless di bagian yang bolong atau bagian yang tertusuk benda tajam. 

Kemudian, tunggu beberapa saat sampai cairan mengeras. Tetapi, harus diingat jika penambalan dengan cairan anti bocor tidak langsung membuat ban terus bisa digunakan. Ban tubeless tetap harus ditambal sesegera mungkin agar tidak menimbulkan celah semakin lebar. 

3. Sulit Bocor

Apa perbedaan ban tubeless dan ban biasa? Ban tubeless sangat identik sebagai sebuah ban yang aman dari kebocoran karena tertusuk benda tajam. Berbeda dengan ban biasa yang rawan sekali mengalami ban bocor.

Hal ini bukan menjadi isapan jempol belaka, karena ban tubeless memang sulit bocor. Lebih-lebih ketika ban tubeless terindikasi bocor, ban masih bisa digunakan sampai jarak tempuh 200 kilometer.

Setelah mengenal apa itu ban tubeless hingga kelebihan yang dimiliki jenis ban ini, tentu Anda semakin tertarik menggunakan ban ini, bukan? Meskipun demikian, perawatan ban tubeless secara berkala tetap harus dilakukan. 

Bila Anda ingin merawat ban tubeless agar performa tetap bagus, jangan ragu datang ke bengkel resmi Daihatsu.

Daihatsu memiliki komitmen untuk memberi pelayanan optimal pada semua pelanggan. Tidak memiliki banyak waktu? Anda dapat melakukan booking service dan datang sesuai dengan waktu yang sudah dijadwalkan.


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Penyebab Malfungsi pada Transmisi CVT dan Tanda-tandanya

2022-08-12

Penyebab malfungsi pada transmisi CVT seringkali tidak disadari oleh pengendaranya, sehingga merusak beberapa komponen transmisi CVT. Hal ini juga pernah dilaporkan oleh

thumbnail

Airbag Mobil, Meningkatkan Proteksi Berkendara

2022-08-12

Airbag mobil ialah perangkat keselamatan yang biasanya diterapkan di bagian setir. Seperti yang sudah diketahui bahwa penawaran berbagai jenis mobil kian meningkat. Kons

thumbnail

Tips Menaruh Tutup Tangki saat Isi BBM Agar Tidak Kelupaan

2022-08-12

Setiap pabrikan mobil tentu memiliki desain tersendiri dalam menentukan letak tangki dan posisi tutup tangki BBM (bahan bakar minyak). Sayangnya, terkadang saat Anda mel

thumbnail

Mengenal Mesin Mobil Hybrid dan Kelebihannya

2022-08-12

Seiring dengan berkembangnya inovasi dunia otomotif, Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan mesin mobil hybrid. Mesin hybrid adalah mesin yang sumber pengg