Logo Daihatsu
Menu

Begini Cara Kerja Klakson Waterproof yang Mencegah Suara Sember

Otomotif

2022-06-30

Klakson Waterproof

Klakson merupakan bagian kendaraan yang harus terpasang di kendaraan Anda. Klakson ini berfungsi sebagai salah satu komponen keamanan kendaraan karena digunakan untuk memperingatkan dan berkomunikasi dengan pengendara lain tanpa mengeluarkan kata-kata. Sehingga banyak orang yang menyukai klakson dengan suara yang nyaring dan besar. 

Klakson alami dari produsen mobil biasanya disebut klakson disc, yaitu sebuah klakson yang berbentuk piringan. Namun sayangnya klakson bawaan dari produsen mobil ini tidak dapat berbunyi dengan nyaring ketika terdapat air atau lumpur pada bagian klakson tersebut, atau biasa disebut dengan suara sember. Oleh karena itu, banyak pemilik mobil yang mengganti klakson bawaan tersebut dengan klakson waterproof

Klakson waterproof dinilai tahan air, dimana klakson akan tetap berbunyi dengan baik meskipun terendam oleh air. Namun benarkah seperti itu? 

Apa Itu Klakson Waterproof? Benarkah Tahan Air? 

Klakson waterproof dinilai tahan terhadap air dan lumpur. Banyak yang menyalah artikan kata-kata waterproof atau tahan air pada klakson jenis waterproof ini. Sebenarnya, klakson ini bukan benar-benar tidak rusak jika terkena air, klakson yang merupakan barang elektronik pasti tetap akan rusak jika terendam dalam air, meskipun memiliki label tahan air. Namun klakson waterproof ini didesain agar memiliki bentuk yang tidak bisa dimasuki oleh air.

Model klakson waterproof ini telah disempurnakan dan didesain sedemikian rupa sehingga diklaim dapat mencegah air dan lumpur masuk ke saluran rumah keong, yaitu bagian inti dari klakson. Jika bagian inti dari klakson tidak bisa dimasuki air dan lumpur, maka klakson akan menghasilkan suara yang bagus dan nyaring, tanpa adanya suara sember.

Lalu, bagaimana cara kerja klakson tahan air ini hingga mengklaim tidak bisa dimasuki air dan lumpur? 

Cara Kerja Klakson Waterproof

Cara kerja klakson waterproof adalah dengan membuat klakson tidak bisa dimasuki oleh air karena bentuk saluran rumah keong yang didesain khusus sehingga tertutup dan sulit dimasuki oleh air dan lumpur. 

Selain itu, ketika ada semprotan atau cipratan air yang mengenai klakson, klakson waterproof dirancang agar bisa langsung membuang air tersebut keluar atau air akan sulit mengendap di dalam klakson. 

Oleh sebab itu, saat menggunakan klakson waterproof Anda tidak perlu khawatir bahwa klakson Anda akan menghasilkan suara yang sember karena dimasuki air. Suara klakson Anda akan tetap kuat dan nyaring meskipun dalam cuaca hujan. 

Meski dirancang untuk sulit dimasuki oleh air, namun klakson waterproof ini tetap masih bisa dimasuki oleh air pada saat tertentu. Klakson masih tetap bisa rusak jika terendam dalam air dalam waktu yang lama meski dengan klaim tahan air. Oleh sebab itu, klakson harus segera diperbaiki dengan mengeluarkan air dari klakson sehingga tidak terjadi kerusakan.

Sangat penting bagi Anda untuk melakukan service mobil secara rutin agar bisa lebih cepat mengetahui kerusakan kerusakan pada bagian-bagian mobil Anda, khususnya pada bagian-bagian yang bukan merupakan bawaan produsen mobil atau dimodifikasi.

Lakukan pemasangan, pemeriksaan, pemeliharaan  klakson waterproof dan service mobil Daihatsu Anda di service center Daihatsu di kota! Kami akan memastikan mobil Daihatsu Anda tetap memiliki kondisi yang baik untuk digunakan, kami juga akan memperbaiki kerusakan kecil maupun besar pada mobil anda. Jika Anda tidak memiliki waktu untuk datang ke dealer, tim kami yang akan mengunjungi lokasi anda! Hanya dengan menghubungi kami di Daihatsu We Care! 


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Tips Reparasi Mika Lampu Mobil yang Pecah dengan Cepat

2022-05-27

Lampu merupakan salah satu fitur penting yang dibutuhkan oleh sebuah mobil. Dengan memiliki lampu yang sesuai standar maka mobil akan dapat menikmati perjalanan dengan a

thumbnail

16 Komponen Differential dan Fungsinya Untuk Mobil

2022-09-06

Bicara tentang performa mobil saat berkendara dengan jarak jauh, tidak terlepas dari peran komponen differential. Ketika mendengar nama komponen tersebut, mungkin sebagian orang merasa asing. Namun

thumbnail

Begini Cara Kerja Rem Cakram pada Mobil

2020-11-27

Sistem rem hidrolik cakram adalah salah satu tipe rem yang paling banyak digunakan untuk kendaraan. Baik itu mobil atau motor, cakram atau disc brake lebih dimina

thumbnail

3 Cara Pasang Alarm Mobil dengan Benar

2021-01-06

Pencurian mobil masih marak di beberapa wilayah Indonesia, terutama jika Anda tinggal di kota metropolitan dengan tingkat mobilitas tinggi.