Logo Daihatsu
Menu

Berikut Tips Membersihkan Kaca Spion Mobil yang Bisa Sahabat Lakukan Sendiri

Otomotif

2020-12-22

membersihkan kaca spion

Tips membersihkan kaca spion mobil adalah hal yang perlu diketahui, saat Sahabat mau membersihkan kaca spion sendiri. Sahabat pun jadi tak perlu repot membawa mobil ke tempat cuci mobil untuk membersihkannya.

Pada artikel kali ini, kami akan memberikan sejumlah tips yang kami maksud itu. Tips tersebut adalah sebagai berikut!

Jangan Menunggu Kaca Spion Sampai Betul-Betul Kotor

Mungkin Sahabat berpikir kalau membersihkan kaca spion harus dilakukan saat kaca tersebut betul-betul kotor. Namun, hal itu sebetulnya tidak dibenarkan. Membiarkan kaca spion betul-betul kotor justru bakal bikin kaca spion semakin susah dibersihkan, serta bikin kaca spion rentan mengalami kerusakan. Untuk itulah, segera bersihkan kaca spion, walaupun kondisinya tidak terlalu kotor.

Jangan Memakai Sabun atau Pembersih Serba Guna

Saat hendak membersihkan kaca spion, mohon jangan memakai sabun ataupun pembersih serba guna. Memakai dua zat itu dikhawatirkan akan membuat kaca spion rusak dalam jangka panjang. Sebagai gantinya, Sahabat hanya perlu menggunakan air dan lap

Jangan Langsung Menyemprotkan Air ke Bagian Kaca

Kala melakukan pembersihan pada kaca spion, jangan langsung menyemprotkan air ke bagian kaca. Melakukan hal itu akan menimbulkan bintik-bintik pada kaca spion Sahabat. Sebagai gantinya, Sahabat bisa membasahi lap dengan air, lalu bersihkan kaca dengan lap basah tersebut.

Keringkan di Tempat yang Tidak Terkena Matahari

Bila sudah dibasahi, kaca spion harus segera dikeringkan. Jangan keringkan kaca spion di tempat yang mudah terkena matahari. Cahaya matahari akan membuat kaca spion kering dengan cepat, namun justru malah menimbulkan noda baru pada kaca spion mobil.

Manfaat Kaca Spion Mobil

Jika Sahabat rajin membersihkan kaca spion mobil, maka Sahabat bisa mendapatkan manfaat dari kaca spion mobil itu sendiri. Setidaknya ada tiga manfaat dari kaca spion, yaitu:

Membantu Sahabat Melihat Kondisi Lalu Lintas yang Ada di Belakang

Selain kondisi lalu lintas di depan, Sahabat juga harus tahu kondisi lalu lintas yang ada di belakang mobil Sahabat. Mengetahui hal itu bisa membuat Sahabat bisa memastikan apakah ada kendaraan lain yang hendak menyusul atau menyalip mobil Sahabat.

Membantu Sahabat Saat Hendak Pindah Jalur

Saat hendak pindah jalur, Sahabat bisa melihat kaca pada spion. Kaca tersebut akan menunjukkan ke Sahabat apakah ada kendaraan lain atau tidak saat Sahabat akan pindah jalur. Jika ternyata ada kendaraan, Sahabat bisa jadi lebih hati-hati saat hendak pindah jalur. Dengan begitu, Sahabat pun bisa menghindari terjadinya kecelakaan akibat pindah jalur.

Membantu Sahabat Saat Melakukan Parkir

Parkir adalah hal yang gampang-gampang susah. Apalagi, jika Sahabat hendak melakukan parkir dengan posisi mobil mundur. Jika Sahabat hendak melakukan parkir semacam itu, kaca spion bisa menjadi alat yang bisa diandalkan. 

Lewat kaca spion, Sahabat bisa melihat ke belakang mobil untuk memastikan apakah posisi mobil cukup jauh dengan mobil lain ataupun tidak. Jika jauh, maka Sahabat bisa memarkirkan mobil dengan tenang, tanpa khawatir mobil Sahabat menyenggol mobil lainnya.

Tips membersihkan kaca spion mobil adalah hal yang perlu diketahui, saat Sahabat mau membersihkan kaca spion sendiri.

Tips tersebut kini bisa Sahabat simak di artikel ini. Diharapkan tips tersebut bisa Sahabat lakukan sendiri, sehingga Sahabat bisa memperoleh manfaat dari kaca spion itu sendiri. Mulai dari membantu Sahabat saat berkendara di jalan, hingga saat melakukan parkir.

Penulis : Anggie Warsito


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Ini Dia Komponen Mobil yang Membutuhkan Servis Berkala

2021-02-18

Mobil sebagai kendaraan yang sahabat gunakan sehari-hari baik jarak dekat maupun jarak jauh, tentunya membutuhkan perawatan rutin. Bagaimana tidak? Dengan penggunaan mob

thumbnail

Cara Mengurangi Bau Hangus yang Masuk Kabin Saat Mobil Kecepatan Tinggi

2022-01-10

Bau hangus seringkali tercium masuk dalam kabin mobil apabila berkendara dengan kecepatan yang tinggi. Hal ini dapat mengurangi rasa nyaman baik bagi pengendara maupun penumpang di dalam mobil. Unt

thumbnail

Fungsi Crankshaft, Cara Kerja & Ciri Kerusakannya

2023-05-05

Sebagai pemilik mobil, sudah seharusnya mengetahui fungsi crankshaft, cara kerja, dan ciri kerusakannya agar dapat melakukan perawatan yang tepat. Seperti diketahui

thumbnail

Update Terbaru Tarif Tol Pekanbaru-Dumai 2023. Ini Informasi Lengkapnya!

2023-10-30

Bagi Anda yang hendak bepergian ke Dumai dari Pekanbaru menggunakan mobil, Anda perlu mengetahui besaran tarif tol Pekanbaru Dumai terbaru 2023. Dengan mengetahui be