Logo Daihatsu
Menu

Berikut 25 Makanan Khas Palembang yang Bisa Menggoyang Lidah

Travel

2021-01-31

25 makanan khas palembang

Setiap tempat selalu memiliki pesona unik yang patut untuk dibanggakan, sebagaimana Kota Palembang. Kota ini bahkan banyak menyimpan keindahan alam yang mempesona hingga berbagai kebudayaan yang menarik. 

Begitu pula, mengunjungi tempat ini akan terasa kurang lengkap jika belum mencicipi makanannya. Yuk simak makanan khas Palembang berikut.

1. Pempek

Pempek adalah salah satu makanan terkenal khas Palembang. Makanan yang diolah dari perpaduan dagin ikan, sagu dan telur berhasil menghasilkan cita rasa yang nikmat bagi setiap orang yang mencicipi. Makanan yang disajikan dengan saus cuka ini bahkan terasa sangat mantap.

2. Tekwan

Jika Anda pecinta bakso, Kota Palembang memiliki makanan unik yang disajikan hampir menyerupai bakso. Pasalnya, tekwan terbuat dari olahan ikan dan tepung tapioka dalam membentuk adonan pentol. 

Selanjutnya, makanan ini akan disajikan dengan potongan jamur kuping, bengkoang dan kuah dari udang.

3. Laksan

Makanan yang satu ini bahkan sering disebut sebagai turunan dari pempek. Makanan berbentuk oval dari olahan tepung sagu dan ikan ini disajikan seperti lontong sayur. 

Tentunya, adonan tepung sagu dan ikan tersebut akan direbus dan digoreng. Kemudian, masakan ini disajikan dengan kuah merah yang nikmat.

4. Mie Celor

Makanan khas Palembang yang satu ini termasuk jenis jajanan yang sudah terkenal. Mie yang disajikan dengan telur, tauge, daging ikan dan kucai sangat nikmat untuk disantap ketika sarapan. 

Mie celor dengan rasa gurih ini bahkan membuat Anda yang mencicipi ingin mencobanya kembali.

5. Es Kacang Merah

Kacang merah memiliki rasa yang nikmat. Tentunya, es kacang merah wajib Anda cicipi ketika tiba di kota ini. Campuran kacang merah yang disajikan dengan bongkahan es ini memiliki rasa manis dan sangat menggugah selera. 

6. Kemplang

Kemplang adalah makanan sejenis kerupuk yang bisa Anda nikmati sebagai camilan maupun campuran lauk. Pasalnya, kemplang terbuat dari ikan gabus atau ikan tenggiri. Rasa khas yang dihadirkan oleh jajanan ini memang sangat renyah dan gurih.

7. Pindang Patin

Patin memang banyak dibudidayakan di Palembang. Tak ayal jika kota ini menyajikan makanan khas dengan olahan pindang yang sangat lezat. Campuran bumbu-bumbu tradisional yang dihasilkan memiliki rasa segar, masam dan nikmat jika disantap ketika masih hangat.

8. Kue Lapis Kojo

Kue yang dihadirkan dengan warna hijau dari daun pAndan dan suji ini dapat Anda temui ketika hari raya. Kue ini memiliki rasa manis yang sangat nikmat. Penggunaan campuran telur ayam atau telur bebek juga dapat menjadikan makanan ini semakin empuk dan mengembang.

9. Kue Delapan Jam

Kue unik yang satu ini juga termasuk makanan khas Palembang yang wajib Anda cicipi. Pasalnya, kue ini membutuhkan waktu pengukusan 8 jam, sehingga sering disebut kue delapan jam. Kue ini bahkan memiliki rasa lezat dengan menghadirkan rasa manis dalam setiap gigitannya.

10. Kue Bolu Suri

Berbicara tentang kue yang dihidangkan ketika hari raya, kue yang satu ini juga tak mau kalah. Kue suri yang dihadirkan dengan tekstur seperti suri atau sisir ini memiliki rasa manis dan empuk. Tentunya, rasa lezat yang dihadirkan dapat membuat Anda ketagihan.

11. Kue Gandus

Tampilan kue gandus yang sangat menarik pasti akan membuat Anda ingin mencobanya. Perpaduan warna putih dengan taburan abon dan daun seledri membuatnya tampak apik. Tak hanya tampilannya, kue ini juga memiliki rasa gurih pedas yang sangat cocok untuk dijadikan camilan.

12. Kue Lumpang

Berbeda dari sebelumnya, kue yang dihadirkan dengan warna hijau ini memiliki rasa manis yang nikmat. Penamaan kue lumpang diambil dari bentuk kue yang menyerupai lumpang.  

Kue yang disajikan dengan parutan kelapa ini memiliki tekstur yang lembut dan empuk. Sehingga sangat cocok mengenai lidah Anda.

Baca juga: Daftar Makanan Khas Belitung yang Nikmat

13. Dadar Jiwo

Dadar jiwo merupakan salah satu jenis kue yang sangat unik. Makanan khas Palembang yang satu ini adalah kue yang memiliki kulit dari telur dan terigu. Uniknya, Anda akan menemui isian pepaya muda yang ditumis dengan santan. Tambahan bawang goreng dan irisan cabe sebagai toping membuat jajanan ini semakin mantap dinikmati.

14. Engkak Ketan

Makanan ini juga termasuk jajanan kue yang dihadirkan berlapis-lapis. Pasalnya, kue ini berbahan dasar tepung ketan yang diolah menggunakan santan. Kue ini bahkan menghadirkan rasa manis lezat yang bisa Anda temui di Kota Palembang.

15. Pangsit Ikan

Anda juga bisa menikmati makanan berkuah yang lezat ketika mengunjungi kota ini. Pangsit ikan yang dihadirkan dengan olahan ikan dan pangsit ini memiliki kandungan nutrisi yang tinggi dan rasa yang nikmat. Anda bahkan bisa menikmati jajanan ini dengan tekwan karena memiliki kuah yang sama.

16. Burgo

Jika Anda sering menemui berbagai makanan khas Palembang terbuat dari sagu, makanan ini dihadirkan dengan olahan tepung beras. 

Bentuk gulungan unik pada penyajiannya dapat membuat Anda semakin ingin melahap makanan ini. Bahkan, burgo sering disajikan dengan kuah santan pedas yang mantap.

17. Lempok Durian

Mungkin Anda akan mengira jajanan ini sejenis kue jika melihat sajian irisannya. Pasalnya, lempok durian dapat disebut sebagai dodol durian yang menjadi khas Palembang. Meski demikian, jajanan ini memiliki rasa manis dengan tekstur berserat dan lembut.

18. Gado-Gado

Memiliki nama yang sama, makanan ini sangat berbeda dengan gado-gado dari Jawa. Makanan yang sering dijual di pinggiran kota ini hampir memiliki kesamaan dengan pempek. Namun, gado-gado dihadirkan dengan olahan tepung dan udang.

19. Telok Ukan

Telok ukan dalam bahasa Indonesia berarti bukan telur. Makanan unik yang satu ini dibuat dengan cara mengeluarkan isi telur dan mencampurnya dengan bumbu lezat. Kemudian, campuran adonan ini akan dimasukkan ke dalam telur dan dikukus.

20. Gulo Puan

Jajanan yang satu ini terbuat dari olahan gula dan susu. Uniknya, gulo puan hanya terbuat dari susu kerbau sapi. Rasa manis yang dihadirkan oleh gulo puan akan membentuk karamel kering untuk disantap bersama roti dan pisang goreng.

21. Lakso

Makanan khas Palembang Palembang yang satu ini hampir menyerupai burgo. Uniknya, lakso memiliki bentuk seperti mie dengan adonan kuah kuning yang menggugah selera.

22. Pindang Tulang

Pindang tulang termasuk makanan lezat untuk dimakan bersama nasi. Pasalnya, makanan yang satu ini terbuat dari sumsum tulang sapi dengan sedikit daging.

23. Roti Koing

Berbeda yang yang lain, roti koing memiliki bentuk bulat, tekstur keras dan tawar. Roti khas ini bahkan sering dikonsumsi dengan merendamnya ke minuman kopi atau teh.

24. Tempoyak

Masakan yang satu ini juga memiliki keunikan tersendiri. Masakan ini diolah dari campuran daging durian dengan bawang dan cabai. Tempoyak bahkan sering digunakan sebagai makanan pelengkap yang lezat.

25. Lenggang

Palembang yang sering mengolah ikan juga memiliki makanan khas berupa lenggang. Pasalnya, lenggang adalah olahan ikan dengan telur yang disajikan pada daun pisang lalu dipanggang.

Itulah beberapa jenis makanan Palembang yang wajib Anda cicipi. Hidangan lezat yang dihadirkan di kota ini dapat membuat Anda ingin kembali untuk menikmati aneka khas makanannya. 

Tentunya, berbagai makanan tersebut dapat Anda temui di restoran, pasar tradisional hingga pedagang keliling. 

Baca juga: 5 Fakta Unik yang Membuat Medan Semakin Istimewa


Tag

Travel

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

5 Hotel Bintang 3 di Bawah Rp350.000 di Mataram, Lombok

2020-11-14

Lombok menjadi primadona bagi wisatawan karena memiliki banyak pantai yang tak kalah indah dibanding Bali. Menjadi lokasi wisata yang memiliki kunjungan tinggi tiap tahunnya membuat Lombok banyak m

thumbnail

Bikin Ketagihan! Ini 20 Makanan Khas Banyuwangi yang Lezat

2021-02-26

Banyuwangi menjadi salah satu kota yang ada di Jawa Timur dengan berbagai keindahan alamnya. Selain terkenal akan pariwisatanya, kota yang satu ini juga populer dengan k

thumbnail

Rumah Gemuk Bedugul: Tempat Piknik hingga Venue Wedding

2020-11-26

Berlibur ke Bali merupakan favorit semua orang. Selain pemandangan alamnya yang begitu indah, Bali juga banyak memiliki destinasi wisata edukasi hingga kuliner. Wisata kuliner di Bali bahkan bisa s

thumbnail

12 Tempat Wisata di Medan yang Hits

2020-12-08

Tempat wisata di Medan adalah sekumpulan daftar destinasi rekreasi yang bisa anda kunjungi di Medan. Medan merupakan kota terbesar ke-3 setelah Jakarta dan Surabaya, ter