Logo Daihatsu
Menu

Apa itu Muffler Knalpot Mobil? Ini Jenis dan Fungsinya

Otomotif

2022-11-22

Apa itu Muffler Knalpot Mobil? Ini Jenis dan Fungsinya

Muffler knalpot mobil adalah salah satu komponen yang terdapat dalam sistem pembuangan mobil. Muffler juga memiliki peran yang cukup penting di dalam knalpot mobil.

Ada beragam jenis muffler knalpot yang beredar di pasaran saat ini. Sebagian dari jenis muffler tersebut digunakan untuk keperluan modifikasi mobil agar terlihat semakin keren. Agar Anda tidak penasaran? Perhatikan jenis-jenis muffler yang beredar di pasaran beserta fungsi muffler sebenarnya. 

Jenis-jenis Muffler Knalpot Mobil

Muffler pada knalpot mobil dibagi berdasarkan bahan baku pembuatannya dan konstruksi pembuatannya. Untuk selengkapnya, perhatikan ulasan berikut ini.

1. Berdasarkan Bahan Bakunya

Memahami material yang digunakan untuk muffler, sangat membantu Anda untuk memahami lebih dalam apa fungsi muffler sebenarnya.

  • Galvanis

Jika Anda ingin memiliki muffler knalpot yang anti karat, Anda bisa memilih muffler dengan bahan baku galvanis. Namun, bobot dari muffler jenis ini terbilang berat.

  • Stainless & aluminium

Bahan baku ini sangat cocok bagi Anda yang menginginkan muffler knalpot dengan bobot ringan. Bobot dari stainless dan aluminium memang lebih ringan dari galvanis. Namun, memiliki daya tahan yang kuat terhadap karat sama seperti galvanis. Tak ayal bahan baku ini sering digunakan sebagai bahan baku knalpot racing.

  • Titanium

Bahan baku ini memiliki sifat anti karat sama seperti galvanis, dan stainless. Bobot yang dimilikinya juga ringan. Selain itu, titanium juga kuat terhadap paparan suhu panas, sehingga membuat muffler lebih awet.

  • Carbon

Bahan baku ini merupakan bahan terbaik untuk membuat muffler karena dapat mengoptimalkan kinerja knalpot. Namun, untuk memiliki muffler jenis ini, Anda perlu merogoh kocek yang cukup mahal.

Baca Juga : Apa Itu Katalis Knalpot Mobil? Ini Fungsi & Jenisnya

2. Berdasarkan konstruksi pembuatannya

Berikut beberapa jenis muffler berdasarkan konstruksinya.

  • Muffler standar pabrikan

Muffler ini merupakan muffler asli dari pabrikan knalpot kendaraan. Muffler ini memiliki saluran pipa masuk dan pipa buang untuk sirkulasi gas buang. Temperatur gas buang dari muffler pabrikan terbilang rendah karena di dalam saluran pipa memiliki ruang resonansi.

  • Muffler straight flow

Jenis ini memiliki saluran pipa berbentuk lurus dan berlubang-lubang mengelilingi saluran ini. Pada saluran tersebut terdapat absorption materials sebagai pelapis dan peredam suara. Biasanya jenis ini digunakan untuk knalpot sport dan racing.

  • Muffler resonance chamber

Jenis muffler ini memiliki banyak ruang yang berlubang-lubang dan berfungsi untuk ekspansi gas.

  • Muffler baffle silencer

Jenis muffler ini memiliki tabung yang memiliki banyak ruang zig-zag yang berfungsi untuk meminimalkan suara dan emisi gas buang yang dikeluarkan knalpot. 

Baca Juga : Ini Bedanya Header Knalpot Racing dan Knalpot Bawaan Mobil

Fungsi Muffler Knalpot Mobil

Adapun fungsi dari muffler pada knalpot mobil, antara lain:

  1. Meredam suara ledakan di dalam knalpot saat proses pembuangan emisi gas buang.
  2. Mengurangi polusi suara yang dapat mengganggu masyarakat atau pengendara lainnya.
  3. Mengurangi efek kejut pada jantung ketika knalpot membuang emisi gas buang.

Demikian ulasan lengkap mengenai jenis-jenis muffler knalpot mobil beserta fungsinya. Pastikan Anda meminta bantuan teknisi ahli ketika hendak mengganti komponen ini. Pemasangan yang kurang tepat dapat menyebabkan blok mesin mudah panas. 

Anda bisa mengunjungi dealer Daihatsu terdekat untuk berkonsultasi mengenai penggantian atau pemasangan komponen ini. Dealer Daihatsu akan memberikan layanan servis mobil terbaik untuk Anda. 


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Cara Membersihkan Mobil Dari Debu Supaya Selalu Bersih Dan Mengkilap

2021-08-06

Bagi Anda yang sering bepergian dengan mobil, debu dan kotoran pasti sudah menjadi masalah yang sering Anda hadapi. Untuk mendapatkan penampilan mobil yang bersih, Anda

thumbnail

Mengetahui Fungsi Tie Rod dan Bagaimana Ciri-Cirinya ketika Bermasalah

2024-02-09

Tie rod merupakan komponen krusial dalam sistem kemudi mobil, terletak di antara steering gearbox dan knuckle roda. Berperan sebagai penghubung antara kemudi dan roda mobil, tie rod memiliki peran

thumbnail

Fungsi Tang Kombinasi untuk Semua Kebutuhan Otomotif

2022-09-26

Fungsi tang kombinasi menjadi salah satu pengetahuan yang harus diketahui oleh pengendara. Pada dasarnya, bentuk dari tang kombinasi mirip seperti gunting tetapi mem

thumbnail

Begini Cara Hitung Pajak Mobil Tahunan dan 5 Tahunan

2020-11-17

Saat ingin membayar pajak, menghitung besaran pajak mobil tahunan dan 5 tahunan adalah langkah terbaik. Selain nggak bikin bingung harus menyiapkan dana berapa, Sahabat juga bisa melihat rinci biay