Logo Daihatsu
Menu

Apa itu Fuse Mobil? Ini Fungsi dan Macamnya

Otomotif

2023-01-03

Apa itu Fuse Mobil? Ini Fungsi dan Macamnya

Fuse mobil di kalangan masyarakat awam sering disebut dengan sekring mobil. Komponen ini ternyata terdiri dari berbagai macam jenis. Komponen ini juga memiliki peran yang sangat penting pada mobil. Agar Anda lebih memahaminya, yuk perhatikan ulasan berikut ini.

Apa itu Fuse Mobil?

Fuse pada mobil, memiliki sebutan lain yaitu sekring mobil. Komponen ini merupakan salah satu komponen mobil yang memiliki peran penting terhadap sistem kelistrikan mobil. Lantas apa fungsi dari komponen tersebut? Untuk selengkapnya, perhatikan ulasan berikut.

Fungsi Fuse pada Mobil?

Berikut beberapa fungsi fuse pada mobil yang perlu Anda ketahui.

1. Pemutus aliran listrik apabila melebihi kapasitas yang ditentukan

Fungsi utama dari fuse atau sekring mobil ialah untuk memutus aliran arus listrik pada sistem kelistrikan mobil. Pemutusan aliran arus listrik tersebut terjadi apabila aliran arus listrik yang mengalir melebihi kapasitas yang sudah ditentukan.

Kondisi tersebut dapat mencegah adanya korsleting pada komponen-komponen kelistrikan mobil sehingga mencegah mobil terbakar.

2. Mencegah kerusakan pada komponen mobil lainnya

Seperti dijelaskan sebelumnya, fuse dapat mencegah adanya korsleting yang berpotensi besar merusak komponen sistem kelistrikan listrik.

Korsleting juga dapat menimbulkan kebakaran pada mobil yang juga dapat menimbulkan kerusakan lain pada mobil. Dengan adanya fuse atau sekring, maka komponen mobil lainnya dapat terhindar dari kerusakan yang ditimbulkan korsleting.

3. Sensor penanda adanya kerusakan di dalam sistem kelistrikan mobil

Fuse juga dapat berfungsi sebagai sensor penanda apabila ada masalah atau kerusakan pada sistem kelistrikan. Jadi Anda bisa menentukan masalah apa yang terjadi, apakah masalah short circuit atau overload. Dengan begitu, Anda bisa menentukan langkah apa yang tepat untuk mengatasi masalah tersebut.

4. Dapat mengetahui berapa kapasitas maksimal arus listrik

Seperti yang Anda ketahui, fuse atau sekring pada mobil memiliki beberapa jenis. Pada jenis sekring blade, Anda bisa mengetahui besaran kapasitas maksimal arus listrik berdasarkan warnanya seperti berikut.

  • Warna cokelat = 7.5 ampere
  • Warna merah = 10 ampere
  • Warna biru = 15 ampere
  • Warna kuning = 20 ampere
  • Warna putih = 25 ampere
  • Warna hijau = 30 ampere
  • Warna orange = 45 ampere

Baca Juga : 16 Arti Kode Sekring Mobil & Cara Membaca Dengan Mudah

Jenis-Jenis Fuse pada Mobil

Berikut beberapa jenis fuse mobil yang perlu Anda ketahui.

1. Fuse cartridge

Fuse ini berbentuk seperti tabung terlihat transparan di tengahnya dan terbuat dari bahan dasar keramik. Di bagian ujung fuse tersebut terdapat logam besi berukuran kecil, dan terdapat kapasitas maksimal arus listrik yang dapat dimuat.

2. Fuse tabung

Fuse ini memiliki bentuk yang mirip dengan fuse cartridge. Namun, bedanya terbuat dari bahan kaca di bagian tengahnya. Fuse jenis ini sekarang sulit Anda temui, karena jenis ini termasuk fuse jenis klasik yang digunakan pada tahun 80-an.

3. Fuse tancap atau fuse blade

Fuse ini memiliki banyak warna, dan pada setiap warnanya terdapat kapasitas maksimal arus listrik yang dapat diterima. Fuse ini berbentuk kotak dan terbuat dari bahan plastik yang bersifat tidak gampang terbakar. Fuse jenis ini juga memiliki beberapa tipe. Berikut tipe selengkapnya.

  • Micro 2
  • Micro 3
  • LP (Low Profile) Mini Fuse
  • Maxi
  • Regular
  • Mini

4. Fuse fusible link

Fuse ini memiliki desain dua strip logam yang di solder secara bersamaan, agar mudah terputus apabila terkena suhu yang panas.

Baca Juga : Tips Memasang Sekring Agar Modifikasi Audio Mobil Makin Aman

5. Fuse Yazaki

Fuse ini merupakan penyempurnaan dari fuse fusible link, dan disertai dengan desain yang kompleks sehingga dapat menjaga keamanan wiring pada kabel aki. 

Mengingat fungsinya yang cukup penting, Anda perlu memeriksa komponen ini secara rutin. Ganti dengan segera komponen ini apabila sudah rusak, agar sistem kelistrikan mobil dapat berfungsi dengan baik. 


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Peran Penting Ring Piston Mobil hingga Tips Jitu Perawatannya

2021-05-06

Ring piston mobil merupakan salah satu bagian mesin sebagai komponen slow moving. Menjadi salah satu sparepart yang berada di dalam sehingga tidak bisa dil

thumbnail

Bahaya Sering Menyetir Terlalu Lama

2021-02-19

Jalanan yang padat bahkan macet bukan lagi hal asing di kota-kota besar. Kondisi jalanan yang demikian dapat membuat seseorang harus menyetir selama satu sampai dua jam

thumbnail

5 Jenis Ban Mobil yang Ada di Pasaran

2020-11-09

Ban merupakan salah satu komponen vital bagi kendaraan bermotor, dimana fungsinya sendiri bak kaki pada manusia. Tanpa adanya ban, kemungkinan besar kendaraan tidak akan