Logo Daihatsu
Menu

Beberapa Etika yang Harus Dilakukan Saat Mobil Melewati Jalan Sempit

Otomotif

2022-05-22

etika melewati jalan sempit

Sebagai pengguna jalan, penting bagi Anda untuk selalu memahami bahwa jalan adalah milik umum sehingga setiap pengguna jalan memiliki hak yang sama. Untuk itu, sebagai pengguna jalan yang baik, Anda harus memahami bagaimana etika melewati jalan sempit.

Jalanan yang sempit memang kadang membuat Anda kesulitan untuk melewatinya sehingga diperlukan kesabaran ekstra untuk mencapai ke tujuan. Lalu, etika seperti apa yang perlu Anda jaga selama berkendara di jalan sempit? Simak penjelasannya berikut ini!

Etika Melewati Jalan Sempit

Saat melewati jalanan sempit, tentu Anda membutuhkan teknik berkendara khusus agar mampu mengatasinya. Selain itu, saat berkendara di jalanan yang sempit, Anda juga harus memahami etika berkendara untuk untuk saling menghormati hak dan kewajiban antar pengendara lainnya.

Berikut adalah etika melewati jalan sempit yang perlu Anda ketahui :

1. Melintas dengan kecepatan rendah

Hal pertama yang perlu Anda perhatikan jika memasuki jalan sempit atau gang sempit adalah melintas dengan kecepatan rendah. Saat memasuki jalan sempit, Anda akan seringkali berpapasan dengan kendaraan lain.

Jika tidak berhati-hati, maka body mobil Anda bisa jadi tergores dengan kendaraan lain. Selain itu, etika yang satu ini juga menunjukkan rasa sopan santun saat berkendara. Hal ini berarti Anda juga memberikan kesempatan pengguna jalan lain untuk melintas dengan aman dan nyaman.

2. Mampu menguasai dimensi kendaraan

Etika melewati jalan sempit selanjutnya adalah mampu menguasai dimensi kendaraan. Saat Anda berada di jalan yang sempit, maka kemampuan ini berguna untuk mengambil keputusan kendaraan Anda harus bermanuver.

Setidaknya Anda paham betul bagaimana ukuran panjang dan lebar mobil yang Anda kendarai sehingga mampu melewati jalan yang sempit dengan baik. 

3. Jaga jarak aman

Etika selanjutnya yang dibutuhkan untuk melewati jalan sempit adalah dengan menjaga jarak aman dengan kendaraan yang berada di depannya. Hal ini sangat dibutuhkan terlebih di jalanan yang menanjak, menurun, atau berliku.

Untuk itu, Anda juga perlu memastikan bahwa selalu menjaga sistem rem tetap dingin dengan sesekali berhenti sejenak atau lebih bijak dalam menggunakan rem.

4. Tetap berkendara di ruas sebelah kiri

Selanjutnya adalah tetap berkendara di ruas sebelah kiri. Jika melewati jalanan atau gang sempit, maka ada baiknya jika Anda melewati ruas jalan sebelah kiri.

Hal ini untuk memberikan separuh jalan kepada kendaraan yang berpapasan dengan Anda. Dengan demikian, Anda atau pengendara lainnya akan lebih aman saat menghadapi tikungan.

Akan tetapi jika ada halangan jalan rusak yang membuat jalanan hanya bisa dilewati satu kendaraan, maka Anda wajib mendahulukan kendaraan yang datangnya dari arah berlawanan. Untuk itu, diperlukan kesadaran dan kesabaran yang tinggi agar tidak saling merugikan.

5. Bijak menggunakan klakson sebagai alat komunikasi

Selanjutnya adalah tetap bijak dalam menggunakan klakson sebagai alat komunikasi. Saat Anda berada di jalanan yang sempit dan sulit untuk melihat kendaraan lain yang muncul di belokan, maka penting bagi Anda untuk membunyikan klakson sebagai peringatan.

Akan tetapi, pastikan Anda tetap menggunakan klakson dengan bijak dan tidak membunyikan klakson seenaknya karena hal ini bisa mengganggu pengendara lainnya.

6. Mengecek situasi jalan utama sebelum keluar gang

Terakhir adalah selalu mengecek situasi jalan utama sebelum keluar jalan atau gang sempit. Hal ini seringkali diremehkan oleh pengendara saat keluar dari gang sehingga langsung menyerobot ke jalan utama.

Hal itu justru bisa membahayakan diri sendiri dan orang lain. Untuk itu, biasanya berhenti di mulut jalan kecil tersebut, kemudian periksa jalan dari arah kanan dan kiri. Jika sudah pasti aman, maka Anda bisa melintas dengan aman dan menganut lajur kiri.

Tingkatkan Performa Mobil Anda di Bengkel Daihatsu!

Saat berkendara, kewaspadaan memang menjadi hal utama yang perlu Anda perhatikan termasuk saat melewati jalan sempit. Melalui kaca spion, Anda bisa memonitor keadaan di sekitar kendaraan Anda dengan baik.

Selain itu, penting bagi Anda untuk meningkatkan etika melewati jalan sempit dengan beberapa poin di atas agar Anda dan pengendara lainnya sama-sama memiliki hak dan kewajiban yang sama dalam berkendara.

Untuk meningkatkan performa mobil Anda agar mudah menyesuaikan berbagai jenis medan jalan yang dilalui, maka pastikan kondisi mobil Anda dalam keadaan yang prima. Untuk itu, Anda bisa melakukan servis secara berkala untuk mengetahui kondisi mobil Anda melalui Bengkel Daihatsu,

Bengkel Daihatsu kami didukung oleh mekanik yang berpengalaman sehingga dapat mengatasi berbagai permasalahan yang terjadi pada kendaraan Anda dengan mudah.

Jadi, tunggu apa lagi? Segera lakukan service berkala untuk mengoptimalkan performa mobil Anda! Dapatkan informasi selengkapnya melalui laman Daihatsu


Tag

Otomotif

Share This