Logo Daihatsu
Menu

Bea Balik Nama (BBN) Motor Mulai Cara Hitung dan Persyaratan Sesuai Aturan

Otomotif

2024-01-28

cara hitung, persyaratan, biaya balik nama (BBN) motor

Dalam konteks transaksi jual beli kendaraan bermotor di Indonesia, satu aspek yang perlu mendapatkan perhatian khusus adalah Bea Balik Nama (BBN). BBN, singkatan dari Bea Balik Nama, merupakan pajak yang dikenakan pada peralihan hak kepemilikan kendaraan bermotor dari satu pemilik ke pemilik lainnya.

Tujuan utama BBN adalah mengatur dan mengawasi perpindahan kendaraan, serta memastikan bahwa proses peralihan ini berlangsung dengan sah dan sesuai dengan regulasi yang berlaku.

Seperti yang kita ketahui, kendaraan bermotor harus dilengkapi dengan dokumen-dokumen yang memenuhi standar yang ditetapkan oleh negara. Ini juga berlaku bagi mereka yang hendak mengurus surat balik nama. Mengetahui cara perhitungan, persyaratan, dan biaya Bea Balik Nama (BBN) motor yang telah ditetapkan menjadi langkah penting. Untuk memahami lebih rinci, berikut adalah ulasannya.

1. Menyiapkan Dokumen

Perlu Anda ketahui, Agar bisa balik nama, sebelumnya perlu dilakukan pencabutan berkas pemilik sebelumnya di Samsat, sesuai dengan di mana STNK diterbitkan. Setelah berkas lama sudah dicabut statusnya, Anda baru bisa mulai mengurus pendaftaran STNK yang baru. 

Namun sebelumnya, ada beberapa berkas yang harus Anda persiapkan sebelum mengunjungi Samsat setempat.

Beberapa berkas yang perlu Anda siapkan mulai dari, BPKB asli dan fotokopi, STNK asli dan fotokopi, KTP pemilik motor baru, dan kwitansi bukti pembelian motor. 

Sebagai saran, masukan semua dokumen tersebut ke dalam satu tempat seperti map agar tidak berserakan. Berikan map kepada pihak Samsat.

Baca Juga: Begini Cara Melakukan Mutasi Mobil Secara Online

2. Mendatangi Samsat

Setelah dokumen dirasa sudah lengkap, langkah selanjutnya adalah mengunjungi Samsat. Perhatikan cara hitung, persyaratan, biaya balik nama (BBN) motor sebelum mendatangi samsat. 

Serahkan berkas yang telah disiapkan kepada pihak Samsat yang sedang bertugas  pada loket mutasi. Kemudian, Anda perlu menunggu beberapa saat untuk dipanggil kembali. 

Berikutnya, petugas akan melakukan cek fisik kendaraan bermotor yang Anda ajukan. Setelah beberapa waktu, petugas Samsat akan memberikan nada hasil dari pengecekan kondisi motor. 

Umumnya hasil pemeriksaan yang diberikan berupa nomor rangka dan mesin motor. Simpan baik baik berkas tersebut untuk melanjutkan tahap berikutnya.

3. Legalisir Berkas

Setelah mendapatkan hasil cek pemeriksaan motor, serahkan hasil cek tersebut kepada petugas loket. Kemudian, petugas tersebut akan melakukan legalisir yang nantinya akan dikembalikan kepada Anda sebagai pengaju mutasi. Setelah mendapatkan dokumen tersebut, serahkan berkas tersebut kepada petugas loket untuk melanjutkan cek fiskal.

4. Menyiapkan Biaya

Ketika Anda sudah mendapatkan legalisir berkas, pihak petugas akan mengarahkan Anda untuk mengisi formulir berupa cara hitung, persyaratan, biaya balik nama (BBN) motor. 

Setelah semua berkas sudah dinyatakan lengkap, siapkan biaya pendaftaran mutasi sekitar Rp. 75 ribu hingga Rp. 250 ribu. Berikan biaya tersebut kepada petugas Samsat hingga Anda diberi bukti pembayaran.

Simpan bukti pembayaran yang akan digunakan untuk menukar berkas balik nama. Biasanya, panggilan berkas akan memakan waktu 5 hingga 7 hari setelah melakukan pembayaran. 

Kemudian, ketika Anda sudah mendapat panggilan segera kunjungi Samsat dan tukarkan kwitansi pembayaran. Lalu Anda akan diarahkan untuk membayar pencabutan berkas sekitar Rp 10 ribu.

5. Mengurus STNK

Bagi Anda yang masih memiliki waktu luang, cobalah untuk mengurus STNK pada hari itu juga. Anda tentu tahu bahwa STNK merupakan dokumen penting yang harus dimiliki pemilik kendaraan. 

Untuk mengurusnya, Anda bisa menyatakan pengurusan STNK kepada petugas Samsat. Kemudian petugas samsat akan memberi arahan cara hitung, persyaratan, biaya balik nama (BBN) motor.

Mutasi motor atau yang biasa disebut dengan balik nama  merupakan sebuah persyaratan perpindahan domisili pemilik kendaraan bermotor. Surat tersebut sangat penting dimiliki, jika Anda membeli motor di kota A kemudian berpindah ke kota B. Ikuti seluruh syarat tersebut agar sesuai aturan. 

Apa itu denda BBN?

Sanksi denda Bea Balik Nama (BBN) Kendaraan Bermotor diterapkan sebagai akibat dari penundaan dalam proses pendaftaran peralihan nama, dihitung mulai dari tanggal kuitansi/Fiskal Antar Daerah hingga tanggal pendaftaran balik nama. Apabila keterlambatan melebihi 30 hari kerja, maka denda BBN akan dikenakan. Selain itu, denda BBN juga berlaku jika pembayaran BBN dilakukan setelah melewati batas waktu 30 hari sejak tanggal pendaftaran.

Berapa pajak BBN?

Biaya perpindahan hak kepemilikan kendaraan bermotor, yang dikenal sebagai BBN-KB (Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor), setara dengan 10% dari nilai Surat Ketetapan Pajak Daerah (SKPD). Biasanya, tarif dasar BBN-KB mencapai dua per tiga dari tarif yang tercantum dalam SKPD.

Nah itu dia informasi mengenai BBN sahabat. Bea Balik Nama adalah bagian integral dari proses jual beli kendaraan. Memahami aturan dan prosedur BBN akan membantu pemilik kendaraan menjalani transaksi dengan lancar dan sesuai peraturan.

Baca Juga: Begini Persyaratan dan Biaya Cabut Berkas Mobil Terbaru


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

5 Faktor Penyebab Pelanggaran Lalu Lintas Masih Sering Terjadi

2020-12-03

Pelanggaran lalu lintas merupakan salah satu masalah yang memicu terjadinya kecelakaan. Hal itu disebabkan adanya suatu perbuatan pengendara melanggar aturan dan menganggap hukuman tindak pidana le

thumbnail

Tilang Uji Emisi Sudah Ditiadakan, Ini Informasi Lengkapnya!

2024-01-31

Tahukah Anda bahwa tilang uji emisi saat ini sudah ditiadakan? Lalu kapan kebijakan tersebut ditiadakan? Agar tidak penasaran, yuk perhatikan informasi berikut ini.

thumbnail

Apa itu Strut Bar Mobil? Ini Fungsi Lengkapnya!

2023-03-16

Jika Anda sedang mencari strut bar mobil, maka hal tersebut tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Oleh karena itu, sebelum membeli Anda perlu mengetahui beberapa

thumbnail

Tips Memilih Aki yang Awet Berdasarkan Material Selnya

2022-01-20

Setidaknya ada 5 jenis aki. Semua mempunyai kelebihan dan kurangan. Material sel aki yang awet membuat Anda tidak harus cepat menggantinya.Aki merupakan pemasok untuk menjalankan komponen se