Logo Daihatsu
EN | ID

Tips Sahabat

Bagikan
Apa itu Facelift pada Mobil? Kenali Perbedaanya dengan All New
01 Februari 2023
Apa itu Facelift pada Mobil? Kenali Perbedaanya dengan All New

Anda pasti pernah mendengar istilah Facelift dan All New ketika sedang membaca brosur penjualan kendaraan. Ataupun ketika sedang melihat iklan penjualan kendaraan. Bagi seseorang yang berkecimpung di dunia otomotif, mungkin istilah tersebut tidaklah asing. Namun, bagi orang awam, kerap kali salah memahami istilah tersebut. Facelift adalah bentuk penyegaran desain terhadap bentuk mobil, sama halnya dengan All New. Akan tetapi, keduanya memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Agar Anda tidak penasaran, yuk perhatikan perbedaannya seperti berikut.

Perbedaan Facelift dan All New

Berikut beberapa perbedaan yang perlu Anda ketahui antara Facelift dan All New.

1. Secara bahasa berbeda arti

Perbedaan pertama, dari kedua istilah tersebut bisa dilihat dari segi arti bahasa. Facelift sendiri jika diartikan secara bahasa berarti penyegaran penampilan. Sedangkan All New memiliki arti semuanya baru.

2. Secara teknis

Perbedaan kedua, bisa dilihat dari segi teknis. Secara teknis, Facelift merupakan suatu bentuk penyegaran desain mobil namun tidak dilakukan secara menyeluruh. Facelift hanya mengubah sedikit desain dari interior ataupun eksterior kendaraan. Biasanya pada mobil dengan jenis Facelift, hanya mengubah desain dari grille, headlight, tail light, ataupun strip mobil. Serta terkadang menambahkan sebagian  fitur baru. 

Sedangkan All New, mengubah desain kendaraan secara keseluruhan. Baik itu dari segi desain interior, eksterior, fitur, rangka kendaraan hingga kode sasis, sehingga penampilan mobil benar-benar berubah dan berbeda jauh dari tipe sebelumnya.

Baca Juga : Jenis-Jenis Mobil di Indonesia, Yuk Ketahui Disini!

3. Secara tujuan

Perbedaan ketiga, terletak pada tujuan pembuatannya. Tujuan utama dibuatnya Facelift untuk meningkatkan penjualan. Dengan adanya Facelift, konsumen akan lebih tertarik dengan kendaraan yang dijual karena penampilannya lebih keren. Selain itu, tujuan dilakukannya Facelift, untuk mengisi sementara waktu ketika produsen mobil sedang membuat kendaraan tipe All New. 

Seperti diketahui, pembuatan kendaraan dengan tipe All New membutuhkan waktu yang cukup lama. Hal tersebut terjadi karena desain kendaraan diubah secara total, agar penampilannya terlihat lebih segar, dan keren. Selain itu, biaya produksi yang dikeluarkan juga terbilang besar karena produsen membutuhkan riset terlebih dahulu. Hal tersebut dilakukan, agar kendaraan tipe All New dapat diterima oleh khalayak ramai.

Sekarang Anda sudah mengetahui perbedaan antara Facelift dan All New. Jadi Anda lebih tertarik memilih tipe Facelift atau All New? Jika Anda masih bingung, yuk perhatikan rekomendasi berikut ini.

Rekomendasi Mobil Facelift dari Daihatsu

Berikut beberapa rekomendasi mobil Facelift dari Daihatsu yang bisa Anda pilih.

1. Daihatsu Ayla

Seperti diketahui, Daihatsu Ayla sudah mengalami Facelift sebanyak dua kali semenjak diluncurkan pertama kali di Indonesia pada tahun 2013. Pada tahun 2017, mobil ini mengalami Facelift untuk pertama kalinya yaitu dengan mengubah eksterior mobil, yaitu dengan menggunakan projector headlamp yang sudah dilengkapi dengan LED DRL.

Sedangkan untuk Facelift keduanya, bagian grill mobil diubah menjadi warna black piano dengan tambahan aksen warna chrome. Tidak hanya itu bagian spion, lampu belakang, velg, dan decal deluxe juga diubah. Perubahan tersebut dilakukan pada tahun 2020.

2. Daihatsu Terios Gen-2

Mobil Daihatsu Terios Gen-2 ini mengalami Facelift pada tahun 2021, dengan menambahkan fitur hill start assist, vehicle stability, dan fitur economic idle.

3. Daihatsu Sirion

Pada tahun 2022, Daihatsu Sirion mengalami Facelift dengan mengubah desain bumper, lampu LED, grill, hingga penggunaan fitur baru. Mulai dari transmisi D-CVT, sistem Traction Control hingga Vehicle Stability Control. 

Rekomendasi Mobil All New dari Daihatsu

Berikut rekomendasi mobil All New dari Daihatsu.

1. All New Daihatsu Terios

Mobil ini memiliki penampilan yang lebih keren daripada tipe sebelumnya. Dan memiliki mesin yang lebih bertenaga.

2. All New Xenia

Mobil ini juga memiliki penampilan yang lebih keren daripada tipe sebelumnya, sehingga terlihat lebih modern dan elegan.

Demikianlah informasi mengenai Facelift pada mobil dan perbedaannya dengan All New. Semoga bisa bermanfaat. Ikuti terus artikel menarik lainnya hanya di daihatsu.co.id.

Tips Sahabat Lainnya
Memilih Cover Mobil Anti Air yang Bagus dan Aman
Memilih Cover Mobil Anti Air yang Bagus dan Aman
Perawatan mobil tentu harus menyeluruh dari mulai mesin hingga body luarnya. Membiarkan penampilan bodi luar mobil yang rusak akan berpengaruh juga terhadap nilai mobil tersebut seperti cat yang kusam
11 Rekomendasi Merk Cat Mobil yang Awet dan Bagus
11 Rekomendasi Merk Cat Mobil yang Awet dan Bagus
Rekomendasi merk cat mobil dengan kualitas bagus sehingga bisa bertahan lama memang selalu dibutuhkan oleh pemilik mobil hingga pecinta otomotif. Hal itu dikarenakan memiliki mobil dengan warna mengil
30 Komponen Karburator Mobil Dan Fungsinya
30 Komponen Karburator Mobil Dan Fungsinya
Bagi Sahabat pengguna mobil tua, tentu tidak asing lagi dengan komponen karburator mobil. Karburator ini tidak akan kita temukan pada kendaraan keluaran terbaru. Karena mobil yang diproduksi baru-baru
20 Rekomendasi Parfum Mobil Terbaik & Wangi Tahan Lama
20 Rekomendasi Parfum Mobil Terbaik & Wangi Tahan Lama
Selera wangi parfum mobil itu tergantung masing-masing individu. Cocok untuk orang lain belum tentu cocok untuk kita. Daripada bingung, di bawah ini ada 20 terbaik dengan berbagai rentang harga dan v

Booking Servis Melalui Aplikasi DaihatsuKu

Dapatkan penawaran menarik untuk layanan perawatan berkala pada kendaraan Anda

Logo PlaystoreLogo Appstore
Mockup Aplikasi DaihatsuKu
Semua Hak Dilindungi Undang-Undang@ Hak Cipta 2024 PT Astra Daihatsu Motor