Logo Daihatsu
Menu

Apa itu Wheelbase pada Mobil? Inilah Fungsi & Penggunaannya

Otomotif

2023-07-03

Apa itu Wheelbase pada Mobil? Inilah Fungsi & Penggunaannya

Wheelbase adalah jarak sumbu pada roda kendaraan. Keberadaan bagian ini sangat penting bagi sebuah kendaraan karena fungsinya yang cukup vital. Agar Anda lebih memahami apa itu wheelbase pada mobil? Anda memperhatikan ulasan berikut ini.

Apa itu Wheelbase pada Mobil?

Wheelbase pada mobil merupakan jarak antara sumbu roda depan mobil dengan sumbu roda belakang mobil. Jarak inilah yang akan mempengaruhi kenyamanan berkendara saat mobil melaju. Pada dasarnya, wheelbase bukanlah patokan umum untuk sebuah ukuran panjang kendaraan. Namun, biasanya semakin panjang ukuran wheelbase pada mobil, maka ukuran mobil tersebut semakin panjang. 

Fungsi Wheelbase pada Mobil

Setelah Anda memahami, apa itu wheelbase pada mobil. Sekarang saatnya, Anda perlu mengetahui apa saja fungsi dari wheelbase mobil. Berikut fungsi selengkapnya.

1. Memberikan kenyamanan saat berkendara

Fungsi utama dari wheelbase mobil, ialah memberikan kenyamanan ketika berkendara. Mengapa demikian? Sebab, wheelbase pada mobil sudah diperhitungkan secara akurat oleh pihak pabrikan mobil. Pihak pabrikan akan memperhitungkan agar roda mobil yang terdapat di bawah wheelbase dapat sejajar ketika mobil melaju. 

Hal tersebut tentunya dapat mengoptimalkan fungsi dari sistem suspensi mobil, sehingga mobil terasa nyaman, halus, minim guncangan ketika melaju. Untuk bisa seperti itu, biasanya jarak sumbu pada roda mobil pendek atau tidak terlalu panjang. Sebab jika jarak sumbu tersebut terlalu panjang, akan membuat pengemudi kesulitan untuk membelokkan mobil. 

2. Menstabilkan roda mobil ketika berputar

Wheelbase pada mobil juga berfungsi menstabilkan roda mobil ketika berputar. Sebab, ukuran wheelbase yang tepat membuat mobil dapat melaju dengan baik meski di kecepatan tinggi ataupun pelan. Putaran roda mobil yang stabil ini tentunya akan meningkatkan akselerasi dan kenyamanan ketika berkendara.

3. Menyeimbangkan mobil

Wheelbase juga dapat membuat mobil menjadi seimbang. Mobil yang berada dalam keadaan seimbang ketika diam dan hidup maka keseluruhan torsi bekerja ialah nol. Hal tersebut juga memberikan dampak positif terhadap besarnya gaya pada setiap roda mobil.

4. Membuat ruang dalam mobil semakin luas

Jarak wheelbase pada mobil yang sedikit lebih panjang dapat membuat ruang kabin  mobil menjadi lebih luas. Jarak yang lebih panjang ini tentunya mempengaruhi jarak kursi, bagasi belakang, dan sebagainya. Hal tersebut tentunya berdampak pada kenyamanan penumpang, terutama ketika sedang melakukan perjalanan jauh.

Cara Menggunakan Wheelbase Mobil yang Benar

Seperti diketahui, setiap mobil yang dipasarkan oleh pabrikan mobil memiliki wheelbase yang berbeda. Ada mobil yang diciptakan dengan wheelbase yang pendek, ada juga mobil yang diciptakan dengan wheelbase yang panjang. Hal tersebut tentunya sangat berpengaruh dengan cara penggunaannya. 

Jika jarak wheelbase mobil Anda terbilang panjang, Anda bisa memanfaatkannya ketika melaju di jalanan yang lurus. Sebab jarak wheelbase yang panjang membuat mobil semakin stabil saat bermanuver di jalanan tanpa tikungan. Sedangkan mobil dengan jarak wheelbase yang pendek, sangat handal digunakan bermanuver di area parkir atau jalanan yang memiliki tikungan. Namun, jika digunakan di jalanan lurus, mobil dengan wheelbase pendek terasa kurang stabil dan halus.

Mengingat fungsinya yang berpengaruh terhadap kenyamanan berkendara, wheelbase harus selalu Anda perhatikan. Segera lakukan penggantian wheelbase mobil Anda, apabila ketika bermanuver bagian bawah mobil bergesekan dengan permukaan jalan, suspensi kasar, mobil bergetar dan berisik. Jika hal tersebut terjadi, segera kunjungi bengkel Daihatsu terdekat untuk mendapatkan penanganan yang tepat. 


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Sirkuit Mandalika: Sambut MotoGP 2021 dan Perkembangan Terbarunya

2021-08-15

Sirkuit Mandalika merupakan sirkuit jalan raya bertaraf internasional yang dipersiapkan untuk laga balap MotoGP 2021. Untuk pertama kalinya, Indonesia menjadi tuan rumah MotoGP dan tengah membangun

thumbnail

Manfaat Membersihkan Sela-sela Mur Roda Mobil Saat Musim Hujan

2021-12-30

Aktivitas untuk membersihkan sela-sela mur roda mobil sebenarnya tidaklah sulit, tetapi tidak sedikit orang yang mengabaikannya. Sebagian beranggapan, bahwa bagian terpenting yang perlu dibersihkan

thumbnail

5 Manfaat BBM untuk Kehidupan Sehari-Hari

2021-01-20

Bahan bakar minyak adalah salah satu kebutuhan manusia yang setiap harinya semakin meningkat. Tidak hanya di Indonesia, tetapi juga di dunia. Hal tersebut dikarenakan ma

thumbnail

Cara Mengecat Mobil untuk Pemula yang Wajib Diketahui

2021-01-06

Sudah tidak dapat dipungkiri lagi, bila cat bodi kendaraan roda empat akan tampak kusam seiring berjalannya waktu dan seringnya pemakaian.