Logo Daihatsu
Menu

5 Cara Mengecas Aki Mobil Sendiri Dengan Benar

Otomotif

2022-08-30

cara mengecas aki mobil sendiri

Aki mobil merupakan bagian krusial yang tentu dimiliki oleh setiap kendaraan. Seperti komponen penting lainnya, aki juga membutuhkan perawatan intens agar kinerja mobil tetap stabil. Salah satu perawatan yang sering digunakan agar kondisi aki stabil adalah pengecasan. Lalu, bagaimana cara mengecas aki mobil yang benar?

Jika Sahabat belum mengetahuinya, bisa simak postingan dibawah ini, ya!

Cara Mengecas/Charge Aki Mobil yang Benar

Sebetulnya, cara charge atau mengecas aki mobil basah maupun kering sangat mudah dilakukan. Sahabat bisa melakukan sendiri dirumah tanpa perlu meminta bantuan ke mekanik bengkel.

Lantas, bagaimana caranya? berapa lama waktu untuk ngecas aki mobil hingga cara mengetahui aki sudah terisi penuh? Penasaran kan, simak dibawah ini.

1. Melepaskan Aki dari Mobil

Cara mengecas aki mobil dengan benar adalah melepas aki mobil dengan mengeluarkannya dari mobil. Selalu waspada ketika melepas aki pada tipe mobil yang memerlukan reset ECU. 

Salah langkah bisa menyebabkan kerusakan yang membuat kinerja mobil menurun. Perlu Anda tahu, tujuan melepas aki adalah untuk menjaga keamanan saat proses pengecasan.

Ketika mengecas aki mobil, biasanya air aki yang mendidih akan membuat gelembung yang bisa masuk ke lubang ventilasi aki. Air aki ini akan sangat berbahaya bagi bodi mobil, bahkan akan menimbulkan rasa gatal ketika terkena kulit. 

Oleh sebab itu, lakukan pelepasan aki mobil sebelum mengecas aki agar keamanan dalam mengaplikasikannya tetap terjaga.

Baca juga: Tips Mudah Memperbaiki Aki Basah yang Rusak

2. Membuka Tutup Aki Dengan Berhati Hati

Setelah aki mobil sudah berhasil dikeluarkan, langkah selanjutnya adalah membuka tutup ventilasi aki. Tujuannya adalah untuk memeriksa ketinggian air sebelum melakukan pengecasan. 

Jika dirasa volume air aki kurang, maka Anda bisa menambahkannya dengan air suling atau air aki botol biru. Tambahkan air hingga sisa 1/3 bagian atas ketinggian air.

Dengan kata lain, jangan mengisi air aki hingga penuh segaris batas level air. Pasalnya, pengecasan aki akan membuat elemen dalam aki mengembang sehingga dapat mempengaruhi volume air aki. 

Berikutnya, buka tutup ventilasi air aki. Tujuannya adalah agar gas bertekanan yang muncul ketika pengecasan dapat mengurangi ledakan. 

3. Memasang Kabel Charger Aki

Seusai membuka ventilasi dan menambahkan air, tahapan selanjutnya adalah pemasangan kabel charger. Sebagai saran, cara mengecas aki mobil yang benar adalah dengan melakukan pemasangan kabel secara berurutan. 

Mulai dari kabel positif dahulu kemudian baru memasang kabel negatif. Pastikan posisi kabel sesuai dan jepitannya kuat.

4. Hidupkan Charger Dan Atur Posisi Yang Tepat

Langkah mengecas aki selanjutnya ketika kabel charger sudah terpasang adalah menghidupkan alat charger. Kemudian, atur saklar saklar charger hingga pada posisi yang tepat. 

Sebagai informasi, biasanya ada 3 saklar untuk mengecas aki. Pertama saklar arus pengisian, saklar atur tegangan, dan saklar mengatur waktu pengisian.

Baca juga: Lima Jenis Aki Mobil yang Wajib Kamu Ketahui

5. Tunggu Hingga Proses Pengecasan Aki Selesai

Jika dirasa posisi saklar sudah tepat dan sudah menghidupkannya, kini Anda tinggal menunggu hingga proses pengecasan selesai. Perlu Anda ketahui, waktu proses pengecasan bisa beragam, tergantung jenis kapasitas aki yang dimiliki oleh mobil. 

Anda hanya perlu menunggu proses cara mengecas aki mobil tersebut dengan sesekali mengawasinya. Pengecasan aki secara garis besar bertujuan untuk mengembalikan kondisi aki ke standar semula. Hal tersebut juga dilakukan agar performa mobil tetap prima. 

Cara pengecasan yang sudah dijelaskan dalam ulasan tersebut sudah sesuai dengan standar otomotif yang benar. Jadi, Anda tak perlu lagi khawatir jika ingin melakukan pengecasan aki pada mobil.

Jika sahabat kesulitan dalam merawat aki mobil, Sahabat bisa mendapatangi ke teknisi profesional di bengkel atau dealer Daihatsu terdekat.


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Cara Menawar Mobil Bekas biar Dapat Harga Termurah

2020-11-19

Membeli mobil bekas bisa jadi alternatif kalau Sahabat mau punya mobil tapi budgetnya terbatas. Selain karena harganya yang relatif lebih murah, performa mobil bekas juga tak kalah bagus asalkan mo

thumbnail

Daihatsu Gelar World Premiere di GIIAS 2023, Ada Kejutan Menarik!

2023-08-14

Daihatsu GIIAS 2023 selalu menarik perhatian pecinta mobil di Indonesia. Sebab Daihatsu merupakan pabrikan mobil ternama di dunia yang memproduksi mobil murah dengan

thumbnail

Tips Memilih Kampas Rem Mobil Terbaik

2020-11-12

Kampas rem merupakan salah satu komponen vital yang ada di mobil. Sistem keamanan pengendara melalui pengereman sangat bergantung dengan bagus atau tidaknya kondisi kampas rem. Bentukny

thumbnail

Kelebihan Velg Mobil Metode Flow Form Dibanding Casting

2022-05-13

Ada banyak jenis velg mobil yang banyak ditemukan di pasaran. Anda bisa memutuskan memilih jenis velg sesuai dengan kebutuhan. Namun tetap saja, Anda perlu memperhatikan