Logo Daihatsu
EN | ID

Tips Sahabat

Bagikan
Apa itu Brake Fluid? Ini Fungsi dan Cara Kerjanya
09 Februari 2023
brake fluid adalah

Brake fluid adalah istilah lain dari minyak rem. Komponen ini memiliki fungsi penting terhadap hasil kinerja sistem pengereman. Selain itu, komponen ini memiliki fungsi lain yang akan dijelaskan pada ulasan berikut ini.

Apa Itu Brake Fluid?

Sebelum Anda mengetahui apa saja fungsi dari brake fluid, Anda perlu mengetahui apa itu brake fluid sebenarnya? Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, brake fluid adalah istilah lain dari minyak rem.

Komponen brake fluid ini sangat berperan penting dalam keberhasilan fungsi sistem pengeraman. Karena komponen ini memiliki formula khusus agar daya pengereman yang dihasilkan pedal rem sesuai harapan, brake fluid bersifat kohesif. Kehadirannya tidak dapat digantikan oleh cairan lainnya.

Untuk itu, dalam memilih brake fluid atau minyak rem ini jangan sembarangan. Pilihlah brake fluid yang berkualitas, jika Anda masih bingung brake fluid atau minyak rem yang berkualitas yang mana, bisa simak rekomendasinya disini.

Fungsi brake fluid

Ada beberapa fungsi brake fluid yang perlu Anda ketahui. Berikut fungsi selengkapnya.

1. Membersihkan kotoran yang melekat pada sistem pengereman

Brake fluid berfungsi sebagai cairan pembersih kotoran atau debu yang menempel di komponen pengereman mobil. Kotoran tersebut nantinya akan dikeluarkan oleh brake fluid sehingga membuat sistem pengereman mobil bersih dan berfungsi dengan baik. 

2. Sebagai pelumas komponen sistem pengereman

Di dalam sistem pengereman, terdapat beberapa komponen yang nantinya akan saling bergesekan ketika pedal rem diinjak. Apabila komponen tersebut tidak terlumasi dengan baik maka komponen tersebut akan cepat aus. Brake fluid di sini berfungsi mengurangi gesekan tersebut, sehingga komponen pada sistem pengereman mobil tidak mudah aus.

3. Dapat menahan panas dan menjaga suhu

Ketika Anda melakukan pengereman secara mendadak dalam kondisi berbelok dapat menimbulkan gesekan antar komponen pengereman. Gesekan tersebut menimbulkan panas, sehingga membutuhkan cairan untuk mendinginkannya.

Jika tidak maka fungsi pengeraman tidak dapat berjalan dengan baik. Untuk meredam suhu panas tersebut,diperlukan brake fluid karena cairan ini bersifat kohesif (dapat menahan panas dan menjaga suhu agar tetap dingin).

4. Menyeimbangkan tekanan

Brake fluid dapat menyeimbangkan tekanan pada seluruh komponen sistem pengereman ketika mobil mengerem. Dengan begitu, ketika mengerem mobil secara otomatis semua roda mobil berhenti secara bersamaan.

Baca Juga : Efek Negatif Ketika Minyak Rem Tercampur dengan Air

Cara Kerja Brake Fluid

Brake fluid memiliki cara kerja tersendiri. Untuk selengkapnya, perhatikan ulasan berikut ini.

Cara kerja brake fluid, terjadi ketika Anda mulai melakukan pengereman mobil. Ketika mobil sedang di rem, maka akan tercipta gesekan antara bagian cakram dengan kampas rem. Gesekan tersebut tercipta akibat kolaborasi dari master dengan piston. 

Gesekan tersebut menimbulkan panas yang berguna untuk menghentikan laju roda sesuai tekanan yang diberikan oleh tromol. Panas yang terlalu tinggi dapat menyebabkan fungsi sistem pengereman menjadi kacau. Karena mempercepat gesekan logam dan cakram sehingga komponen sistem pengereman cepat aus. 

Di sini brake fluid bekerja sebagai pelumas, yang akan mengurangi gesekan yang terlalu tinggi sehingga suhu dari gesekan tersebut tidak terlalu panas.

Dengan begitu, komponen sistem pengereman tidak mudah aus. Permukaan antar komponen sistem pengereman menjadi lebih licin sehingga tekanan menjadi lebih seimbang. Alhasil laju roda akan terhenti secara bersamaan dengan waktu henti yang tepat. Dengan begitu sistem pengereman mobil Anda bisa berjalan dengan baik.

Baca Juga : Memahami Prinsip dan Cara Kerja Rem Mobil

Waktu yang Tepat untuk Mengganti Brake Fluid

Agar fungsi sistem pengereman mobil dapat bekerja dengan baik, maka Anda perlu mengetahui kapan waktu yang tepat untuk mengganti brake fluid. Sebaiknya, Anda melakukan penggantian brake fluid secara rutin dan berkala.

Anda bisa menggantinya ketika jarak tempuh mobil Anda mencapai 30 ribu hingga 40 ribu kilometer. Jangan lupa gunakan brake fluid dengan kualitas terbaik saat melakukan penggantian. Anda bisa mendapatkan produk terbaik tersebut di dealer Daihatsu terdekat.

Tips Sahabat Lainnya
Tips Mengenali Gejala Busi Mobil Rusak
Tips Mengenali Gejala Busi Mobil Rusak
Busi memegang peranan penting sebagai salah satu komponen suku cadang kendaraan otomotif termasuk mobil. Busi mobil yang bermasalah dapat menyebabkan mesin mobil tidak dapat bekerja secara seimbang ak
30 Komponen Karburator Mobil Dan Fungsinya
30 Komponen Karburator Mobil Dan Fungsinya
Bagi Sahabat pengguna mobil tua, tentu tidak asing lagi dengan komponen karburator mobil. Karburator ini tidak akan kita temukan pada kendaraan keluaran terbaru. Karena mobil yang diproduksi baru-baru
Air Radiator Mobil yang Bagus
Air Radiator Mobil yang Bagus
Memilih air radiator untuk mesin mobil yang bagus sangat penting untuk menjaga suhu mesin mobil agar tetap ideal. Penggunaan air radiator mobil yang tidak tepat dapat berimbas kepada mesin mobil yang
Cara Kerja Karburator Mobil
Cara Kerja Karburator Mobil
Cara Kerja Karburator Mobil - Sekarang ini memiliki mobil memang sangatlah mudah. Apalagi dengan banyaknya yang menawarkan pembelian mobil dengan DP rendah atau bahkan tanpa DP. Bagi orang membutuhka

Booking Servis Melalui Aplikasi DaihatsuKu

Dapatkan penawaran menarik untuk layanan perawatan berkala pada kendaraan Anda

Logo PlaystoreLogo Appstore
Mockup Aplikasi DaihatsuKu
Semua Hak Dilindungi Undang-Undang@ Hak Cipta 2024 PT Astra Daihatsu Motor