Logo Daihatsu
Menu

Apa Tujuan Ban Mobil Diberi Alur? Ini Alasannya!

Otomotif

2022-09-13

tujuan ban mobil diberi alur adalah

Salah satu tujuan ban mobil yang diberi alur adalah memperbesar gaya gesek. Tidak hanya itu saja, ban beralur juga akan menambah estetiknya.

Selain itu, alur ini akan mengelilingi permukaan ban kendaraan dengan bentuk yang bermacam macam. Bukan tanpa alasan jika alur mobil disematkan dalam ban kendaraan roda empat.

Apalagi, ban pada kendaraan roda empat menjadi salah satu bagian yang krusial agar bisa berjalan dengan baik. Agar bisa berfungsi dengan baik, ban mobil dirancang khusus dan diberi alur.

Mungkin masih banyak yang bertanya, mengapa ban kendaraan dibuat dari karet dan diberi alur? dan mengapa permukaan ban dibuat dengan kasar? Nah, akan kami berikan penjelasan lengkap dibawah ini!

Berikut Tujuan Ban Mobil Diberi Alur

Sudah tahukah Anda jika ban mobil memiliki permukaan yang tidak mulus? Jika Anda perhatikan secara detail, ban kendaraan roda empat akan memiliki lekukan yang memanjang.

Hal inilah yang akan mencegah ban tidak tergelincir ketika ban dan permukaan jalan sedang bersinggungan. 

Ketika permukaan ban dan juga jalan bersinggungan, biasanya akan terjadi gaya gesek yang besar dan akan mempengaruhi pengguna mobil yang mengendarainya.

Terutama jika cuaca sedang tidak menentu dan menyebabkan permukaan jalan basah atau digenangi air. Manfaatnya tentu akan membuat ban mobil Anda tidak tergelincir dan licin.

Tujuan ban mobil diberi alur karena bisa membuang air saat melintasi jalanan tersebut dengan aman. Hal inilah yang akan membuat performa ban tetap prima dalam mencengkram permukaan jalan.

Lantas, apa yang terjadi jika ban tidak diberi alur? Biasanya permukaan ban akan cepat aus sehingga akan berbahaya jika digunakan. Selain itu, Anda akan mudah tergelincir apalagi saat kondisi cuaca hujan.

Baca juga: 5 Jenis Ban Mobil yang Ada di Pasaran

Merawat Ban Agar Tetap Awet

Seperti yang sudah diketahui sebelumnya, tujuan ban yang diberi alur yaitu untuk menghindari potensi adanya bahaya yaitu tergelincir. 

Maka dari itu, sangat penting untuk merawat ban mobil Anda. Jangan sampai permukaan ban mempengaruhi keselamatan Anda ketika mengemudi.

Seperti yang sudah disinggung diatas, tujuan ban mobil diberi alur adalah memberi gaya gesek yang lebih besar. Karena  permukaan ban yang terus bergesekkan dengan permukaan jalan, bisa saja membuat ban aus. 

Apabila hal ini dibiarkan begitu saja dan tidak diganti segera, maka bahaya dapat terjadi kepada Anda. 

Dalam hal ini, jika ban mobil sudah dalam keadaan aus, maka sudah dipastikan permukaan sudah halus atau gundul. Ada baiknya jika Anda segera mengganti ban yang sudah tidak terlihat alurnya lagi. 

Untuk mengetahui ciri ban yang harus diganti biasanya jika pemakaian lebih dari tiga tahun. 

Selain itu, cara lainnya yang bisa diketahui adalah dengan memperhatikan kedalaman alur. Jika sudah berukuran kurang dari 1,8 milimeter, maka dipastikan ban harus segera ganti yang baru. 

Kondisi ban yang sudah halus atau gundul tersebut bisa diganti melalui bengkel bengkel terpercaya. Akan lebih baik jika Anda membawanya ke bengkel resmi ban untuk mendapatkan kualitas ban yang terbaik. 

Itulah beberapa informasi mengenai tujuan alur didesain dengan alur. Hal ini sangat penting diperhatikan, sebab alur pada kendaraan berperan penting untuk mengurangi gaya gesek yang besar antara permukaan ban dan permukaan jalan. 

Sehingga, pengemudi bisa lebih aman jika melewati jalanan, baik dalam kondisi kering maupun basah. 

Baca juga: Arti Dari Kode Ukuran Ban Mobil


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Pilihan Oli Gardan Terbaik untuk Mobil Kesayangan

2020-12-22

Oli gardan merupakan salah satu komponen yang mengatur kecepatan roda saat berbelok. Fungsinya sebagai pelumas pada permukaan kontak gigi gardan dan transmisi agar tetap

thumbnail

5 Penyebab Ban Tubeless Sering Kempes dan Cara Mengatasinya

2022-12-28

Ban tubeless diklaim mampu menghemat biaya perawatan ban yang diakibatkan kebocoran ban. Meski terbilang efektif, terkadang ban tubeless juga kempes walaupun baru di

thumbnail

Kebiasaan Buruk yang Dapat Menyebabkan Kopling Mobil Mudah Rusak

2021-01-02

Banyak yang berpendapat menggunakan mobil dengan transmisi manual yang menggunakan kopling mobil cukup sulit. Oleh sebab itu, mobil dengan transmisi otomatis semakin mar

thumbnail

Busi Iridium Mobil vs Busi Biasa, Ini Perbedaanya!

2022-09-13

Busi merupakan komponen mobil yang memiliki peran pen